Senin, 09 Juli 2018

KidanKD Front Office

Mata Pelajaran : Front Office
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Akomodasi Perhotelan


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Usaha Perjalanan Wisatapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Usaha Perjalanan Wisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1      Mengelola telepon masuk
4.1.      Menjawab telepon masuk
28
PAR.HT02.022.01
Berkomunikasi melalui Telepone
Front Office
3.2      Mengelola panggilan telepon
4.2.      Melakukan panggilan telepon
28
PAR.HT02.022.01
Berkomunikasi melalui Telepone
3.3      Memahami proses reservasi
4.3.      Melakukan proses reservasi
28
PAR.HT02.017.01
Menerima dan Memproses Reservasi
3.4      Memahami penanganan reservasi individu
4.4.      Menangani  reservasi individu
28
PAR.HT02.017.01
Menerima dan Memproses Reservasi
3.5      Memahami penanganan reservasi rombongan
4.5.      Menangani reservasi rombongan
28
PAR.HT02.017.01
Menerima dan Memproses Reservasi

3.6      Menganalisis pembaharuan reservasi
4.6.      Melaksanakan pembaharuan reservasi
28
PAR.HT02.017.01
Menerima dan Memproses Reservasi


3.7      Menganalisis pembatalan reservasi
4.7.      Menangani pembatalan reservasi
28
PAR.HT02.017.01
Menerima dan Memproses Reservasi
Front Office
3.8      Menganalisis  kedatangan dan keberangkatan Tamu
   4.8.   Menangani kedatangan dan keberangkatan Tamu

PAR.HT02.018.01
Menyediakan layanan akomodasi reception
3.9      Mengelola penanganan barang-barang bawaan tamu
   4.9.   Menangani barang-barang bawaan tamu
28
PAR.HT02.025.01
Menyediakan Jasa porter
3.10   Mengelola permintaan atas layanan bell desk
4.10.   Menangani  permintaan atas layanan bell desk
32
PAR.HT02.025.01
Menyediakan Jasa porter
3.11   Memahami penanganan  check-in tamu individu
4.11.   Menangani check-in untuk tamu individu
32
PAR.HT02.018.01
Menyediakan layanan akomodasi reception
3.12   Memahami penanganan check-out  tamu individu
4.12.   Menangani check-out untuk tamu individu
32
PAR.HT02.018.01
Menyediakan layanan akomodasi reception
3.13   Memahami penanganan check-in tamu rombongan
4.13.   Menangani check-in untuk tamu rombongan
32
PAR.HT02.018.01
Menyediakan layanan akomodasi reception
3.14   Memahami  penanganan check-out tamu rombongan
4.14.   Menangani check-out untuk  tamu rombongan
32
PAR.HT02.018.01
Menyediakan layanan akomodasi reception
3.15   Menerapkan transaksi keuangan
4.15.   Memproses transaksi keuangan
32
PAR.HT02.018.01
Menyediakan layanan akomodasi reception
3.16   Menganalisis catatan dan laporan front office
4.16.   Melakukan pencatatan dan laporan front office
32
PAR.HT02.018.01
Menyediakan layanan akomodasi reception

3.17   Menganalisis penanganan reservasi rombongan secara lisan dan tulisan
4.17.   Melakukan penanganan reservasi rombongan secara lisan dan tulisan
32
PAR.HT02.017.01
Menerima dan Memproses Reservasi

3.18   Menganalisis penanganan reservasi individu secara lisan dan tulisan
4.18.   Melakukan penanganan reservasi individu secara lisan dan tulisan
32
PAR.HT02.017.01
Menerima dan Memproses Reservasi



Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar