Mata Pelajaran : Front Office
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Akomodasi Perhotelan
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Akomodasi Perhotelan
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Usaha Perjalanan Wisatapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Usaha Perjalanan Wisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Usaha Perjalanan Wisatapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Usaha Perjalanan Wisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Mengelola telepon masuk
|
4.1.
Menjawab telepon masuk
|
28
|
PAR.HT02.022.01
Berkomunikasi melalui Telepone
|
Front Office
|
3.2 Mengelola panggilan telepon
|
4.2. Melakukan panggilan telepon
|
28
|
PAR.HT02.022.01
Berkomunikasi melalui Telepone
|
|
3.3 Memahami proses reservasi
|
4.3. Melakukan proses reservasi
|
28
|
PAR.HT02.017.01
Menerima dan Memproses Reservasi
|
|
3.4 Memahami penanganan reservasi individu
|
4.4. Menangani reservasi
individu
|
28
|
PAR.HT02.017.01
Menerima dan Memproses Reservasi
|
|
3.5
Memahami penanganan reservasi rombongan
|
4.5.
Menangani reservasi rombongan
|
28
|
PAR.HT02.017.01
Menerima dan Memproses Reservasi
|
|
3.6 Menganalisis pembaharuan reservasi
|
4.6. Melaksanakan pembaharuan reservasi
|
28
|
PAR.HT02.017.01
Menerima dan Memproses Reservasi
|
|
3.7 Menganalisis pembatalan reservasi
|
4.7. Menangani pembatalan reservasi
|
28
|
PAR.HT02.017.01
Menerima dan Memproses Reservasi
|
Front Office
|
3.8 Menganalisis kedatangan dan keberangkatan Tamu
|
4.8. Menangani kedatangan dan keberangkatan Tamu
|
PAR.HT02.018.01
Menyediakan layanan akomodasi reception
|
||
3.9 Mengelola penanganan barang-barang bawaan tamu
|
4.9. Menangani barang-barang bawaan tamu
|
28
|
PAR.HT02.025.01
Menyediakan Jasa porter
|
|
3.10 Mengelola permintaan atas layanan bell desk
|
4.10.
Menangani permintaan atas layanan bell desk
|
32
|
PAR.HT02.025.01
Menyediakan Jasa porter
|
|
3.11 Memahami penanganan check-in
tamu individu
|
4.11.
Menangani check-in untuk tamu individu
|
32
|
PAR.HT02.018.01
Menyediakan layanan akomodasi reception
|
|
3.12
Memahami penanganan check-out tamu individu
|
4.12. Menangani check-out untuk tamu individu
|
32
|
PAR.HT02.018.01
Menyediakan layanan akomodasi reception
|
|
3.13
Memahami penanganan check-in tamu rombongan
|
4.13. Menangani check-in untuk tamu rombongan
|
32
|
PAR.HT02.018.01
Menyediakan layanan akomodasi reception
|
|
3.14
Memahami penanganan check-out tamu rombongan
|
4.14. Menangani check-out untuk tamu rombongan
|
32
|
PAR.HT02.018.01
Menyediakan layanan akomodasi reception
|
|
3.15 Menerapkan transaksi keuangan
|
4.15.
Memproses transaksi keuangan
|
32
|
PAR.HT02.018.01
Menyediakan layanan akomodasi reception
|
|
3.16
Menganalisis
catatan dan laporan front office
|
4.16. Melakukan
pencatatan dan laporan front office
|
32
|
PAR.HT02.018.01
Menyediakan layanan akomodasi reception
|
|
3.17 Menganalisis
penanganan reservasi rombongan secara lisan dan tulisan
|
4.17.
Melakukan penanganan reservasi rombongan secara
lisan dan tulisan
|
32
|
PAR.HT02.017.01
Menerima dan Memproses Reservasi
|
|
3.18 Menganalisis penanganan reservasi individu secara lisan dan tulisan
|
4.18.
Melakukan penanganan reservasi individu secara lisan dan tulisan
|
32
|
PAR.HT02.017.01
Menerima dan Memproses Reservasi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar