Senin, 09 Juli 2018

KidanKD Housekeeping

Mata Pelajaran : Housekeeping
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Akomodasi Perhotelan


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Usaha Perjalanan Wisatapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Usaha Perjalanan Wisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1     Mendeskripsikan public area section
3.1      Menunjukkan  public area section
28
PAR.HT02.027.01
Membersihkan Lokasi/Area Dan Peralatan
Housekeeping
3.2     Memahami pemilihan dan penataan peralatan
3.2      Melakukan pemilihan dan penataan peralatan
28
PAR.HT02.027.01
Membersihkan Lokasi/Area Dan Peralatan

3.3     Memahami pemilihan bahan pembersih
3.3      Melakukan pemilihan bahan pembersih
28
PAR.HT02.027.01
Membersihkan Lokasi/Area Dan Peralatan
3.4     Menganalisis jenis dan objek yang akan dibersihkan
3.4      Menunjukkan jenis dan objek yang akan dibersihkan
28
PAR.HT02.027.01
Membersihkan Lokasi/Area Dan Peralatan
3.5     Menganalisis pembersihan area kering dan basah
3.5      Melakukan pembersihan area yang kering dan basah
28
PAR.HT02.027.01
Membersihkan Lokasi/Area Dan Peralatan
3.6     Menganalisis Penyimpanan peralatan pembersih dan bahan kimia
3.6      Melakukan penyimpanan peralatan pembersih dan bahan kimia
28
PAR.HT02.027.01
Membersihkan Lokasi/Area Dan Peralatan
3.7     Menganalisis penataan ruang serbaguna
3.7      Melakukan penataan ruang serbaguna
28
Banquet (SKL)
3.8     Menganalisis penataan taman di dalam dan luar ruangan
3.8      Membuat penataan taman di dalam dan luar ruangan
28
In door Gardening (SKL)
3.9     Menganalisis berbagai jenis dan bentuk rangkaian bunga
3.9      Membuat berbagai jenis dan bentuk rangkaian bunga
28
Florist ( SKL )

3.10  Mendeskripsikan room section
3.10   Menunjukkan  room section
24
PAR.HT02.028.01
Menyiapkan Kamar untuk Tamu
Housekeeping
3.11  Memahami penataan perlengkapan dan trolley
3.11   Melakukan penataan perlengkapan dan trolley
24
PAR.HT02.028.01
Menyiapkan Kamar untuk Tamu
3.12  Menerapkan proses akses ke kamar untuk pelayanan
3.12   Melakukan akses ke kamar untuk pelayanan
24
PAR.HT02.028.01
Menyiapkan Kamar untuk Tamu
3.13  Menerapkan proses penataan tempat tidur
3.13   Melakukan penataan tempat tidur
24
PAR.HT02.028.01
Menyiapkan Kamar untuk Tamu
3.14  Menganalisis pembersihan dan perapihan kamar
3.14   Melakukan pembersihan dan merapikan kamar
24
PAR.HT02.028.01
Menyiapkan Kamar untuk Tamu
3.15  Memahami pembersihan dan menyimpan trolley dan perlengkapan
3.15   Melakukan pembersihan dan menyimpan trolley dan perlengkapan
24
PAR.HT02.028.01
Menyiapkan Kamar untuk Tamu
3.16 Memahami penghitungan  room linen dan amenities
3.16   Melakukan penghitungan room linen inventory
24
PAR.HT02.026.01
Menyediakan jasa Housekeeping untuk tamu
3.17 Memahami layanan Jasa Housekeeping
3.17   Melaksanakan layanan Jasa Housekeeping
24
PAR.HT02.026.01
Menyediakan jasa Housekeeping untuk tamu

3.18 Memahami penanganan layanan housekeeping

4.18 Menangani layanan housekeeping
32
PAR.HT02.026.01
Menyediakan jasa Housekeeping untuk tamu

3.19 Memahami pemberian saran kepada tamu mengenai perlengkapan housekeeping
4.19   Melakukan pemberian saran kepada tamu mengenai perlengkapan housekeeping
32
PAR.HT02.026.01
Menyediakan jasa Housekeeping untuk tamu
Housekeeping






Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar