Mata Pelajaran : Housekeeping
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Akomodasi Perhotelan
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Akomodasi Perhotelan
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Usaha Perjalanan Wisatapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Usaha Perjalanan Wisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Usaha Perjalanan Wisatapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Usaha Perjalanan Wisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Mendeskripsikan public
area section
|
3.1 Menunjukkan
public area section
|
28
|
PAR.HT02.027.01
Membersihkan
Lokasi/Area Dan Peralatan
|
Housekeeping
|
3.2
Memahami pemilihan dan penataan peralatan
|
3.2 Melakukan pemilihan dan penataan peralatan
|
28
|
PAR.HT02.027.01
Membersihkan
Lokasi/Area Dan Peralatan
|
|
3.3
Memahami pemilihan
bahan pembersih
|
3.3
Melakukan pemilihan bahan pembersih
|
28
|
PAR.HT02.027.01
Membersihkan
Lokasi/Area Dan Peralatan
|
|
3.4
Menganalisis jenis dan objek yang akan
dibersihkan
|
3.4
Menunjukkan jenis dan objek yang akan
dibersihkan
|
28
|
PAR.HT02.027.01
Membersihkan
Lokasi/Area Dan Peralatan
|
|
3.5
Menganalisis pembersihan area kering dan
basah
|
3.5
Melakukan pembersihan area
yang kering dan basah
|
28
|
PAR.HT02.027.01
Membersihkan
Lokasi/Area Dan Peralatan
|
|
3.6
Menganalisis Penyimpanan peralatan
pembersih dan bahan kimia
|
3.6
Melakukan penyimpanan peralatan
pembersih dan bahan kimia
|
28
|
PAR.HT02.027.01
Membersihkan
Lokasi/Area Dan Peralatan
|
|
3.7
Menganalisis penataan ruang serbaguna
|
3.7
Melakukan
penataan ruang serbaguna
|
28
|
Banquet (SKL)
|
|
3.8
Menganalisis penataan taman di dalam dan luar ruangan
|
3.8
Membuat penataan taman di dalam dan luar ruangan
|
28
|
In door Gardening (SKL)
|
|
3.9
Menganalisis berbagai jenis dan bentuk rangkaian bunga
|
3.9
Membuat
berbagai jenis dan bentuk rangkaian bunga
|
28
|
Florist ( SKL )
|
|
3.10
Mendeskripsikan room
section
|
3.10
Menunjukkan room section
|
24
|
PAR.HT02.028.01
Menyiapkan Kamar untuk Tamu
|
Housekeeping
|
3.11
Memahami
penataan perlengkapan
dan trolley
|
3.11
Melakukan penataan perlengkapan dan trolley
|
24
|
PAR.HT02.028.01
Menyiapkan Kamar untuk Tamu
|
|
3.12
Menerapkan
proses akses
ke kamar untuk pelayanan
|
3.12
Melakukan akses ke kamar untuk pelayanan
|
24
|
PAR.HT02.028.01
Menyiapkan Kamar untuk Tamu
|
|
3.13
Menerapkan
proses penataan tempat
tidur
|
3.13
Melakukan penataan tempat tidur
|
24
|
PAR.HT02.028.01
Menyiapkan Kamar untuk Tamu
|
|
3.14
Menganalisis pembersihan dan perapihan kamar
|
3.14 Melakukan
pembersihan dan
merapikan kamar
|
24
|
PAR.HT02.028.01
Menyiapkan Kamar untuk Tamu
|
|
3.15
Memahami
pembersihan dan
menyimpan trolley dan perlengkapan
|
3.15 Melakukan
pembersihan
dan menyimpan trolley dan perlengkapan
|
24
|
PAR.HT02.028.01
Menyiapkan Kamar untuk Tamu
|
|
3.16 Memahami penghitungan room linen dan amenities
|
3.16
Melakukan penghitungan room
linen inventory
|
24
|
PAR.HT02.026.01
Menyediakan jasa Housekeeping untuk tamu
|
|
3.17 Memahami layanan Jasa Housekeeping
|
3.17 Melaksanakan layanan Jasa Housekeeping
|
24
|
PAR.HT02.026.01
Menyediakan jasa Housekeeping untuk tamu
|
|
3.18
Memahami
penanganan layanan
housekeeping
|
4.18
Menangani layanan
housekeeping
|
32
|
PAR.HT02.026.01
Menyediakan jasa Housekeeping untuk tamu
|
|
3.19 Memahami
pemberian saran
kepada tamu mengenai perlengkapan housekeeping
|
4.19 Melakukan
pemberian saran
kepada tamu mengenai perlengkapan housekeeping
|
32
|
PAR.HT02.026.01
Menyediakan jasa Housekeeping untuk tamu
|
Housekeeping
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar