Selasa, 31 Juli 2018

Digital Processing - Animasi

Mata Pelajaran : Digital Processing
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Rupa
Kompetensi Keahlian : Animasi (3 Tahun)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Animasi  pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Fesyen. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1     Memahami  perangkat pemindaian digital
4.1 Menjabarkan perangkat pemindaian digital
4








J.591120.001.01
Melakukan pemindaian digital

Okupasi : Visual dan Motion,
jabatan : 2D Clean-up Artist junior,
2D In-between Artist junior, 2D Coloring Artist Junior, 3D Modelling Artist Junior, 2D  Background Artist Junior
, level 2
(BNSP)

3.2     Menerapkan prosedur pemindaian gambar manual ke dalam bentuk digital
4.2 Melakukan pemindaian gambar manual ke dalam bentuk digital sesuai urutan
4
3.3     Menerapkan prosedur pemindaian gambar dengan teknik Black and White dan Colour
4.3 Melakukan pemindaian gambar dengan teknik Black and White dan Colour
4
3.4     Menerapkan prosedur penyimpanan file dengan aturan pipeline produksi
4.4 Melakukan  penyimpanan file dengan aturan pipeline produksi
4
3.5     Menerapkan prosedur tracing gambar karakter menggunakan software animasi 2D
4.5 Melakukan tracing gambar karakter menggunakan software animasi 2D
20








J.591120.005.01 Membuat sekuensial gambar gerak sela (inbetween)








Okupasi : Motion,
jabatan : 2D Clean-up Artist junior,
2D In-between Artist junior, 2D, level 2
(BNSP)

3.6     Menerapkan prosedur pengecekan kualitas hasil tracing gambar karakter
4.6 Melakukan pengecekan kualitas hasil tracing gambar karakter
12
3.7     Menganalisis pengaturan timing pada hasil tracing gambar karakter
4.7 Mengatur timing pada hasil tracing gambar karakter
20
3.8     Menerapkan penentuan jenis  file penyimpanan pada hasil tracing gambar karakter
4.8 Menentukan jenis  file penyimpanan pada hasil tracing gambar karakter
4
3.9     Menerapkan prosedur mewarnai gambar karakter dengan proses digital berbasis vector dan bitmap sesuai dengan colour sheet menggunakan software pewarnaan dalam animasi
4.9 Mewarnai gambar karakter dengan proses digital berbasis vector dan bitmap sesuai dengan colour sheet menggunakan software pewarnaan dalam animasi
12




J.591120.002.01 Melakukan pewarnaan gambar karakter(coloring)

Okupasi : Visual dan Motion,
jabatan : 2D Clean-up Artist junior,
2D In-between Artist junior, 2D Coloring Artist Junior, 2D  Background Artist Junior
, level 2
(BNSP)

3.10 Menerapkan prosedur teknik mewarnai sesuai dengan standar industri
4.10       Melakukan teknik pewarnaan sesuai dengan standar industry
12
3.11 Menerapkan prosedur mewarnai gambar latar dengan proses digital berbasis vector berdasarkan warna yang sesuai dengan situasi / tema menggunakan software pewarnaan dalam animasi.
4.11       Mewarnai gambar latar dengan proses digital berbasis vector berdasarkan warna yang sesuai dengan situasi / tema menggunakan software pewarnaan dalam animasi.
16










J.591120.029.01  Melakukan pewarnaan gambar latar (coloring)















Okupasi : Visual ,
jabatan :
2D Coloring Artist Junior, 2D  Background Artist Junior
, level 2
(BNSP)

3.12 Menganalisis cara digital painting property berdasarkan warna yang sesuai dengan situasi / tema menggunakan software painting dalam animasi.
4.12       Melakukan digital painting property berdasarkan warna yang sesuai dengan situasi/ tema menggunakan software painting dalam animasi.
12
3.13 Menganalisis cara digital painting gambar latar (foreground dan background) berdasarkan warna yang sesuai dengan situasi / tema menggunakan software painting dalam animasi
4.13       Melakukan digital painting gambar latar (foreground dan background) berdasarkan warna yang sesuai dengan situasi / tema menggunakan software painting dalam animasi
12
3.14 Mengevaluasi hasil digital painting gambar latar sesuai dengan situasi / tema menggunakan software painting dalam animasi
4.14       Memperbaiki hasil digital painting gambar latar sesuai dengan situasi / tema menggunakan software painting dalam animasi
8


-


-
3.15 Menganalisis perorganisasian aset gambar dan suara digital sesuai storyboard dalam aplikasi composing animasi dan perkembangan software animasi 2D (bitmap dan vector)
4.15       Mengelola perorganisasian aset gambar dan suara digital sesuai storyboard dalam aplikasi composing
10


J.591120.019.01           Membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing)



Okupasi : Story, jabatan : Previsualization artist, level 4
3.16 Merancang pergerakan aset gambar 2D sesuai dengan storyboard
4.16       Menggerakkan aset gambar 2D sesuai dengan storyboard
20




J.591120.018.01   Membuat gerak digital puppeteer

Okupasi : Motion, jabatan : 2D Digital Puppeteer Animator junior,
, level 2
(BNSP)

3.17 Merancang penggabungan asset lipsync dengan audio dubbing
4.17       Menggabungkan asset lipsync dengan audio dubbing
20
3.18 Merancang penggabungan gambar karakter dengan background dan foreground pada software composing.
4.18       Menggabungkan gambar karakter dengan background dan foreground pada software composing.
15
J.591120.019.01           Membuat komposisi teknik layer 2 dimensi (2D compositing)


Okupasi : Story, jabatan : Previsualization artist, level 4
3.19 Merancang  penggunaan transisi dengan menggunakan software editing
4.19       Membuat transisi dengan menggunakan software editing
10
J.591120.006.01             Melakukan penyuntingan suara dan gambar bercerita (animatic /previsualisation)


Okupasi : Story, jabatan : Previsualization artist, level 4
3.20 Menerapkan prosedur editing sound effects dengan software audio sederhana
4.20       Melakukan editing sound effects dengan software audio sederhana
15
3.21 Merancang pembuatan visual effects menggunakan software compossing/ editing/visual effects
4.21       Membuat visual effects menggunakan software compossing/ editing/visual effects.
20
J.591120.023.01 Membuat arahan gerak particle,




Okupasi : Technical, jabatan : VFX artist, level 5
3.22 Menerapkan penggabunggan adegan  denganvisual effect menggunakan software compossing/ editing/visual effects
4.22       Menggabungkan adegan denganvisual effect menggunakan software compossing/ editing/visual effects.
15
J.591120.022.01              Membuat komposisi teknik layer 3 dimensi (3D compositing)
3.23 Menerapkan penggabungan suara (musik dan sound effects) dan gambar dengan software editing
4.23       Menggabungkan suara (musik dan sound effects) dan gambar dengan software editing
10

J.591120.026.01             Melakukan penyuntingan gambar akhir(online editing)

Okupasi : Story, jabatan : Previsualization artist, level 4
3.24 Menerapkan set up Final Output
4.24       Membuat set up Final Output
10





J.591.200.009.01               Melakukan Export Hasil Editing Menjadi File Video dengan Format yang Diperlukan (Export to Media)








Okupasi : Technical, jabatan : Video editor, level 6
3.25 Menganalisa proses rendering menggunakan software editing dan transfer file Final      Output menjadi hardcopy (CD/DVD)
4.25       Melakukan rendering menggunakan software editing dan transfer file Final      Output menjadi hardcopy (CD/DVD)
10
3.26 Mengevaluasi proses rendering menggunakan software editing dan transfer file Final      Output menjadi hardcopy (CD/DVD)
4.26       Memperbaiki rendering menggunakan software editing dan transfer file Final      Output menjadi hardcopy (CD/DVD)
10
3.27 Menerapkan proses pengolahan Final  Output menjadi hardcopy (CD/DVD)
4.27       Menyajikan Final Output menjadi hardcopy (CD/DVD)
5


314



Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

2 komentar:

  1. Cari materinya dimana ya??saya browsing sampe nyari bukunya gak nemu

    BalasHapus
  2. terima kasih, gara-gara artikel Digital Processing - Animasi ini jadi ada referensi buat tugas nih

    BalasHapus