Mata Pelajaran : Digital Processing
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Rupa
Kompetensi Keahlian : Animasi (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Rupa
Kompetensi Keahlian : Animasi (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Animasi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Fesyen. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Animasi pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Fesyen. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT
KOMPETENSI
|
SKEMA
SERTIFIKASI
|
3.1
Memahami perangkat
pemindaian digital
|
4.1
Menjabarkan perangkat pemindaian digital
|
4
|
J.591120.001.01
Melakukan pemindaian digital
|
Okupasi : Visual dan Motion,
jabatan : 2D
Clean-up Artist junior,
2D
In-between Artist junior, 2D Coloring Artist
Junior, 3D Modelling Artist Junior, 2D
Background Artist Junior
, level 2
(BNSP)
|
3.2
Menerapkan prosedur pemindaian gambar manual ke dalam bentuk
digital
|
4.2
Melakukan pemindaian gambar manual ke dalam bentuk
digital sesuai urutan
|
4
|
||
3.3
Menerapkan prosedur pemindaian gambar dengan teknik Black
and White dan Colour
|
4.3
Melakukan pemindaian gambar dengan teknik Black and
White dan Colour
|
4
|
||
3.4
Menerapkan prosedur penyimpanan file dengan aturan pipeline
produksi
|
4.4
Melakukan
penyimpanan file dengan aturan pipeline produksi
|
4
|
||
3.5
Menerapkan prosedur tracing gambar karakter
menggunakan software animasi 2D
|
4.5
Melakukan tracing gambar karakter menggunakan software
animasi 2D
|
20
|
J.591120.005.01 Membuat sekuensial gambar gerak sela
(inbetween)
|
Okupasi : Motion,
jabatan : 2D
Clean-up Artist junior,
2D
In-between Artist junior, 2D, level 2
(BNSP)
|
3.6
Menerapkan prosedur pengecekan kualitas hasil tracing
gambar karakter
|
4.6
Melakukan pengecekan kualitas hasil tracing gambar
karakter
|
12
|
||
3.7
Menganalisis pengaturan timing pada hasil tracing
gambar karakter
|
4.7
Mengatur timing pada hasil tracing gambar karakter
|
20
|
||
3.8
Menerapkan penentuan jenis file penyimpanan pada hasil tracing
gambar karakter
|
4.8
Menentukan jenis
file penyimpanan pada hasil tracing gambar karakter
|
4
|
||
3.9
Menerapkan prosedur mewarnai gambar karakter dengan
proses digital berbasis vector dan bitmap sesuai dengan colour
sheet menggunakan software pewarnaan dalam animasi
|
4.9
Mewarnai gambar karakter dengan proses digital berbasis vector
dan bitmap sesuai dengan colour sheet menggunakan software pewarnaan
dalam animasi
|
12
|
J.591120.002.01 Melakukan pewarnaan gambar
karakter(coloring)
|
Okupasi : Visual dan Motion,
jabatan : 2D
Clean-up Artist junior,
2D
In-between Artist junior, 2D Coloring Artist
Junior, 2D Background Artist Junior
, level 2
(BNSP)
|
3.10
Menerapkan prosedur teknik mewarnai sesuai dengan standar
industri
|
4.10
Melakukan teknik pewarnaan sesuai dengan standar industry
|
12
|
||
3.11
Menerapkan prosedur mewarnai gambar latar dengan proses
digital berbasis vector berdasarkan warna yang sesuai dengan situasi /
tema menggunakan software pewarnaan dalam animasi.
|
4.11
Mewarnai gambar latar dengan proses digital berbasis vector
berdasarkan warna yang sesuai dengan situasi / tema menggunakan software
pewarnaan dalam animasi.
|
16
|
J.591120.029.01
Melakukan pewarnaan gambar latar (coloring)
|
Okupasi : Visual ,
jabatan :
2D Coloring Artist Junior, 2D Background Artist Junior
, level 2
(BNSP)
|
3.12
Menganalisis cara digital painting property
berdasarkan warna yang sesuai dengan situasi / tema menggunakan software
painting dalam animasi.
|
4.12
Melakukan digital painting property berdasarkan
warna yang sesuai dengan situasi/ tema menggunakan software painting
dalam animasi.
|
12
|
||
3.13
Menganalisis cara digital painting gambar latar (foreground
dan background) berdasarkan warna yang sesuai dengan situasi /
tema menggunakan software painting dalam animasi
|
4.13
Melakukan digital painting gambar latar (foreground
dan background) berdasarkan warna yang sesuai dengan situasi / tema
menggunakan software painting dalam animasi
|
12
|
||
3.14
Mengevaluasi hasil digital painting gambar latar
sesuai dengan situasi / tema menggunakan software painting dalam
animasi
|
4.14
Memperbaiki hasil digital painting gambar
latar sesuai dengan situasi / tema menggunakan software painting dalam
animasi
|
8
|
-
|
-
|
3.15
Menganalisis perorganisasian aset gambar dan suara digital
sesuai storyboard dalam aplikasi composing animasi dan perkembangan software
animasi 2D (bitmap dan vector)
|
4.15
Mengelola perorganisasian aset gambar dan suara digital sesuai storyboard
dalam aplikasi composing
|
10
|
J.591120.019.01 Membuat komposisi teknik layer 2
dimensi (2D compositing)
|
Okupasi : Story, jabatan : Previsualization artist,
level 4
|
3.16
Merancang pergerakan aset gambar 2D sesuai dengan
storyboard
|
4.16
Menggerakkan aset gambar 2D sesuai dengan storyboard
|
20
|
J.591120.018.01
Membuat gerak digital puppeteer
|
Okupasi : Motion, jabatan : 2D Digital
Puppeteer Animator junior,
, level 2
(BNSP)
|
3.17
Merancang penggabungan asset lipsync dengan audio
dubbing
|
4.17
Menggabungkan asset lipsync dengan audio
dubbing
|
20
|
||
3.18
Merancang penggabungan gambar karakter dengan background
dan foreground pada software composing.
|
4.18
Menggabungkan gambar karakter dengan background dan
foreground pada software composing.
|
15
|
J.591120.019.01 Membuat komposisi teknik layer 2
dimensi (2D compositing)
|
Okupasi : Story, jabatan : Previsualization artist,
level 4
|
3.19
Merancang
penggunaan transisi dengan menggunakan software editing
|
4.19
Membuat transisi dengan menggunakan software editing
|
10
|
J.591120.006.01 Melakukan penyuntingan suara dan
gambar bercerita (animatic /previsualisation)
|
Okupasi : Story, jabatan : Previsualization artist,
level 4
|
3.20
Menerapkan prosedur editing sound effects dengan software
audio sederhana
|
4.20
Melakukan editing sound effects dengan software
audio sederhana
|
15
|
||
3.21
Merancang pembuatan visual effects menggunakan software
compossing/ editing/visual effects
|
4.21
Membuat visual effects menggunakan software
compossing/ editing/visual effects.
|
20
|
J.591120.023.01 Membuat arahan gerak particle,
|
Okupasi : Technical, jabatan : VFX artist, level 5
|
3.22
Menerapkan penggabunggan adegan denganvisual effect menggunakan software
compossing/ editing/visual effects
|
4.22
Menggabungkan adegan denganvisual effect
menggunakan software compossing/ editing/visual effects.
|
15
|
J.591120.022.01 Membuat komposisi teknik layer
3 dimensi (3D compositing)
|
|
3.23
Menerapkan penggabungan suara (musik dan sound effects)
dan gambar dengan software editing
|
4.23
Menggabungkan suara (musik dan sound effects) dan
gambar dengan software editing
|
10
|
J.591120.026.01 Melakukan penyuntingan gambar
akhir(online editing)
|
Okupasi : Story, jabatan : Previsualization artist,
level 4
|
3.24
Menerapkan set up Final Output
|
4.24
Membuat set up Final Output
|
10
|
J.591.200.009.01 Melakukan Export Hasil Editing
Menjadi File Video dengan Format yang Diperlukan (Export to Media)
|
Okupasi : Technical, jabatan : Video editor, level 6
|
3.25
Menganalisa proses rendering menggunakan software
editing dan transfer file Final
Output menjadi hardcopy (CD/DVD)
|
4.25
Melakukan rendering menggunakan software editing
dan transfer file Final Output
menjadi hardcopy (CD/DVD)
|
10
|
||
3.26
Mengevaluasi proses rendering menggunakan software editing
dan transfer file Final Output
menjadi hardcopy (CD/DVD)
|
4.26
Memperbaiki rendering menggunakan software editing
dan transfer file Final Output
menjadi hardcopy (CD/DVD)
|
10
|
||
3.27
Menerapkan proses pengolahan Final Output menjadi hardcopy (CD/DVD)
|
4.27
Menyajikan Final Output menjadi hardcopy
(CD/DVD)
|
5
|
||
314
|
Cari materinya dimana ya??saya browsing sampe nyari bukunya gak nemu
BalasHapusterima kasih, gara-gara artikel Digital Processing - Animasi ini jadi ada referensi buat tugas nih
BalasHapus