Senin, 09 Juli 2018

KidanKD Pengelolaan Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition

Mata Pelajaran : Pengelolaan Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Usaha Perjalanan Wisata


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Usaha Perjalanan Wisatapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Usaha Perjalanan Wisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1  Menganalisis  informasi produk dan layanan industry MICE
4.1.  Mengakses informasi produk dan layanan industry MICE

20
Mencari dan menyediakan informasi dan saran
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.2  Menganalisis informasi teknologi MICE dan pemanfaatannya

4.2.  Mengakses informasi teknologi MICE dan pemanfaatannya

20
Mengembangkan program konferensi

Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.3 Menganalisis sumber daya manusia dan organisasi industry MICE
4.3.  Menyusun rencana pengorganisasian  industry MICE

16
Mengembangkan program konferensi

Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.4 Menganalisis kegiatan-kegiatan MICE
4.4.  Mengkategorikan  kegiatan-kegiatan MICE
16
Mengembangkan program konferensi

Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.5 Memahami tamu atau delegasi yang akan datang

4.5.  Melakukan klasifikasi tamu atau delegasi yang akan datang

16
Mengembangkan program konferensi

Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.6 Menganalisis  susunan acara  MICE

4.6.   Menyusun  acara  MICE

16
Menerapkan sistem dan prosedur manajemen acara
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.7 Menganalisis persiapan pendaftaran dalam Suatu Acara
4.7.  Membuat  persiapan pendaftaran dalam Suatu Acara

16
Menerapkan sistem dan prosedur manajemen acara
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.8 Menganalisis penataan tempat pendaftaran
4.8.  Menata tempat pendaftaran

16
Menerapkan sistem dan prosedur manajemen acara
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.9  Menganalisis penataanevent

4.9.   Melakukan pengecekan penataan event

16
Menerapkan sistem dan prosedur manajemen acara
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.10   Menganalisis pendaftaran dan menyediakan materi
4.10. Melakukan pendaftaran dan menyediakan materi.

16
Menerapkan sistem dan prosedur manajemen acara
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.11  Menganalisis lokasi pameran

4.11    Melakukan pemeriksaan lokasi Pameran

18
Menerapkan sistem dan prosedur manajemen acara
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.12  Menganalisis spesifikasi pameran

4.12    Melakukan klasifikasi pameran
18
Menerapkan sistem dan prosedur manajemen acara
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.13  Menganalisis pemasangan/pelepasan elemen pameran

4.13    Melakukan pemasangan / pelepasan elemen pameran
18
Menerapkan sistem dan prosedur manajemen acara
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.14  Menganalisis staging
4.14    Melakukakan staging
18
Membuat stand pameran
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.15  Menganalisis sumber daya fisik

4.15    Melakukan pengecekan  sumber daya fisik
18
Mengelola asset fisik
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.16  Mengevaluasi sumber daya untuk 
pemasangan/pembongkaran pameran
4.16    Melakukan pengecekan sumber daya untuk pemasangan/pembongkaran  pameran

18
Mengelola asset fisik
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.17   Menganalisis proposal pameran
4.17    Menyusun proposal pameran
18
Membuat Presentasi
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.18   Menganalisis kegiatan Loading dan Unloading
4.18    Melakukan  kegiatan Loading dan Unloading

18
Membuat stand pameran
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.19  Mengevaluasi laporan kegiatan
pameran sederhana berdasarkan permintaan dan kebutuhan pelanggan
4.19   Melakukan pengecekan  laporan  kegiatan pameran sederhana  berdasarkan permintaan dan kebutuhan pelanggan
18
Mengembangkan program konferensi

Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.20   Menganalisis staging
4.20   Melakukakan staging
18
Membuat stand pameran
Sertifikat II Bidang Operasional Tour


Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar