Mata Pelajaran : Pengelolaan Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Usaha Perjalanan Wisata
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Usaha Perjalanan Wisata
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Usaha Perjalanan Wisatapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Usaha Perjalanan Wisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Usaha Perjalanan Wisatapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Usaha Perjalanan Wisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT
KOMPETENSI
|
SKEMA
SERTIFIKASI
|
3.1 Menganalisis informasi produk dan layanan industry MICE
|
4.1. Mengakses informasi
produk dan layanan industry MICE
|
20
|
Mencari
dan menyediakan informasi dan saran
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.2 Menganalisis
informasi teknologi MICE dan pemanfaatannya
|
4.2. Mengakses informasi
teknologi MICE dan pemanfaatannya
|
20
|
Mengembangkan program konferensi
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.3 Menganalisis sumber
daya manusia dan organisasi industry MICE
|
4.3.
Menyusun
rencana pengorganisasian industry MICE
|
16
|
Mengembangkan program konferensi
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.4 Menganalisis
kegiatan-kegiatan MICE
|
4.4.
Mengkategorikan
kegiatan-kegiatan MICE
|
16
|
Mengembangkan program konferensi
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.5 Memahami tamu atau
delegasi yang akan datang
|
4.5. Melakukan klasifikasi
tamu atau delegasi
yang akan datang
|
16
|
Mengembangkan program konferensi
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.6
Menganalisis
susunan acara MICE
|
4.6. Menyusun acara
MICE
|
16
|
Menerapkan
sistem dan prosedur manajemen acara
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.7 Menganalisis persiapan pendaftaran dalam Suatu
Acara
|
4.7. Membuat persiapan pendaftaran dalam Suatu Acara
|
16
|
Menerapkan
sistem dan prosedur manajemen acara
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.8
Menganalisis penataan tempat pendaftaran
|
4.8. Menata tempat
pendaftaran
|
16
|
Menerapkan
sistem dan prosedur manajemen acara
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.9
Menganalisis penataanevent
|
4.9. Melakukan pengecekan penataan event
|
16
|
Menerapkan
sistem dan prosedur manajemen acara
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.10
Menganalisis pendaftaran dan menyediakan
materi
|
4.10. Melakukan pendaftaran
dan menyediakan materi.
|
16
|
Menerapkan
sistem dan prosedur manajemen acara
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.11
Menganalisis lokasi pameran
|
4.11
Melakukan pemeriksaan lokasi Pameran
|
18
|
Menerapkan
sistem dan prosedur manajemen acara
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.12
Menganalisis
spesifikasi pameran
|
4.12
Melakukan klasifikasi pameran
|
18
|
Menerapkan
sistem dan prosedur manajemen acara
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.13
Menganalisis pemasangan/pelepasan
elemen pameran
|
4.13 Melakukan
pemasangan / pelepasan elemen pameran
|
18
|
Menerapkan
sistem dan prosedur manajemen acara
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.14 Menganalisis
staging
|
4.14 Melakukakan
staging
|
18
|
Membuat
stand pameran
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.15
Menganalisis sumber daya fisik
|
4.15
Melakukan pengecekan sumber daya fisik
|
18
|
Mengelola
asset fisik
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.16
Mengevaluasi sumber daya untuk
pemasangan/pembongkaran
pameran
|
4.16
Melakukan pengecekan sumber daya
untuk pemasangan/pembongkaran pameran
|
18
|
Mengelola
asset fisik
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.17 Menganalisis proposal pameran
|
4.17 Menyusun proposal pameran
|
18
|
Membuat
Presentasi
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.18 Menganalisis kegiatan Loading dan
Unloading
|
4.18
Melakukan kegiatan Loading dan Unloading
|
18
|
Membuat
stand pameran
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.19
Mengevaluasi laporan
kegiatan
pameran sederhana berdasarkan permintaan dan kebutuhan pelanggan
|
4.19 Melakukan
pengecekan laporan kegiatan pameran sederhana berdasarkan permintaan dan kebutuhan pelanggan
|
18
|
Mengembangkan program konferensi
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.20
Menganalisis staging
|
4.20 Melakukakan
staging
|
18
|
Membuat
stand pameran
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar