KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian                  :
Seluruh Bidang Keahlian
Program
Keahlian                :
Seluruh Program Keahlian
Kompetensi
Keahlian           : Seluruh Kompetensi
Keahlian (4 Tahun) Mata Pelajaran                     : Bahasa Mandarin
Jam Pelajaran                      : 488 JP (@ 45 Menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat
aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi  sikap 
sosial  yaitu,  “Menghayati  dan 
mengamalkan  perilaku jujur,
disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian
nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta
menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu
keteladanan, pembiasaan,  dan  budaya 
sekolah,  dengan  memperhatikan  karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan
dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
| 
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN) | 
KOMPETENSI INTI 4
  (KETERAMPILAN) | 
| 
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan
  faktual, konseptual, prosedural lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Mandarin pada tingkat teknis, spesifik,
  detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, 
teknologi,
  seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri | 
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
  menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
  memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa
  Mandarin. 
Menampilkan
  kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
  dengan standar kompetensi kerja. 
Menunjukkan
  keterampilan menalar, mengolah, dan
  menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
  komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan | 
| 
sebagai
  bagian dari keluarga, sekolah, dunia 
kerja,
  warga masyarakat nasional, regional, dan
  internasional. | 
pengembangan
  dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan 
tugas
  spesifik di bawah pengawasan langsung. 
Menunjukkan
  keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
  menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan 
dari
  yang dipelajarinya di sekolah, serta 
mampu
  melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. | 
| 
KOMPETENSI DASAR | 
KOMPETENSI DASAR | 
| 
3.1  Memahami,
  dan mengidentifikasi bunyi pelafalan 汉语 拼音 (
  声母, 韵母
  和声调 )
  ujaran kata, frasa 
atau
  kalimat dengan pencocokkan dan pembedaan secara tepat. | 
4.1 Mendemonstrasikan pelafalan bunyi 汉语拼音( 声母, 韵母 和声 调,
  ujaran kata, frasa atau 
kalimat
  dengan pencocokkan dan pembedaan secara tepat. | 
| 
3.2  Memahami
  tindak tutur 
menyapa
  ( 问好 ),
  berpamitan ( 再 
见 ), mengucapkan terima kasih 
(
  说感谢), dan meminta maaf ( 抱 歉),
  serta bagaimana 
meresponnya
  sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal lisan
  dan tulis. | 
4.2 Memproduksi teks sederhana mengenai tindak tutur menyapa 
(
  问好 ),
  berpamitan ( 再见), 
mengucapkan
  terima kasih ( 说感 谢),
  dan meminta maaf ( 抱歉), 
serta bagaimana
  meresponnya sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi
  sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal
  lisan dan tulis. | 
| 
3.3  Mengaplikasikan cara memberi
  tahu dan meminta informasi 
terkait
  identitas diri (
  个人信息 ) 
(meliputi nama
  ( 名字 ), usia 
(
  岁 ), alamat
  ( 地址 ), nomor
  telepon (电话号码 ), Email,
  asal 
daerah, kelas ( 班级) dan sekolah 
学校生), sesuai dengan konteks 
penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur
  kebahasaan pada teks interaksi
  transaksional lisan dan
  tulis. | 
4.3 Menyusun cara memberi
  tahu dan meminta informasi terkait 
identitas diri 个人信息 (meliputi 
nama( 名字 ), usia ( 岁 ), alamat 
( 地址 ), nomor telepon (电话号 
码 ), Email, asal daerah, kelas
  班 级 dan
  sekolah
  学校生活),
  sesuai 
dengan
  konteks
  penggunaannya
  dengan memperhatikan
  fungsi sosial, struktur teks, dan
  unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. | 
| 
3.4  Menerapkan
  ungkapan terkait topik nama nama hari ( 星期 ),
  tanggal ( 日),
  bulan ( 月), tahun 
(
  年 ),
  dan jam ( waktu ) ( 点 /
  时 间 )
  dalam tindak tutur memberi 
dan meminta informasi
  sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
  teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis. | 
4.4   Mengkomunikasikan
  ungkapan terkait topik nama nama hari
  ( 星 期 ),
  tanggal ( 日),
  bulan ( 月 ),
  tahun( 年),
  jam ( waktu ) (点 /
  时 间 )dengan
  memperhatikan 
fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
  penggunaannya. | 
| 
3.5  Mengidentifikasi
  sebutan, sifat atau kondisi, dan jumlah orang, benda, binatang dan bangunan
  publik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari
  dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai | 
4.5 Mendemonstrasikan sebutan, sifat atau
  kondisi, dan jumlah orang, benda, binatang dan bangunan publik yang dekat
  dengan kehidupan sehari-hari dalam
  tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai | 
| 
dengan
  konteks penggunaannya 
dengan
  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks
  interaksi transaksional lisan dan tulis. | 
dengan
  konteks penggunaannya 
dengan
  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks
  interaksi transaksional lisan dan tulis. | 
| 
3.6  Menganalisis
  kegiatan yang sudah dilakukan, sedang 
dilakukan dan
  ingin dilakukan dalam kegiatan sehari-hari
  sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial,
  struktur teks, dan unsur kebahasaan
  pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. | 
4.6 Mengkomunikasikan kegiatan yang sudah
  di lakukan, sedang dilakukan dan ingin di lakukan dalam kegiatan sehari- hari,sesuai dengan konteks
  penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
  kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. | 
| 
3.7  Memahami cara
  mengutarakan keinginan, kemauan, kesukaan dan kegemaran dalam memberi dan
  meminta informasi sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan
  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi
  transaksional lisan dan tulis. | 
4.7 Mengimplementasikan cara mengutarakan
  keinginan, kemauan, kesukaan dan kegemaran dalam memberi dan meminta
  informasi sesuai 
dengan konteks
  penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
  kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. | 
| 
3.8  Mengidentifikasikan
  nama nama arah ( 方向 ), letak suatu tempat 
dan benda
  sesuai dengan 
konteks
  penggunaannya, dengan 
memperhatikan
  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi
  transaksional lisan dan tulis. | 
4.8 Mendemonstrasikan cara menyebutkan arah ( 方向 ),
  letak 
suatu tempat
  dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi
  sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional
  lisan dan tulis. | 
| 
3.9  Menganalisis
  cara mengemukakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan serta hubungan
  perbandingan, sesuai dengan 
konteks
  penggunaannya, dengan 
memperhatikan
  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi
  transaksional lisan dan tulis. | 
4.9 Memformulasikan cara mengemukakan hubungan
  sebab akibat dan hubungan kebalikan serta hubungan perbandingan, sesuai
  dengan 
konteks
  penggunaannya, dengan 
memperhatikan
  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi
  transaksional lisan dan tulis. | 
| 
3.10  Menerapkan
  ungkapan terkait pesan singkat melalui telepon dengan memperhatikan fungsi
  sosial, sruktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional
  lisan dan tulis. | 
4.10 Mengembangkan ungkapan terkait pesan
  singkat melalui telepon dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan
  unsur kebahasaanpada teks interaksi transaksional lisan dan tulis | 
| 
3.11  Mendeskripsikan
  terkait topik tindakakan instruksi (指令 
instruction) dengan
  memperhatikan fungsi sosial, sruktur teks dan unsur kebahasaan pada teks
  interaksi transaksional lisan dan tulis. | 
4.11 Mendeskripsikan terkait topik tindakakan instruksi (指令 
instruction), tanda dengan memperhatikan fungsi sosial, sruktur
  teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. | 
| 
3.12  Menganalisis
  teks prosedur sesuai dengan memperhatikan fungsi sosial,stuktur teks, dan
  unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. | 
4.12 Memformulasikan teks prosedur sederhana
  sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial,
  struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan
  dan tulis. | 
| 
3.13  Mengidentifikasi
  cara memberi tahu fakta dan rencana terkait
  topik cuaca dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan kebahasaan
  pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. | 
4.13 Mendemonstrasikan cara memberi tahu
  fakta terkait topik cuaca dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks
  dan kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. | 
| 
3.14  Mengidentifikasi
  penggunaan kata 一点儿,有点儿,要, 想, 能,
  会,就, 才 dengan 
memperhatikan
  fungsi sosial, struktur teks dan kebahasaan pada teks interaksi transaksional
  lisan dan tulis. | 
4.14 Mengevaluasi penggunaan kata
  一点儿,有点儿,要, 想, 能, 会,就, 才 dengan 
memperhatikan
  fungsi sosial, struktur teks dan kebahasaan pada teks interaksi transaksional
  lisan dan tulis. | 
| 
3.15  Menganalisis
  ungkapan yang menyatakan persetujuan dan ketidaksetujuan, serta responnya
  secara lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan
  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan. | 
4.15 Mendemonstrasikan ungkapan yang
  menyatakan persetujuan dan ketidaksetujuan, serta responnya secara lisan dan
  tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi
  sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan. | 
| 
3.16  Mengidentifikasi
  tentang jenis jenis alat transportasi dalam
  tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai dengan konteks
  penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
  kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. | 
4.16 Mendemonstrasikan terkait topik jenis
  jenis alat transportasi dalam tindak tutur memberi dan meminta 
informasi
  sesuai dengan 
konteks
  penggunaannya dengan 
memperhatikan
  fungsi sosial, struktur teks dan
  unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis. | 
| 
3.17  Menerapkan
  terkait topik | 
4.17 Mengkomunikasikan terkait | 
| 
harapan
  atau doa dan ucapan 
selamat atas
  suatu prestasi, serta cara meresponnya sesuai dengan konteks penggunaannya
  dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
  teks lisan dan tulis. | 
topik
  harapan atau doa dan 
ucapan selamat
  atas suatu prestasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
  unsur 
kebahasaan
  pada teks lisan dan 
tulis. | 
| 
3.18  Menganalisis
  ungkapan terkait topik meminta dan menawarkan barang dan jasa, 
serta cara
  meresponnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
  kebahasaan pada teks lisan dan tulis. | 
4.18 Menyajikan teks sederhana terkait topik
  meminta dan menawarkan barang dan jasa, serta cara meresponnya dengan
  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
  lisan dan tulis. | 
| 
3.19  Menerapkan
  ungkapan terkait topik wisata dengan
  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
  lisan dan tulis. | 
4.19 Mempresentaikan teks sederhana terkait
  topik wisata dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
  kebahasaan pada teks lisan dan tulis. | 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar