KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian :
Seluruh Bidang Keahlian
Program
Keahlian :
Seluruh Program Keahlian
Kompetensi
Keahlian : Seluruh Kompetensi
Keahlian (4 Tahun) Mata Pelajaran : Bahasa Mandarin
Jam Pelajaran : 488 JP (@ 45 Menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat
aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap
sosial yaitu, “Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian
nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta
menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi
tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan
dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Mandarin pada tingkat teknis, spesifik,
detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa
Mandarin.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
|
sebagai
bagian dari keluarga, sekolah, dunia
kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan
dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami,
dan mengidentifikasi bunyi pelafalan 汉语 拼音 (
声母, 韵母
和声调 )
ujaran kata, frasa
atau
kalimat dengan pencocokkan dan pembedaan secara tepat.
|
4.1 Mendemonstrasikan pelafalan bunyi 汉语拼音( 声母, 韵母 和声 调,
ujaran kata, frasa atau
kalimat
dengan pencocokkan dan pembedaan secara tepat.
|
3.2 Memahami
tindak tutur
menyapa
( 问好 ),
berpamitan ( 再
见 ), mengucapkan terima kasih
(
说感谢), dan meminta maaf ( 抱 歉),
serta bagaimana
meresponnya
sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal lisan
dan tulis.
|
4.2 Memproduksi teks sederhana mengenai tindak tutur menyapa
(
问好 ),
berpamitan ( 再见),
mengucapkan
terima kasih ( 说感 谢),
dan meminta maaf ( 抱歉),
serta bagaimana
meresponnya sesuai dengan konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi interpersonal
lisan dan tulis.
|
3.3 Mengaplikasikan cara memberi
tahu dan meminta informasi
terkait
identitas diri (
个人信息 )
(meliputi nama
( 名字 ), usia
(
岁 ), alamat
( 地址 ), nomor
telepon (电话号码 ), Email,
asal
daerah, kelas ( 班级) dan sekolah
学校生), sesuai dengan konteks
penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks interaksi
transaksional lisan dan
tulis.
|
4.3 Menyusun cara memberi
tahu dan meminta informasi terkait
identitas diri 个人信息 (meliputi
nama( 名字 ), usia ( 岁 ), alamat
( 地址 ), nomor telepon (电话号
码 ), Email, asal daerah, kelas
班 级 dan
sekolah
学校生活),
sesuai
dengan
konteks
penggunaannya
dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
|
3.4 Menerapkan
ungkapan terkait topik nama nama hari ( 星期 ),
tanggal ( 日),
bulan ( 月), tahun
(
年 ),
dan jam ( waktu ) ( 点 /
时 间 )
dalam tindak tutur memberi
dan meminta informasi
sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
|
4.4 Mengkomunikasikan
ungkapan terkait topik nama nama hari
( 星 期 ),
tanggal ( 日),
bulan ( 月 ),
tahun( 年),
jam ( waktu ) (点 /
时 间 )dengan
memperhatikan
fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks
penggunaannya.
|
3.5 Mengidentifikasi
sebutan, sifat atau kondisi, dan jumlah orang, benda, binatang dan bangunan
publik yang dekat dengan kehidupan sehari-hari
dalam tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai
|
4.5 Mendemonstrasikan sebutan, sifat atau
kondisi, dan jumlah orang, benda, binatang dan bangunan publik yang dekat
dengan kehidupan sehari-hari dalam
tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai
|
dengan
konteks penggunaannya
dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks
interaksi transaksional lisan dan tulis.
|
dengan
konteks penggunaannya
dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks
interaksi transaksional lisan dan tulis.
|
3.6 Menganalisis
kegiatan yang sudah dilakukan, sedang
dilakukan dan
ingin dilakukan dalam kegiatan sehari-hari
sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan
pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
|
4.6 Mengkomunikasikan kegiatan yang sudah
di lakukan, sedang dilakukan dan ingin di lakukan dalam kegiatan sehari- hari,sesuai dengan konteks
penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
|
3.7 Memahami cara
mengutarakan keinginan, kemauan, kesukaan dan kegemaran dalam memberi dan
meminta informasi sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi
transaksional lisan dan tulis.
|
4.7 Mengimplementasikan cara mengutarakan
keinginan, kemauan, kesukaan dan kegemaran dalam memberi dan meminta
informasi sesuai
dengan konteks
penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
|
3.8 Mengidentifikasikan
nama nama arah ( 方向 ), letak suatu tempat
dan benda
sesuai dengan
konteks
penggunaannya, dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi
transaksional lisan dan tulis.
|
4.8 Mendemonstrasikan cara menyebutkan arah ( 方向 ),
letak
suatu tempat
dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi
sosial struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional
lisan dan tulis.
|
3.9 Menganalisis
cara mengemukakan hubungan sebab akibat dan hubungan kebalikan serta hubungan
perbandingan, sesuai dengan
konteks
penggunaannya, dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi
transaksional lisan dan tulis.
|
4.9 Memformulasikan cara mengemukakan hubungan
sebab akibat dan hubungan kebalikan serta hubungan perbandingan, sesuai
dengan
konteks
penggunaannya, dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks interaksi
transaksional lisan dan tulis.
|
3.10 Menerapkan
ungkapan terkait pesan singkat melalui telepon dengan memperhatikan fungsi
sosial, sruktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional
lisan dan tulis.
|
4.10 Mengembangkan ungkapan terkait pesan
singkat melalui telepon dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaanpada teks interaksi transaksional lisan dan tulis
|
3.11 Mendeskripsikan
terkait topik tindakakan instruksi (指令
instruction) dengan
memperhatikan fungsi sosial, sruktur teks dan unsur kebahasaan pada teks
interaksi transaksional lisan dan tulis.
|
4.11 Mendeskripsikan terkait topik tindakakan instruksi (指令
instruction), tanda dengan memperhatikan fungsi sosial, sruktur
teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
|
3.12 Menganalisis
teks prosedur sesuai dengan memperhatikan fungsi sosial,stuktur teks, dan
unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
|
4.12 Memformulasikan teks prosedur sederhana
sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan
dan tulis.
|
3.13 Mengidentifikasi
cara memberi tahu fakta dan rencana terkait
topik cuaca dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan kebahasaan
pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
|
4.13 Mendemonstrasikan cara memberi tahu
fakta terkait topik cuaca dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks
dan kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
|
3.14 Mengidentifikasi
penggunaan kata 一点儿,有点儿,要, 想, 能,
会,就, 才 dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks dan kebahasaan pada teks interaksi transaksional
lisan dan tulis.
|
4.14 Mengevaluasi penggunaan kata
一点儿,有点儿,要, 想, 能, 会,就, 才 dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks dan kebahasaan pada teks interaksi transaksional
lisan dan tulis.
|
3.15 Menganalisis
ungkapan yang menyatakan persetujuan dan ketidaksetujuan, serta responnya
secara lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan.
|
4.15 Mendemonstrasikan ungkapan yang
menyatakan persetujuan dan ketidaksetujuan, serta responnya secara lisan dan
tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan.
|
3.16 Mengidentifikasi
tentang jenis jenis alat transportasi dalam
tindak tutur memberi dan meminta informasi sesuai dengan konteks
penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur
kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
|
4.16 Mendemonstrasikan terkait topik jenis
jenis alat transportasi dalam tindak tutur memberi dan meminta
informasi
sesuai dengan
konteks
penggunaannya dengan
memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks dan
unsur kebahasaan pada teks interaksi transaksional lisan dan tulis.
|
3.17 Menerapkan
terkait topik
|
4.17 Mengkomunikasikan terkait
|
harapan
atau doa dan ucapan
selamat atas
suatu prestasi, serta cara meresponnya sesuai dengan konteks penggunaannya
dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada
teks lisan dan tulis.
|
topik
harapan atau doa dan
ucapan selamat
atas suatu prestasi, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur
kebahasaan
pada teks lisan dan
tulis.
|
3.18 Menganalisis
ungkapan terkait topik meminta dan menawarkan barang dan jasa,
serta cara
meresponnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks lisan dan tulis.
|
4.18 Menyajikan teks sederhana terkait topik
meminta dan menawarkan barang dan jasa, serta cara meresponnya dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
lisan dan tulis.
|
3.19 Menerapkan
ungkapan terkait topik wisata dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks
lisan dan tulis.
|
4.19 Mempresentaikan teks sederhana terkait
topik wisata dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan pada teks lisan dan tulis.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar