Mata Pelajaran : Desain Publikasi
Bidang Keahlian : Seni dan industri kreatif
Program Keahlian : Seni Rupa
Kompetensi Keahlian : Desain Komunikasi Visual (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Seni dan industri kreatif
Program Keahlian : Seni Rupa
Kompetensi Keahlian : Desain Komunikasi Visual (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Komunikasi Visual pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Komunikasi Visual. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Komunikasi Visual pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Komunikasi Visual. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Memahami prinsip-prinsip dasar desain media publikasi
|
4.1
Menerapkan prinsip
dasar desain media publikasi
|
20
|
TIK.DG01.
001.01
Menerapkan pengetahuan dasar
desain
|
Desainer Grafis Muda
|
3.2 Menganalisis penggunaan material desain publikasi
|
4.2
Menentukan
material karya desain publikasi
|
20
|
TIK.DG01.
007.01
Menentukan material karya
desain
|
|
3.3 Menerapkan konsep dasar desain publikasi indoor
|
4.3
Menyajikan karya desain publikasi
indoor
|
40
|
TIK.DG01.006.01
Menerapkan teori dasar
desain grafis
|
|
3.4 Menerapkan konsep dasar desain publikasi outdoor
|
4.4
Menyajikan karya desain
publikasi outdoor
|
40
|
||
3.5 Menganalisis client brief
|
4.5 Membuat konsep karya berdasarkan client brief
|
20
|
TIK.DG02.004.01
Menerjemahkan client brief
TIK.DG01.010.01 Menghasilkan creative brief untuk pengembangan
karya
desain
|
|
3.6 Menerapkan prinsip tata letak desain publikasi
|
4.6 Membuat
tata letak (dummy) desain
publikasi
|
50
|
TIK.DG02.002.01 Membentuk dummy
|
Desainer Grafis Muda
|
3.7 Menerapkan konsep desain komersial
|
4.7
Mempresentasikan
karya desain komersial
|
36
|
TIK.DG02.008.01
Mempresentasikan hasil karya desain kepada klien
|
|
3.8 Menerapkan konsep desain sosial
|
4.8
Mempresentasikan
karya desain sosial
|
36
|
||
3.9
Mengevaluasi hasil karya desain
publikasi indoor
|
4.7 Memperbaiki desain
publikasi indoor disertai argumen-argumen
|
36
|
TIK.DG02.009.01 Mengevaluasi
hasil karya desain
TIK.DG02.010.01 Merekomendasikan argumen-argumen yang
meyakinkan
terhadap hasil karya desain kepada
klien
|
|
298
|
||||
3.10 Menganalisis konsep desain publikasi
|
4.10 Mengembangkan dan mengkomunikasikan konsep desain publikasi
|
10
|
TIK.DG02.005.01
Mengembangkan dan
mengkomunikasikan konsep desain
|
|
3.11 Menganalisis client brief desain publikasi
|
4.11 Membuat desain publikasi berdasarkan client
brief
|
60
|
TIK.DG02.006.01
Mendesain karya berdasarkan brief
|
|
3.12 Menganalisis proyek desain publikasi
|
4.12 Melaksanakan proyek desain publikasi
|
60
|
TIK.DG01.005.01
Mendokumentasikan kemajuan kerja
TIK.DG01.011.01 Mengkoordinasikan dan mengadakan rapat
internal dengan
Tim
TIK.DG02.011.01 Mengatur tim
kerja
|
|
3.13 Menganalisis konsep desain label produk
(brand name)
|
4.13
Merancang desain label produk (brand
name)
|
24
|
Tidak ada dalam skema
|
|
3.14 Menganalisis konsep desain kemasan produk (packaging)
|
4.14
Merancang desain kemasan produk
(packaging)
|
40
|
TIK.DG02.006.01
Mendesain karya berdasarkan
brief
|
|
3.15
Mengevaluasi desain publikasi outdoor
|
4.15
Memperbaiki desain publikasi outdoor
disertai argumen-argumen
|
30
|
TIK.DG02.009.01 Mengevaluasi
hasil karya desain
TIK.DG02.010.01 Merekomendasikan argumen-argumen yang
meyakinkan
terhadap hasil karya desain
kepada klien
|
|
3.16
Menerapkan konsep desain publikasi multi
pages (majalah, brosur, booklet)
|
4.16
Merancang desain publikasi multi
pages (majalah, brosur, booklet)
|
50
|
Tidak ada dalam skema
|
|
3.17
Memahami konsep branding dan pemasaran
|
4.17
Mempresentasikan
konsep dasar branding dan komunikasi pemasaran dengan desain publikasi
|
14
|
TIK.DG03.002.01 Mengintegrasikan pengetahuan dasar branding
dan komunikasi pemasaran dengan desain grafis
|
|
3.18
Menganalisis biaya produksi desain
|
4.17
Menghitung biaya produksi desain
|
10
|
TIK.DG03.001.01 Menghitung
anggaran produksi
|
|
298
|
matur nuwun
BalasHapus