Selasa, 31 Juli 2018

Desain Publikasi - Desain Komunikasi Visual

Mata Pelajaran : Desain Publikasi
Bidang Keahlian : Seni dan industri kreatif
Program Keahlian : Seni Rupa
Kompetensi Keahlian : Desain Komunikasi Visual (3 Tahun)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Komunikasi Visual pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Komunikasi Visual. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1 Memahami prinsip-prinsip dasar desain media publikasi
4.1 Menerapkan prinsip dasar desain media publikasi

20
TIK.DG01.
001.01
Menerapkan pengetahuan dasar desain
Desainer Grafis Muda
3.2 Menganalisis penggunaan material desain publikasi
4.2 Menentukan material karya desain publikasi
20
TIK.DG01.
007.01
Menentukan material karya desain


3.3 Menerapkan konsep dasar desain publikasi indoor
4.3 Menyajikan karya desain publikasi indoor
40



TIK.DG01.006.01
Menerapkan teori dasar desain grafis

3.4 Menerapkan konsep dasar desain publikasi outdoor
4.4 Menyajikan karya desain publikasi outdoor
40

3.5 Menganalisis client brief
4.5  Membuat konsep karya berdasarkan client brief
20
TIK.DG02.004.01
Menerjemahkan client brief

TIK.DG01.010.01 Menghasilkan creative brief untuk pengembangan karya
desain

3.6 Menerapkan prinsip tata letak desain publikasi
4.6  Membuat tata letak (dummy) desain publikasi
50
TIK.DG02.002.01 Membentuk dummy

Desainer Grafis Muda
3.7 Menerapkan konsep desain komersial
4.7  Mempresentasikan karya desain komersial
36


TIK.DG02.008.01 Mempresentasikan hasil karya desain kepada klien

3.8 Menerapkan konsep desain sosial
4.8  Mempresentasikan karya desain sosial
36

3.9 Mengevaluasi hasil karya desain publikasi indoor
4.7 Memperbaiki desain
publikasi indoor disertai argumen-argumen
36
TIK.DG02.009.01 Mengevaluasi hasil karya desain
TIK.DG02.010.01 Merekomendasikan argumen-argumen yang meyakinkan
terhadap hasil karya desain kepada klien



298







3.10 Menganalisis konsep desain publikasi
4.10    Mengembangkan dan mengkomunikasikan konsep desain publikasi
10
TIK.DG02.005.01
Mengembangkan dan mengkomunikasikan konsep desain

3.11 Menganalisis client brief desain publikasi
4.11  Membuat desain publikasi berdasarkan client brief
60
TIK.DG02.006.01
Mendesain karya berdasarkan brief

3.12 Menganalisis proyek desain publikasi
4.12  Melaksanakan proyek desain publikasi
60
TIK.DG01.005.01 Mendokumentasikan kemajuan kerja

TIK.DG01.011.01 Mengkoordinasikan dan mengadakan rapat internal dengan
Tim
TIK.DG02.011.01 Mengatur tim kerja









3.13 Menganalisis konsep desain label produk
(brand name)
4.13     Merancang desain label produk (brand name)
24
Tidak ada dalam skema

3.14     Menganalisis konsep desain kemasan produk (packaging)
4.14    Merancang desain kemasan produk (packaging)
40
TIK.DG02.006.01
Mendesain karya berdasarkan brief

3.15 Mengevaluasi desain publikasi outdoor
4.15  Memperbaiki desain publikasi outdoor
disertai argumen-argumen
30
TIK.DG02.009.01 Mengevaluasi hasil karya desain

TIK.DG02.010.01 Merekomendasikan argumen-argumen yang meyakinkan
terhadap hasil karya desain kepada klien

3.16 Menerapkan konsep desain publikasi multi pages (majalah, brosur, booklet)
4.16  Merancang desain publikasi multi pages (majalah, brosur, booklet)
50
Tidak ada dalam skema

3.17 Memahami konsep branding dan pemasaran
4.17    Mempresentasikan konsep dasar branding dan komunikasi pemasaran dengan desain publikasi
14
TIK.DG03.002.01 Mengintegrasikan pengetahuan dasar branding dan komunikasi pemasaran dengan desain grafis

3.18 Menganalisis biaya produksi desain
4.17  Menghitung biaya produksi desain
10
TIK.DG03.001.01 Menghitung anggaran produksi



298



Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

1 komentar: