Senin, 04 Juni 2018

C1. Kimia Kesehatan

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Kesehatan dan Pekerjaan Sosial
Program Keahlian :

  1. Keperawatan
  2. Kesehatan Gigi
  3. Teknologi Laboratorium Medik
  4. Farmasi

Kompetensi Keahlian :

  1. Asisten Keperawatan (3 Tahun)
  2. Dental Asisten (3 Tahun)
  3. Teknologi Laboratorium Medik (3 Tahun)
  4. Farmasi Klinis dan Komunitas (3 Tahun)
  5. Farmasi Industri (3 Tahun)

Mata Pelajaran : Kimia



Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian kimia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian kimia
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
3.1     Menganalisis materi (perbedaan antara unsur, senyawa, dan campuran) serta perubahannya
4.1     Membedakan klasifikasi materi dan perubahannya
10
3.2     Menganalisis pola konfigurasi elektron struktur atom kaitannya dengan letak unsur dalam tabel periodik dan sifat keperiodikannya
4.2     Menentukan letak unsur dalam tabel periodik berdasarkan konfigurasi elektron dan sifat keperiodikannya
18
3.3     Mengevaluasi proses pembentukan ikatan kimia dan hubungannya dengan sifat senyawa yang terbentuk
4.3     Menetapkan sifat senyawa berdasarkan konsep ikatan kimia
8
3.4     Memahami sifat larutan asam, basa dan garam dengan beberapa indikator
4.4     Menunjukkan sifat larutan asam, basa dan garam dengan beberapa indikator
6
3.5     Menganalisis sifat larutan elektrolit dan nonelektrolit
4.5     Membedakan pemeriksaan sifat larutan elektrolit dan nonelektrolit
4
3.6     Menerapkan tatanama  senyawa anorganik sederhana dalam persamaan reaksi
4.6     Memberi nama senyawa dalam persamaan reaksi
8
3.7     Memahami hukum dasar  dalam stoikiometri
4.7     Mengemukakan hukum dasar dalam stoikiometri
6
3.8     Menerapkan konsep mol dalam stoikiometri
4.8     Menyelesaikan soal-soal stoikiometri berdasarkan  konsep mol
6
3.9     Menerapkan perhitungan konsentrasi larutan (%, molaritas dan ppm)
4.9     Membuat larutan dengan konsentrasi tertentu sesuai dengan prosedur
6
Jumlah
72

Tidak ada komentar:

Posting Komentar