KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Kemaritiman
Program Keahlian :
6.1 Pelayaran Kapal Perikanan
6.2 Pelayaran Kapal Niaga
6.3. Perikanan
Kompetensi Keahlian :
6.1.1 Nautika Kapal Penangkap Ikan
6.1.2 Teknika Kapal Penangkap Ikan
6.2.1 Nautika Kapal Niaga
6.2.2 Teknika Kapal Niaga
6.3.1 Agribisnis Perikanan Air Tawar
6.3.2 Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut
6.3.3 Agribisnis Ikan Hias
6.3.4 Agribisnis Rumput Laut
6.3.5 Industri Perikanan Laut
Mata Pelajaran : Kimia
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Kemaritiman
Program Keahlian :
6.1 Pelayaran Kapal Perikanan
6.2 Pelayaran Kapal Niaga
6.3. Perikanan
Kompetensi Keahlian :
6.1.1 Nautika Kapal Penangkap Ikan
6.1.2 Teknika Kapal Penangkap Ikan
6.2.1 Nautika Kapal Niaga
6.2.2 Teknika Kapal Niaga
6.3.1 Agribisnis Perikanan Air Tawar
6.3.2 Agribisnis Perikanan Air Payau dan Laut
6.3.3 Agribisnis Ikan Hias
6.3.4 Agribisnis Rumput Laut
6.3.5 Industri Perikanan Laut
Mata Pelajaran : Kimia
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kajian Kimia pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
|
4.
Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Kimia
Menampilkan kinerja di
bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar
kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan
tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1
Menganalisis sifat materi dan
perubahannya
|
3.1
Menunjukkan perbedaan sifat materi dan perubahannya melalui eksperimen
|
6
JP
|
3.2 Menganalisis lambang unsur,
rumus kimia, tata nama senyawa sederhana dan persamaan reaksi
|
3.2 Menuliskan persamaan reaksi
kimia berdasarkan peristiwa dalam kehidupan
|
8
JP
|
3.3
Menganalisis
struktur atom dan sifat-sifat unsur dalam sistem periodik serta hubungannya
dengan ikatan kimia
|
3.3 Mengklasifikasi ikatan kimia dalam senyawa
berdasarkan konsep struktur atom dan sifat-sifat unsur
|
10
JP
|
3.4
Menerapkan
hukum-hukum dasar kimia dan konsep mol dalam perhitungan kimia
|
3.4 Menggunakan hukum-hukum dasar kimia dan konsep
mol dalam perhitungan kimia
|
10
JP
|
3.5
Menganalisis konsep larutan berdasarkan sifat asam
basa dan daya hantar listriknya
|
3.5 Melakukan percobaan uji larutan berdasarkan
sifat asam basa dan daya hantar listriknya
|
6
JP
|
3.6
Menganalisis
konsep redoks dan elektrokimia serta aplikasinya dalam
kehidupan sehari-hari
|
3.6 Menyajikan contoh-contoh elektrokimia dalam
kehidupan sehari-hari
|
6 JP
|
3.7
Menganalisis senyawa hidrokarbon dan turunannya beserta kegunaannya
|
3.7 Mengklasifikasi senyawa hidrokarbon dan turunannya berdasarkan sifat-sifatnya
|
6
JP
|
3.8 Menganalisis perubahan entalpi berdasarkan konsep termokimia
|
3.8 Mengimplementasikan konsep perubahan entalpi dalam menyelesaikan masalah termokimia.
|
6 JP
|
3.9
Menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi laju
reaksi dalam kehidupan sehari-hari
|
3.9 Membuktikan
faktor-faktor yang
mempengaruhi laju reaksi melalui percobaan
|
6 JP
|
3.10
Menerapkan konsep kesetimbangan kimia dan faktor-faktor yang mempengaruhinya
|
3.10 Membuktikan faktor-faktor yang mempengaruhi
kesetimbangan kimia
|
6 JP
|
3.11
Menganalisis
koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
3.11 Membuat berbagai sistem koloid dengan
bahan-bahan yang ada disekitar
|
6 JP
|
Jumlah
|
72 JP
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar