Minggu, 05 Agustus 2018

Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak - Rekayasa Perangkat Lunak

Mata Pelajaran : Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat Lunak (3 Tahun)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Rekayasa Perangkat Lunak pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Rekayasa Perangkat Lunak Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1    Memahami konsep teknologi aplikasi web
 4.1   Mempresentasikan pelbagai teknologi pengembangan aplikasi web
4
TIK.PR04.001.01 Membuat dokumen HTML sesuai spesifikasi
SKKNI 2012-615
3.2    Menerapkan format teks pada halaman web
 4.2   Membuat kode html untuk menampilkan  teks dalam format tertentu pada halaman web
8
TIK.PR04.001.01 Membuat dokumen HTML sesuai spesifikasi
SKKNI 2012-615
3.3    Menerapkan format tabel pada halaman web
 4.3   Membuat kode html untuk menampilkan tabel pada halaman web
8
TIK.PR04.001.01 Membuat dokumen HTML sesuai spesifikasi
SKKNI 2012-615
3.4    Menerapkan tampilan format multimedia pada halaman web
 4.4   Membuat kode html untuk menampilkan tampilan format multimedia pada halaman web
8
TIK.PR04.001.01 Membuat dokumen HTML sesuai spesifikasi
SKKNI 2012-615
3.5    Menerapkan format kaitan pada halaman web
 4.5   Membuat kode html untuk menampilkan format kaitan pada halaman web
8
TIK.PR04.001.01 Membuat dokumen HTML sesuai spesifikasi
SKKNI 2012-615
3.6    Menerapkan format formulir pada halaman web
 4.6   Membuat kode html untuk menampilkan formulir pada halaman web
8
TIK.PR04.001.01 Membuat dokumen HTML sesuai spesifikasi
SKKNI 2012-615
3.7    Menerapkan style  pada halaman web
 4.7   Membuat kode html untuk menampilkan style tertentu pada halaman web
16
TIK.PR04.001.01 Membuat dokumen HTML sesuai spesifikasi
SKKNI 2012-615
3.8    Memahami client side scripting dalam pemrograman web
 4.8   Mempresentasikan client side scripting dalam pemrograman web
16
TIK.PR04.001.01 Membuat dokumen HTML sesuai spesifikasi
SKKNI 2012-615
3.9    Menerapkan client side scripting  pada halaman web interaktif
 4.9   Membuat halaman web interaktif menggunakan client side scripting
16
TIK.PR04.003.01 Membuat halaman web dinamis
SKKNI 2012-615
3.10 Memahami teknologi aplikasi web server
 4.10 Mempresentasikan teknologi aplikasi web server
4
TIK.PR04.003.01 Membuat halaman web dinamis
SKKNI 2012-615
3.11 Menerapkan pemrograman server side scripting
 4.11 Membuat kode program pada server side scripting
8
TIK.PR04.003.01 Membuat halaman web dinamis
SKKNI 2012-615
3.12 Menerapkan struktur kendali program
 4.12 Membuat struktur kendali program
16
TIK.PR04.003.01 Membuat halaman web dinamis
SKKNI 2012-615
3.13 Menerapkan fungsi dalam program
 4.13 Membuat kode fungsi dalam program
16
TIK.PR04.003.01 Membuat halaman web dinamis
SKKNI 2012-615
3.14 Menerapkan library standar dalam program

 4.14 Menggunakan library standar dalam program
16
TIK.PR02.008.01Menggunakan library atau komponen preexiting
SKKNI 2012-615
3.15 Mengevaluasi aplikasi interaktif pada web
 4.15 Memodifikasi aplikasi interaktif pada web
24
TIK.PR04.003.01 Membuat halaman web dinamis
SKKNI 2012-615
3.16 Menerapkan operasi file
 4.16 Membuat kode program untuk operasi file
8
TIK.PR04.003.01 Membuat halaman web dinamis
SKKNI 2012-615
3.17 Menganalisis penanganan kesalahan pada program
 4.17 Melakukan perbaikan penanganan kesalahan pada program
24
TIK.PR04.007.01 Memelihara unjuk kerja situs web
SKKNI 2012-615
3.18 Menerapkan user interface basis data pada halaman web
 4.18 Membuat user interface basis data pada halaman  web
24
TIK.PR04.006.01 Mempersiapkan basis data untuk sebuah situs
web
SKKNI 2012-615
3.19 Menerapkan aplikasi web stateful
 4.19 Membuat aplikasi web stateful
16
TIK.PR04.007.01 Memelihara unjuk kerja situs web
SKKNI 2012-615
3.20 Mengevaluasi pengamanan data pada aplikasi web
 4.20 Merevisi pengamanan data pada aplikasi web
16
TIK.PR04.002.01 Menerapkan keamanan web
SKKNI 2012-615
3.21 Merancang sistem informasi web
 4.21 Membangun aplikasi sistem informasi web
24
TIK.PR04.005.01Menerapkan konten web site memenuhi
protokol standar
SKKNI 2012-615
3.22 Menerapkan web hosting
 4.22 Membuat aplikasi web pada web hosting
26
TIK.PR04.004.01 Menerapkan web Hosting
SKKNI 2012-615
3.23 Menerapkan aplikasi web dengan Model View Controler (MVC)
 4.23 Membuat aplikasi web menggunakan Model View Controler (MVC)
26
TIK.PR04.005.01Menerapkan konten web site memenuhi
protokol standar
SKKNI 2012-615
3.24 Menerapkan teknologi framework dalam aplikasi web
 4.24 Membuat aplikasi web menggunakan teknologi framework 
54
TIK.PR04.005.01Menerapkan konten web site memenuhi
protokol standar
SKKNI 2012-615
3.25 Memahami teknologi pengembangan aplikasi mobile
 4.25 Mempresentasikan teknologi pengembangan aplikasi mobile
13
J.612000.001 Menunjukkan Platform Operating System dan
Bahasa Pemrograman di dalam Perangkat
Lunak
SKKNI 2015-458
3.26 Menerapkan teknik desain aplikasi mobile
 4.26 Membuat desain aplikasi berbasis mobile
39
J.612000.002 Merancang Mobile Network Programming
SKKNI 2015-458
3.27 Menerapkan teknik desain aplikasi multi window
 4.27 Membuat desain aplikasi multi window
39
J.612000.002 Merancang Mobile Network Programming
SKKNI 2015-458
3.28 Menerapkan pengkodean alur program dalam aplikasi
 4.28 Membuat kode program dalam aplikasi
39
J.612000.002 Merancang Mobile Network Programming
SKKNI 2015-458
3.29 Menerapkan teknik pengolahan input user
 4.29 Membuat antar muka input user pada aplikasi
26
J.612000.007 Merancang Mobile Interface
SKKNI 2015-458
3.30 Menerapkan teknik desain aplikasi lanjutan
 4.30 Membuat desain aplikasi lanjutan
39
J.612000.007 Merancang Mobile Interface
SKKNI 2015-458
3.31 Menerapkan aplikasi basis data mobile
 4.31 Membuat pengolahan basis data mobile
51
J.612000.003 Merancang Database dan Data Persistence
pada Mobile Data
SKKNI 2015-458
3.32 Mengevaluasi penggunaan library pada aplikasi mobile
 4.32 Memodifikasi aplikasi mobile menggunakan library
39
J.612000.007 Merancang Mobile Interface
SKKNI 2015-458
3.33 Menerapkan konektifitas aplikasi mobile dengan web
 4.33 Membuat koneksifitas aplikasi mobile dengan web
51
J.612000.007 Merancang Mobile Interface
SKKNI 2015-458
Jumlah Total Jam
730
 Jam

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar