Mata Pelajaran : Pemrograman Web dan Perangkat Bergerak
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat Lunak (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat Lunak (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Rekayasa Perangkat Lunak pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Rekayasa Perangkat Lunak Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Rekayasa Perangkat Lunak pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Rekayasa Perangkat Lunak Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT
KOMPETENSI
|
SKEMA
SERTIFIKASI
|
3.1
Memahami konsep teknologi aplikasi web
|
4.1 Mempresentasikan
pelbagai teknologi pengembangan aplikasi web
|
4
|
TIK.PR04.001.01 Membuat dokumen HTML sesuai spesifikasi
|
SKKNI 2012-615
|
3.2
Menerapkan
format teks pada halaman web
|
4.2 Membuat kode html
untuk menampilkan teks dalam format tertentu pada
halaman web
|
8
|
TIK.PR04.001.01 Membuat dokumen HTML sesuai spesifikasi
|
SKKNI 2012-615
|
3.3
Menerapkan
format tabel pada halaman web
|
4.3 Membuat kode html
untuk menampilkan tabel pada halaman web
|
8
|
TIK.PR04.001.01 Membuat dokumen HTML sesuai spesifikasi
|
SKKNI 2012-615
|
3.4
Menerapkan
tampilan format multimedia pada
halaman web
|
4.4 Membuat kode html
untuk menampilkan tampilan format multimedia
pada halaman web
|
8
|
TIK.PR04.001.01 Membuat dokumen HTML sesuai spesifikasi
|
SKKNI 2012-615
|
3.5
Menerapkan
format kaitan pada halaman web
|
4.5 Membuat kode html
untuk menampilkan format kaitan pada halaman web
|
8
|
TIK.PR04.001.01 Membuat dokumen HTML sesuai spesifikasi
|
SKKNI 2012-615
|
3.6
Menerapkan
format formulir pada halaman web
|
4.6 Membuat kode html
untuk menampilkan formulir pada halaman web
|
8
|
TIK.PR04.001.01 Membuat dokumen HTML sesuai spesifikasi
|
SKKNI 2012-615
|
3.7
Menerapkan style pada halaman web
|
4.7 Membuat kode html
untuk menampilkan style tertentu pada
halaman web
|
16
|
TIK.PR04.001.01 Membuat dokumen HTML sesuai spesifikasi
|
SKKNI 2012-615
|
3.8
Memahami client side scripting dalam pemrograman
web
|
4.8 Mempresentasikan client side scripting dalam pemrograman web
|
16
|
TIK.PR04.001.01 Membuat dokumen HTML sesuai spesifikasi
|
SKKNI 2012-615
|
3.9
Menerapkan client side scripting pada halaman web interaktif
|
4.9 Membuat
halaman web interaktif menggunakan client side scripting
|
16
|
TIK.PR04.003.01 Membuat halaman web dinamis
|
SKKNI 2012-615
|
3.10 Memahami
teknologi aplikasi web server
|
4.10
Mempresentasikan teknologi aplikasi web server
|
4
|
TIK.PR04.003.01 Membuat halaman web dinamis
|
SKKNI 2012-615
|
3.11 Menerapkan
pemrograman server side scripting
|
4.11
Membuat kode program pada server side scripting
|
8
|
TIK.PR04.003.01 Membuat halaman web dinamis
|
SKKNI 2012-615
|
3.12 Menerapkan
struktur kendali program
|
4.12
Membuat
struktur kendali program
|
16
|
TIK.PR04.003.01 Membuat halaman web dinamis
|
SKKNI 2012-615
|
3.13 Menerapkan
fungsi dalam program
|
4.13
Membuat kode
fungsi dalam program
|
16
|
TIK.PR04.003.01 Membuat halaman web dinamis
|
SKKNI 2012-615
|
3.14 Menerapkan
library standar dalam program
|
4.14
Menggunakan library standar dalam program
|
16
|
TIK.PR02.008.01Menggunakan library atau komponen preexiting
|
SKKNI 2012-615
|
3.15 Mengevaluasi
aplikasi interaktif pada web
|
4.15
Memodifikasi aplikasi interaktif pada web
|
24
|
TIK.PR04.003.01 Membuat halaman web dinamis
|
SKKNI 2012-615
|
3.16 Menerapkan
operasi file
|
4.16
Membuat kode program untuk operasi file
|
8
|
TIK.PR04.003.01 Membuat halaman web dinamis
|
SKKNI 2012-615
|
3.17 Menganalisis
penanganan kesalahan pada program
|
4.17
Melakukan perbaikan penanganan kesalahan pada
program
|
24
|
TIK.PR04.007.01 Memelihara unjuk kerja situs web
|
SKKNI 2012-615
|
3.18 Menerapkan user interface basis
data pada halaman web
|
4.18
Membuat user interface basis
data pada halaman web
|
24
|
TIK.PR04.006.01 Mempersiapkan basis data untuk sebuah
situs
web
|
SKKNI 2012-615
|
3.19 Menerapkan
aplikasi web stateful
|
4.19
Membuat
aplikasi web stateful
|
16
|
TIK.PR04.007.01 Memelihara unjuk kerja situs web
|
SKKNI 2012-615
|
3.20 Mengevaluasi
pengamanan data pada aplikasi web
|
4.20
Merevisi pengamanan data pada aplikasi web
|
16
|
TIK.PR04.002.01 Menerapkan keamanan web
|
SKKNI 2012-615
|
3.21 Merancang
sistem informasi web
|
4.21
Membangun aplikasi sistem informasi web
|
24
|
TIK.PR04.005.01Menerapkan konten web site memenuhi
protokol standar
|
SKKNI 2012-615
|
3.22 Menerapkan web
hosting
|
4.22
Membuat aplikasi web pada web hosting
|
26
|
TIK.PR04.004.01 Menerapkan web Hosting
|
SKKNI 2012-615
|
3.23 Menerapkan aplikasi
web dengan Model View Controler (MVC)
|
4.23
Membuat aplikasi web menggunakan Model View Controler (MVC)
|
26
|
TIK.PR04.005.01Menerapkan konten web site memenuhi
protokol standar
|
SKKNI 2012-615
|
3.24 Menerapkan
teknologi framework dalam
aplikasi web
|
4.24
Membuat aplikasi web
menggunakan teknologi framework
|
54
|
TIK.PR04.005.01Menerapkan konten web site memenuhi
protokol standar
|
SKKNI 2012-615
|
3.25 Memahami
teknologi pengembangan aplikasi mobile
|
4.25
Mempresentasikan teknologi pengembangan aplikasi mobile
|
13
|
J.612000.001 Menunjukkan Platform Operating System dan
Bahasa Pemrograman di dalam Perangkat
Lunak
|
SKKNI 2015-458
|
3.26 Menerapkan
teknik
desain aplikasi mobile
|
4.26
Membuat desain aplikasi berbasis mobile
|
39
|
J.612000.002 Merancang Mobile
Network Programming
|
SKKNI 2015-458
|
3.27 Menerapkan
teknik
desain aplikasi multi window
|
4.27
Membuat desain aplikasi multi window
|
39
|
J.612000.002 Merancang Mobile
Network Programming
|
SKKNI 2015-458
|
3.28 Menerapkan
pengkodean
alur program dalam aplikasi
|
4.28
Membuat kode program dalam aplikasi
|
39
|
J.612000.002 Merancang Mobile
Network Programming
|
SKKNI 2015-458
|
3.29 Menerapkan
teknik
pengolahan input user
|
4.29
Membuat antar muka input user
pada aplikasi
|
26
|
J.612000.007 Merancang Mobile
Interface
|
SKKNI 2015-458
|
3.30 Menerapkan
teknik
desain aplikasi lanjutan
|
4.30
Membuat desain aplikasi lanjutan
|
39
|
J.612000.007 Merancang Mobile
Interface
|
SKKNI 2015-458
|
3.31 Menerapkan
aplikasi basis data mobile
|
4.31
Membuat pengolahan basis data mobile
|
51
|
J.612000.003 Merancang Database dan Data Persistence
pada Mobile Data
|
SKKNI 2015-458
|
3.32 Mengevaluasi
penggunaan library pada aplikasi mobile
|
4.32
Memodifikasi aplikasi mobile menggunakan library
|
39
|
J.612000.007 Merancang Mobile
Interface
|
SKKNI 2015-458
|
3.33 Menerapkan
konektifitas aplikasi mobile dengan
web
|
4.33
Membuat koneksifitas aplikasi mobile dengan web
|
51
|
J.612000.007 Merancang Mobile
Interface
|
SKKNI 2015-458
|
Jumlah Total Jam
|
730
|
Jam
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar