KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Energi dan Pertambangan
Program Keahlian : Geologi Pertambangan
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian (4 Tahun)
Mata Pelajaran : Kimia
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Energi dan Pertambangan
Program Keahlian : Geologi Pertambangan
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian (4 Tahun)
Mata Pelajaran : Kimia
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI
INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI
INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai
dengan bidang dan lingkup kajian Kimia Energi dan Pertambangan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan
prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Kimia Energi dan Pertambangan.
Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur
sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal
dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI
WAKTU
|
3.1
Memahami
perubahan materi dan
pemisahan campuran dengan
berbagai cara
|
3.1
Menunjukkan pemisahan campuran dengan berbagai praktikum
|
6 JP
|
3.2
Memahami struktur atom berdasarkan konfigurasi elektron untuk menentukan letak
unsur dalam tabel periodik
|
3.2
Menentukan letak unsur dalam tabel periodik berdasarkan konfigurasi electron
|
6 JP
|
3.3
Menganalisis
proses pembentukan ikatan kimia pada beberapa senyawa dalam kehidupan sehari hari
|
3.3
Menyajikan hasil analisa
proses pembentukan ikatan kimia pada beberapa senyawa dalam
kehidupan sehari hari
|
6 JP
|
3.4
Menerapkan
konsep rumus kimia, massa molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum
dasar kimia, dan konsep mol untuk menyelesaikan perhitungan kimia
|
3.4
Memecahkan soal soal perhitungan kimia berdasarkan konsep rumus kimia, massa
molekul relatif, persamaan reaksi, hukum-hukum dasar kimia, dan konsep mol
|
9 JP
|
3.5
Memahami sifat larutan berdasarkan konsep asam basa dan pH
larutan (asam kuat dan asam lemah, basa kuat dan basa lemah) dalam kehidupan sehari hari
|
3.5
Mengklasifikasikan sifat larutan berdasarkan konsep
asam basa dan pH larutan (asam kuat dan asam lemah, basa kuat dan basa lemah)
dalam
kehidupan sehari hari
|
9 JP
|
3.6 Menentukan bilangan oksidasi
unsur untuk mengidentifikasi reaksi oksidasi dan reduksi
|
3.6
Membandingkan antara
reaksi oksidasi dengan reaksi reduksi
berdasarkan konsep redoks
|
6 JP
|
3.7
Menganalisis
proses yang terjadi dalam sel elektrokimia (menghitung E0 sel, reaksi reaksi pada sel volta dan sel
eletrolisa, proses pelapisan logam) yang digunakan dalam kehidupan
|
3.7
Mempresentasikan proses
yang terjadi dalam sel elektrokimia (menghitung E0 sel, reaksi reaksi pada sel volta dan sel
eletrolisa, proses pelapisan logam) reaksi yang digunakan dalam kehidupan
|
9 JP
|
3.8
Menganalisis
struktur, sifat senyawa hidrokarbon serta dampak pembakaran senyawa
hidrokarbon terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya
|
3.8
Menyajikan hasil analisis struktur,
sifat senyawa hidrokarbon serta dampak pembakaran senyawa hidrokarbon
terhadap lingkungan dan kesehatan serta cara mengatasinya
|
9 JP
|
3.9
Menganalisis
proses teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya
|
3.9
Menyajikan proses teknik
pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya.
|
6 JP
|
3.10 Menganalisis struktur,
tata nama, sifat,
penggolongan dan kegunaan polimer
|
3.10
Mengintegrasikan antara struktur, tata
nama, sifat, penggolongan polimer
dengan kegunaan polimer
dalam kehidupan sehari hari
|
6 JP
|
3.11 Memahami reaksi eksoterm dan reaksi
endoterm serta DH reaksi berdasarkan hukum Hess dan energi ikatan
|
3.11
Menghitung DH suatu reaksi berdasarkan hukum Hess, energi
ikatan dan
konsep reaksi eksoterm dan
reaksi endoterm
|
9 JP
|
3.12 Menganalisis
faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi berdasarkan teori tumbukan
(tabrakan)
|
3.12
Menyajikan hasil pembuktian pengaruh faktor
faktor yang mempengaruhi laju reaksi berdasarkan teori tumbukan
|
6 JP
|
3.13 Menganalisis orde
reaksi dan persamaan laju reaksi berdasarkan data percobaan yang diberikan
|
3.13
Merumuskan persamaan laju reaksi berdasarkan
perhitungan orde dari data percobaan yang diberikan.
|
6 JP
|
3.14 Memahami proses
reaksi kesetimbangan yang diterapkan pada proses reaksi kimia di industri
|
3.14
Menghitung tetapan kesetimbangan (Kc dan Kp) pada proses reaksi kimia di industri
|
9 JP
|
3.15 Menganalisis peranan koloid
dalam kehidupan berdasarkan sifat-sifatnya
|
3.15
Menyajikan hasil analisis peranan koloid dalam kehidupan berdasarkan
sifat sifatnya
|
6 JP
|
TOTAL JAM
|
108 JP
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar