Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) SMK/MAK Kompetensi Keahlian Tata Artistik Teater Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
Mata Pelajaran : Tata Suara
Jam Pelajaran : 420 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Teater
Kompetensi Keahlian : Tata Artistik Teater (C3)
Mata Pelajaran : Tata Suara
Jam Pelajaran : 420 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Teater
Kompetensi Keahlian : Tata Artistik Teater (C3)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Seni Teater pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Seni Teater. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Seni Teater pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Seni Teater. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menjelaskan peralatan dan perlengkapan tata
suara
|
4.1 Menyeleksi peralatan dan perlengkapan tata
suara
|
3.2 Menjelaskan jenis dan karakter microphone
|
4.2 Membedakan jenis dan karakter microphone
|
3.3 Mendeskripsikan karakteristik,
sumber dan
jenis bunyi
|
4.3 Membedakan karakteristik, sumber dan jenis
bunyi
|
3.4 Menerapkan instalasi sound
system
|
4.4 Melaksanakan instalasi sound system
|
3.5 Menentukan tata suara untuk
play back sound
|
4.5 Melaksanakan tata suara untuk play back
sound
|
3.6 Mendeskripsikan proses dasar recording
|
4.6 Menyalin data proses dasar recording
|
3.7 Menerapkan teknik digital recording
|
4.7 Melaksanakan teknik digital recording
|
3.8 Menganalisis proses studio recording
|
4.8 Menyaji data proses studio recording
|
3.9 Menganalisis penataan sound
system untuk
pertunjukan live
|
4.9 Melaksanakan penataan sound system untuk
pertunjukan live
|
3.10
Menerapkan
teknik digital
recording untuk
drama
|
4.10
Melaksanakan
digital recording untuk drama
|
3.11
Membedakan
karakter bunyi
dan suara
|
4.11
Menyaji
data karakter bunyi dan suara
|
3.12
Mengukur
frekuensi pada
setiap
instrumen penghasil bunyi dan suara
|
4.12
Menyaji
data frekuensi pada setiap instrumen penghasil bunyi dan suara
|
3.13 Menafsir hasil rekaman
bunyi dan suara untuk keperluan pementasan
|
4.13 Menyaji
data penafsiran hasil rekaman bunyi dan suara untuk keperluan pementasan
|
3.14 Menerapkan teknik
pembuatan efek bunyi/suara untuk
keperluan
pementasan
|
4.14
Melaksanakan
pembuatan efek bunyi/suara untuk keperluan pementasan
|
3.15
Menguraikan
rancangan tata
suara dalam
teater
|
4.15
Menyaji
data tata suara dalam teater
|
3.16 Menerapkan
teknik tata suara
pementasan
sesuai plot
|
4.16
Mengoperasikan
tata suara pementasan berdasar plot
|
3.17
Menganalisis
tata suara dalam
produksi teater
|
4.17
Melaksanakan
tata suara dalam produksi teater
|
3.18 Mengevaluasi pola kerja
tata suara dalam produksi teater
|
4.18 Menyaji
data pola kerja tata suara dalam produksi teater
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar