Sabtu, 25 November 2017

Tata Suara Tata Artistik Teater Revisi 2017

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) SMK/MAK Kompetensi Keahlian Tata Artistik Teater Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
Mata Pelajaran : Tata Suara
Jam Pelajaran : 420 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Seni dan Industri Kreatif
Program Keahlian : Seni Teater
Kompetensi Keahlian : Tata Artistik Teater (C3)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Seni Teater pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Seni Teater. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR
3.1    Menjelaskan peralatan dan perlengkapan tata suara

4.1    Menyeleksi peralatan dan perlengkapan tata suara
3.2    Menjelaskan jenis dan karakter microphone

4.2    Membedakan jenis dan karakter microphone
3.3    Mendeskripsikan  karakteristik,
sumber dan jenis bunyi

4.3    Membedakan karakteristik, sumber dan jenis bunyi
3.4    Menerapkan instalasi sound
system

4.4    Melaksanakan instalasi sound system
3.5    Menentukan tata suara untuk
play back sound

4.5    Melaksanakan tata suara untuk play back sound
3.6    Mendeskripsikan proses dasar recording

4.6    Menyalin data proses dasar recording
3.7     Menerapkan teknik digital recording

4.7    Melaksanakan teknik digital recording
3.8    Menganalisis proses studio recording

4.8    Menyaji data proses studio recording
3.9    Menganalisis penataan sound
system untuk pertunjukan live

4.9    Melaksanakan penataan sound system untuk pertunjukan live
3.10  Menerapkan teknik digital
recording untuk drama

4.10  Melaksanakan digital recording untuk drama
3.11  Membedakan karakter bunyi
dan suara

4.11  Menyaji data karakter bunyi dan suara
3.12  Mengukur frekuensi pada
setiap instrumen penghasil bunyi dan suara

4.12  Menyaji data frekuensi pada setiap instrumen penghasil bunyi dan suara
3.13  Menafsir hasil rekaman bunyi dan suara untuk keperluan pementasan

4.13  Menyaji data penafsiran hasil rekaman bunyi dan suara untuk keperluan pementasan
3.14  Menerapkan teknik pembuatan efek bunyi/suara untuk
keperluan pementasan

4.14  Melaksanakan pembuatan efek bunyi/suara untuk keperluan pementasan
3.15  Menguraikan rancangan tata
suara dalam teater

4.15  Menyaji data tata suara dalam teater
3.16  Menerapkan teknik tata suara
pementasan sesuai plot

4.16  Mengoperasikan tata suara pementasan berdasar plot
3.17  Menganalisis tata suara dalam
produksi teater

4.17  Melaksanakan tata suara dalam produksi teater
3.18  Mengevaluasi pola kerja tata suara dalam produksi teater

4.18  Menyaji data pola kerja tata suara dalam produksi teater

Tidak ada komentar:

Posting Komentar