Mata Pelajaran : Pembentukan dengan Teknik Putar Centering
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Keramik (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Keramik (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Keramik pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Keramik Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Keramik pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Keramik Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT
KOMPETENSI
|
SKEMA
SERTIFIKASI
|
3.1 Menerapkan formula tanah liat
|
4.1
Menyusun
formula tanah liat
|
8
|
Menyiapkan Clay-body Dari Lempung Alam Secara Masinal Basah
|
Pengolahan Bahan
|
3.2 Memahami Prosedur K3 dalam proses
produksi keramik
|
4.2
Melaksanakan prosedur K3 dalam proses
produksi keramik
|
8
|
||
3.3 Menerapkan tahapan pengolahan tanah liat secara
masinal
|
4.3
Mengolah
clay body massa plastis secara masinal
|
28
|
KRA.KRM.002
(1) A
Menyiapkan
Clay-body Dari Lempung Alam Secara Masinal Basah
|
Pengolahan Bahan
|
3.4 Menganalisis hasil pengolahan tanah liat secara masinal
|
4.4
Menyajikan hasil pengolahan clay body massa plastis secara masinal
|
12
|
||
4.5 Membuat benda keramik dengan teknik putar centering, (bentuk-bentuk dasar)
|
72
|
KRA.KRM.011 (1) A
Membentuk dengan teknik putar centering
|
Pembentukan Benda Keramik
|
|
3.6 Menerapkan prosedur dekorasi pembentukan teknik marbling
|
4.6
Membuat
dekorasi
pembentukan teknik marbling dengan
teknik putar centering
|
16
|
Usulan:
dekorasi
pembentukan teknik marbling
|
Dekorasi Benda Keramik
|
3.7 Menganalisis proses pembentukan keramik dengan teknik putar centering (bentuk-bentuk
dasar)
|
4.7
Menyajikan hasil analisis pembentukan keramik teknik putar centering (bentuk-bentuk
dasar)
|
32
|
KRA.KRM.011
(1) A
Membentuk
dengan teknik putar centering
|
Pembentukan Benda Keramik
|
4.8 Menyajikan
hasil
analisis penerapan dekorasi pada benda keramik teknik putar centering
|
12
|
KRA.KRM.011 (1) A
Membentuk dengan teknik putar centering
|
Pembentukan Benda Keramik
|
|
24
|
||||
32
|
||||
3.11 Menganalisis hasil penerapan glasir pada benda keramik
|
4.11 Menyajikan hasil analisis penerapan glasir pada benda keramik
|
8
|
||
3.12 Mengevaluasi proses pembakaran benda keramik
biskuit dan glasir
|
4.12 Menyajikan hasil evaluasi proses pembakaran benda
keramik biskuit dan glasir
|
12
|
C.239230.012.01
Melakukan Pengujian Mutu pada
Keramik Sanitary
|
Pembakaran Benda Keramik dan Pengujian Kualitas
|
3.13 Menerapkan proses pembakaran benda keramik biskuit dan glasir
|
4.13 Melaksanakan proses pembakaran benda keramik biscuit dan glasir
|
24
|
Mengoperasikan tungku bahan bakar gas
|
Pembakaran Benda Keramik dan Pengujian Kualitas
|
3.14 Mengevaluasi hasil pembakaran benda keramik biskuit dan glasir
|
4.14 Menyajikan hasil evaluasi hasil pembakaran benda keramik biskuit dan glasir
|
12
|
KRA.KRM.021
(1) A
Mengoperasikan
tungku bahan bakar gas
|
Pembakaran Benda Keramik dan Pengujian Kualitas
|
3.15 Menerapkan proses pembentukan benda keramik lanjutan (tea set) dengan teknik putar centering
|
4.15
Membuat
benda keramik lanjutan (tea
set) dengan teknik putar centering
|
92
|
KRA.KRM.011
(1) A
Membentuk
dengan teknik putar centering
|
Pembentukan Benda Keramik
|
3.16 Menganalisis penerapan teknik dan bentuk dekorasi pada benda keramik (tea set)
|
4.16 Melakukan penerapan teknik dan bentuk dekorasi pada benda (tea set)
|
42
|
KRA.KRM.017
(1) A
Menerapkan
dekorasi clay-body leather hard
teknik carving (ukir)
|
Dekorasi Benda Keramik
|
4.17 Membuat
resep glasir
keramik bakaran menengah
|
32
|
|||
3.18 Menerapkan prosedur penerapan glasir pada benda keramik
|
4.18 Melaksanakan
prosedur penerapan glasir pada benda keramik
|
64
|
||
3.19 Mengevaluasi hasil penerapan glasir bakaran menegah pada benda keramik
|
4.19
Menyajikan hasil evaluasi penerapan glasir bakaran menegah pada benda keramik
|
12
|
||
3.20 Memahami proses pembakaran benda keramik biskuit
dan glasir
|
4.20
Mempresenikan proses pembakaran benda keramik biskuit dan
glasir
|
12
|
KRA.KRM.021
(1) A
Mengoperasikan
tungku bahan bakar gas
|
Pembakaran Benda Keramik dan Pengujian Kualitas
|
3.21 Menerapkan proses pembakaran benda keramik biskuit dan glasir
|
4.21 Melaksanakan proses pembakaran benda keramik biskuit dan glasir
|
32
|
||
3.22 Mengevaluasi hasil pembakaran benda keramik biskuit dan glasir
|
4.22
Menyajikan hasil evaluasi hasil pembakaran benda keramik biskuit dan glasir
|
8
|
||
Jumlah Jam Pelajaran (JP)
|
594
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar