Mata Pelajaran : Pembentukan dengan Teknik Langsung
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Keramik (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Seni dan Desain Kriya
Program Keahlian : Desain dan Produk Kreatif Kriya
Kompetensi Keahlian : Kriya Kreatif Keramik (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Keramik pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Keramik Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kriya Kreatif Keramik pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kriya Kreatif Keramik Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT
KOMPETENSI
|
SKEMA
SERTIFIKASI
|
3.1
Memahami
asal usul terbentuknya tanah liat
|
4.1 Mempresentasikan asal-usul terbentuknya tanah liat (lempung)
|
4
|
KRA.KRM.002
(1) A
Menyiapkan
Clay-body dari lempung alam secara manual basah
|
Pengolahan Bahan
|
3.2
Menerapkan Prosedur K3 dalam proses produksi keramik
|
4.2 Melaksanakan prosedur K3
dalam proses produksi keramik
|
4
|
C.239310.002.01
Melakukan Kegiatan Keselamatan dan
Kesehatan Kerja (K3)
|
Keselamatan kerja
|
3.3
Memahami
jenis, sifat, dan fungsi clay body dan bahan lain
|
4.3 Mempresentasikan berbagai jenis, sifat dan fungsi tanah liat dan bahan lain
|
4
|
KRA.KRM.002
(1) A
Menyiapkan
Clay-body dari lempung alam secara manual basah
|
Pengolahan Bahan
|
3.4
Menerapkan
prosedur penyiapan bahan baku clay
body secara manual
|
4.4 Mengolah bahan baku clay body massa plastis secara manual sesuai prosedur
|
12
|
||
3.5
Mengevaluasi pengolahan bahan baku clay body massa
plastis
|
4.5 Menyajikan hasil evaluasi pengolahan bahan baku clay body massa plastis
|
6
|
||
3.6
Menerapkan pembentukan teknik pijit (pinch)
|
4.6 Membentuk benda keramik dengan teknik
pijit (pinch)
|
32
|
KRA.KRM.008
(1) A
Membentuk
dengan teknik pijit
|
Pembentukan Benda Keramik
Dekorasi Benda Keramik
|
3.7
Menerapkan prosedur pembuatan dekorasi clay body lather hard teknik gosok (burnishing) pada benda hasil
pembentukan teknik pijit(pinch)
|
4.7
Membuat dekorasi keramik dengan teknik gosok (burnishing) pada benda hasil pembentukan teknik pijit(pinch)
|
4
|
KRA.KRM.019
(1) A
Menerapkan
dekorasi Clay-body leather hard teknik burnish (gosok)
|
|
3.8
Menerapkan
pembentukan teknik pilin (coil)
|
4.8 Membentuk benda keramik teknik pilin (coil)
|
32
|
KRA.KRM.009
(1) A
Membentuk
dengan teknik pilin (coil)
|
Pembentukan Benda Keramik
|
3.9
Menerapkan
prosedur pembentukan teknik lempeng (slab)
|
4.9 Membentuk benda keramik teknik lempeng (slab)
|
24
|
KRA.KRM.010(1)
A
Membentuk
dengan teknik lempeng (slab)
|
Pembentukan Benda Keramik
|
3.10 Menganalisis pembuatan dekorasi clay body leather hard teknik terawang (piercing) pada benda hasil pembentukan teknik lempeng (slab)
|
4.10 Membuat dekorasi keramik dengan teknik piercing pada benda hasil pembentukan
teknik lempeng (slab)
|
4
|
KRA.KRM.018
(1) A Menerapkan dekorasi clay-body leather hard teknik piercing (terawang)
|
Dekorasi Benda Keramik
|
3.11 Mengevaluasi hasil pembentukan benda
keramik dengan teknik langsung
|
4.11 Menyajikan hasil evaluasi pembentukan benda keramik dengan teknik langsung
|
4
|
Pembentukan Benda Keramik
|
|
3.12 Menganalisis pembakaran biskuit hasil produksi
benda keramik dengan teknik langsung
|
4.12 Melaksanakan proses pembakaran biskuit benda
keramik dengan teknik langsung
|
14
|
KRA.KRM.021
(1) A Mengoperasikan tungku bahan bakar gas
|
Pembakaran Benda Keramik dan Pengujian Kualitas
|
3.13 Menerapkan prosedur pembentukan teknik pijit (pinch)
|
4.13 Membentuk benda keramik teknik pijit (pinch) secara presisi
|
42
|
KRA.KRM.008
(1) A
Membentuk
dengan teknik pijit
|
Pembentukan Benda Keramik
|
3.14 Menerapkan prosedur
pembuatan dekorasi clay body plastis teknik impressing pada benda hasil
pembentukan teknik pijit (pinch)
|
4.14 Membuat dekorasi keramik dengan teknik impressing pada benda hasil
pembentukan teknik pijit (pinch)
|
4
|
KRA.KRM.016
(1) A Menerapkan dekorasi clay-body plastis
(impress dan relief)
|
Dekorasi Benda Keramik
|
3.15 Menerapkan prosedur pembentukan teknik pilin (coil)
|
4.15 Membentuk benda keramik teknik pilin (coil) secara presisi
|
42
|
KRA.KRM.009
(1) A
Membentuk
dengan teknik pilin (coil)
|
Pembentukan Benda Keramik
|
3.16 Menerapkan prosedur
pembuatan dekorasi clay body plastis teknik relief pada
benda hasil pembentukan teknik pilin (coil)
|
4.16 Membuat dekorasi keramik dengan teknik relief
pada benda hasil pembentukan teknik pilin(coil)
|
4
|
KRA.KRM.016
(1) A
Menerapkan
dekorasi clay-body plastis (impress
dan relief)
|
Dekorasi Benda Keramik
|
3.17 Menerapkan prosedur pembentukan teknik lempeng (slab)
|
4.17 Membentuk benda keramik teknik lempeng (slab) sesuai gambar kerja
|
42
|
KRA.KRM.010(1)
A
Membentuk
dengan teknik lempeng (slab)
|
Pembentukan Benda Keramik
|
3.18 Menerapkan dekorasi clay body plastis dengan teknik combing
|
4.18 Membuat dekorasi clay body plastis dengan teknik combing pada benda hasil pembentukan teknik lempeng (slab)
|
24
|
KRA.KRM.015
(1) A
Menerapkan
dekorasi clay-body plastis (faceting,
combing)
|
Dekorasi Benda Keramik
|
3.19 Mengevaluasi hasil dekorasi pada benda keramik
|
4.19 Mempresentasikan hasil evaluasi teknik dan dekorasi benda keramik
|
4
|
||
3.20 Mengevaluasi hasil produksi pembentukan langsung
benda keramik
|
4.20 Menyajikan hasil evaluasi produksi pembentukan
langsung benda keramik
|
4
|
Pembentukan Benda Keramik
|
|
3.21 Menerapkan penyusunan benda keramik di dalam tungku
|
4.21 Menyusun benda
keramik di dalam tungku
|
9
|
KRA.KRM.020
(1) A
Menyusun
benda dan membongkar benda di tungku
|
Pembakaran Benda Keramik dan Pengujian Kualitas
|
3.22 Menerapkan pembongkaran benda keramik di dalam tungku
|
4.22 Membongkar benda keramik di dalam tungku
|
9
|
||
3.23 Menerapkan prosedur pembakaran biskuit benda
keramik
|
4.23 Membakar biskuit benda keramik
|
24
|
KRA.KRM.021
(1) A
Mengoperasikan
tungku bahan bakar gas
|
Pembakaran Benda Keramik dan Pengujian Kualitas
|
3.24 Mengevaluasihasil pembakaran biskuit benda keramik
|
4.24 Menyajikan hasil evaluasi pembakaran biskuit benda keramik
|
8
|
C.239230.012.01
Melakukan Pengujian Mutu pada
Keramik Sanitary
|
|
Jumlah Jam Pelajaran (JP)
|
360
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar