Mata Pelajaran : Otomatisasi Tata Kelola Keuangan
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Memahami konsep
administrasi keuangan
|
4.1 Mempresentasikan konsep
administrasi keuangan
|
18
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.2
Memahami kebijakan pengelolaan keuangan
|
4.2 Mempresentasikan kebijakan
pengelolaan keuangan
|
18
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.3 Memahami konsep perencanaan
keuangan/anggaran
|
4.3 Mempresentasikan konsep perencanaan
keuangan/anggaran
|
24
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.4
Menerapkan pembuatan dokumen perencanaan anggaran
|
4.4 Membuat dokumen perencanaan anggaran
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.5 Menerapkan prosedur
penerimaan anggaran
|
4.5 Mensimulasikan
kegiatan penerimaan anggaran
|
18
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.6 Menerapkan pembuatan
dokumen penerimaan anggaran
|
4.6 Membuat
dokumen penerimaan anggaran
|
30
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.7 Menerapkan prosedur
penggunaan anggaran
|
4.7 Melaksanakan
prosedur penggunaan anggaran
|
18
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.8 Menerapkan pembuatan
dokumen penggunaan keuangan kantor
|
4.8 Membuat dokumen
penggunaan keuangan kantor
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.9 Memahami konsep
pembuatan laporan keuangan
|
4.9 Mempresentasikan
pembuatan laporan keuangan
|
18
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.10
Menerapkan pembuatan dokumen laporan keuangan
|
4.10 Membuat dokumen laporan
keuangan
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.11
Menerapkan penyimpanan dokumen keuangan
|
4.11 Melaksanakan penyimpanan
dokumen keuangan
|
24
|
ADM.PK02.013.01
Mengelola dan menjaga sistem kearsipan
(Tidak ada dalam skema, ada dalam SKKNI) |
Tidak Ada
|
3.12 Memahami konsep dana kas
kecil
|
4.12 Menyajikan konsep dana
kas kecil
|
24
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.13 Menerapkan prosedur
pengajuan dana kas kecil
|
4.13 Melaksanakan prosedur
pengajuan dana kas kecil
|
18
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.14 Menganalisis pembuatan
dokumen bukti pengelolaan dana kas kecil
|
4.14 Membuat dokumen bukti
pengelolaan dana kas kecil
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.15 Menerapkan pembuatan
laporan dana kas kecil dengan Metode Imprest
|
4.15 Membuat laporan dana kas kecil dengan Metode Imprest
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.16 Menerapkan pembuatan
laporan dana kas kecil dengan Metode Fluktuasi
|
4.16 Membuat laporan dana kas kecil dengan Metode Fluktuasi
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.17
Menerapkan penyimpanan dokumen pengelolaan dana kas kecil
|
4.17 Melaksanakan penyimpanan
dokumen pengelolaan dana kas kecil
|
24
|
ADM.PK02.013.01
Mengelola dan menjaga sistem kearsipan (Tidak
ada dalam skema, ada dalam SKKNI)
|
Tidak Ada
|
3.18 Mengevaluasi pengelolaan
dana kas kecil
|
4.18 Membuat laporan pengelolaan
dana kas kecil
|
18
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.19
Menerapkan aplikasi otomatisasi dalam mengelola administrasi keuangan
|
4.19 Melaksakan aplikasi otomatisasi
dalam mengelola administrasi keuangan
|
24
|
ADM.PK02.001.01
Mengoperasikan
aplikasi perangkat lunak
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
JUMLAH JAM
|
420
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar