Mata Pelajaran : Otomatisasi Tata Kelola Kepegawaian
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Memahami konsep administrasi kepegawaian
|
4.1 Mempresentasikan
konsep administrasi kepegawaian
|
12
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.2 Memahami regulasi tentang ketenagakerjaan/ kepegawaian
|
4.2 Mempresentasikan regulasi tentang ketenagakerjaan/ kepegawaian
|
24
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.3 Menerapkan prosedur pengadaan pegawai
|
4.3 Mensimulasikan
pengadaan pegawai
|
24
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.4 Menerapkan pembuatan dokumen pengadaan pegawai
|
4.4 Membuat dokumen pengadaan pegawai
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
|
3.5
Memahami konsep hubungan insdustrial
|
4.5 Mempresentasikan
konsep hubungan insdustrial
|
12
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.6
Menerapkan pembuatan dokumen hubungan insdustrial
pegawai
|
4.6 Membuat dokumen hubungan
insdustrial pegawai
|
18
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
|
3.7
Memahami konsep mutasi pegawai
|
4.7 Mempresentasikan
konsep mutasi pegawai
|
12
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.8 Menerapkan pembuatan dokumen mutasi pegawai
|
4.8 Membuat dokumen mutasi pegawai
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
|
3.9
Menganalisis kepangkatan pegawai
|
4.9 Menyusun daftar urut kepangkatan
(DUK) pegawai
|
12
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.10
Menerapkan pembuatan dokumen daftar urut kepangkatan (DUK) pegawai
|
4.10 Membuat dokumen daftar urut
kepangkatan (DUK) pegawai
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
|
3.11
Memahami konsep pengembangan pegawai
|
4.11 Mempresentasikan
konsep pengembangan
pegawai
|
12
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.12
Menerapkan pembuatan dokumen pengembangan pegawai
|
4.12 Membuat dokumen
pengembangan pegawai
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
|
3.13
Memahami konsep upah/gaji pegawai
|
4.13 Mempresentasikan konsep
upah/gaji pegawai
|
7
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.14
Menerapkan pembuatan dokumen keuangan pegawai
|
4.14 Membuat dokumen keuangan
pegawai
|
21
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.15
Memahami konsep kesejahteraan pegawai
|
4.15 Mempresentasikan konsep
kesejahteraan pegawai
|
7
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.16
Menerapkan pembuatan dokumen kesejahteraan pegawai
|
4.16 Membuat dokumen kesejahteraan
pegawai
|
21
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
|
3.17
Memahami konsep cuti pegawai
|
4.17 Mempresentasikan konsep cuti pegawai
|
7
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.18
Menerapkan pembuatan dokumen cuti pegawai
|
4.18 Membuat dokumen cuti pegawai
|
21
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
|
3.19
Memahami konsep penilaian pegawai
|
4.19 Mempresentasikan konsep
penilaian pegawai
|
14
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.20
Menerapkan pembuatan dokumen penilaian pegawai
|
4.20 Membuat dokumen penilaian pegawai
|
21
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.21
Menerapkan penyimpanan dokumen perorangan pegawai
|
4.21 Melakukan
penyimpanan dokumen
perorangan pegawai
|
14
|
ADM.PK02.013.01
Mengelola dan menjaga sistem kearsipan
(Tidak ada dalam skema, ada dalam SKKNI)
|
Tidak Ada
|
3.22
Memahami konsep pemberhentian pegawai
|
4.22 Menyajikan konsep pemberhentian
pegawai
|
21
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.23
Menerapkan pembuatan dokumen pemberhentian pegawai
|
4.23 Membuat dokumen pemberhentian pegawai
|
21
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
|
3.24
Menerapkan penyimpanan dokumen kepegawaian
|
4.24 Melakukan penyimpanan dokumen kepegawaian
|
24
|
ADM.PK02.013.01
Mengelola dan menjaga sistem kearsipan
(Tidak ada dalam skema, ada dalam SKKNI)
|
Tidak Ada
|
3.25
Mengevaluasi pengelolaan administrasi kepegawaian
|
4.25 Membuat
laporan pengelolaan administrasi
kepegawaian
|
14
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.26
Menerapkan aplikasi otomatisasi dalam mengelola administrasi kepegawaian
|
4.26 Melaksakan aplikasi otomatisasi
dalam mengelola administrasi kepegawaian
|
18
|
ADM.PK02.001.01 Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
JUMLAH JAM
|
454
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar