Mata Pelajaran : Otomatisasi Tata Kelola Sarana dan Prasarana
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Manajemen Perkantoran
Kompetensi Keahlian : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Memahami konsep
administrasi sarana dan sarana
|
4.1
Mempresentasikan konsep administrasi sarana dan
prasarana
|
18
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.2
Memahami konsep perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana
|
4.2 Mempresentasikan konsep perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana
|
24
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.3 Menerapkan pembuatan dokumen perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana
|
4.3
Membuat dokumen perencanaan kebutuhan sarana dan prasarana
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.4 Memahami konsep
pengadaan sarana dan prasarana
|
4.4
Mempresentasikan konsep pengadaan sarana dan
prasarana
|
18
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.5 Menerapkan pembuatan dokumen pengadaan sarana dan prasarana
|
4.5
Membuat dokumen pengadaan sarana dan prasarana
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.6 Menerapkan prosedur pendistribusian sarana dan prasarana
|
4.6
Mensimulasikan kegiatan pendistribusian sarana dan prasarana
|
24
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.7 Menerapkan pembuatan dokumen pendistribusian sarana dan prasarana
|
4.7
Membuat dokumen pendistribusian sarana dan prasarana
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
|
3.8 Menerapkan prosedur
inventarisasi sarana dan prasarana
|
4.8
Mensimulasikan kegiatan inventarisasi sarana dan
prasarana
|
24
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.9 Menerapkan pembuatan dokumen inventarisasi sarana dan prasarana
|
4.9
Membuat dokumen inventarisasi sarana dan prasarana
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.10
Menerapkan prosedur penggunaan sarana dan prasarana
|
4.10
Mensimulasikan kegiatan penggunaan
sarana dan prasarana
|
24
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.11
Menerapkan pembuatan dokumen penggunaan
sarana dan prasarana
|
4.11
Membuat dokumen penggunaan
sarana dan prasarana
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.12
Menerapkan prosedur pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana
|
4.12
Melakukan pemeliharaan dan perawatan sarana dan prasarana
|
18
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.13
Menerapkan pembuatan dokumen pemeliharaan dan
perawatan sarana dan prasarana
|
4.13
Membuat dokumen pemeliharaan dan perawatan sarana
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.14
Menerapkan prosedur penghapusan sarana dan prasarana
|
4.14
Mensimulasikan kegiatan penghapusan sarana dan prasarana
|
18
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
3.15
Menerapkan pembuatan dokumen penghapusan sarana
dan prasarana
|
4.15
Membuat dokumen penghapusan sarana dan prasarana
|
18
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.16
Menerapkan pembuatan dokumen data statistik jumlah sarana dan prasarana
|
4.16
Membuat data statistik jumlah sarana dan prasarana
|
24
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.17
Menerapkan penyimpanan dokumen sarana dan prasarana
|
4.17 Melaksanakan penyimpanan
dokumen sarana dan prasarana
|
24
|
ADM.PK02.013.01 Mengelola dan menjaga sistem kearsipan
(Tidak ada dalam skema, ada dalam SKKNI) |
Tidak Ada
|
3.18
Mengevaluasi pengelolaan administrasi sarana dan
prasarana
|
4.18 Membuat laporan administrasi
sarana dan prasarana
|
18
|
ADM.PK02.004.01 Memproduksi dokumen di Komputer
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
3.19
Menerapkan aplikasi otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana kantor
|
4.19
Mengoperasikan aplikasi otomatisasi tata kelola sarana dan prasarana
kantor
|
24
|
ADM.PK02.001.01
Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
|
Correspondence
(Tidak Cocok) |
JUMLAH JAM
|
420
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar