Mata Pelajaran : Desain Media Interaktif
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Multimedia (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Multimedia (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja MULTIMEDIA pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja MULTIMEDIA. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja MULTIMEDIA pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja MULTIMEDIA. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
1.1. Memahami konsep
multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
|
1.1. Mendemontrasikan
konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
|
36
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
1.2. Memahami (desain/perancangan alur) untuk multimedia interaktif berbasis
halaman web dan media interaktif
|
1.2. Membuat (desain/perancangan alur) untuk multimedia
interaktif berbasis halaman web dan media interaktif.
|
12
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
1.3.
Menerapkan prinsip-prinsip desain user interface pada multimedia
interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
|
1.3. Membuat user
interface menggunakan prinsip-prinsip desain user interface pada multimedia
interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
|
36
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
1.4. Menerapkan
prosedur pengoperasian aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman web
dan media interaktif
|
1.4. Mengoperasikan
aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
|
12
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
1.5. Menerapkan cara
penggabungan image, animasi, audio, video dalam sajian multimedia interaktif
berbasis halaman web dan media interaktif
|
1.5. Menggabungkan
image, animasi, audio, video dalam sajian multimedia interaktif berbasis
halaman web dan media interaktif
|
66
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
1.6. Memahami style
pada multimedia interaktif berbasis
halaman web dan media interaktif
|
1.6. Membuat style
pada multimedia interaktif berbasis halaman
web dan media interaktif
|
48
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
1.7. Mengevaluasi
produk web
|
1.7. Membuat review
terhadap produk web
|
6
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
|
|
|
|
|
1.8. Menerapkan teknik pemrograman (coding)
pada multimedia interaktif
|
1.8. Menggunakan program (coding)
pada multimedia interaktif
|
48
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
1.9. Menerapkan
pengolahan multimedia interaktif menggunakan kode program (coding)
|
1.9. Mengolah
multimedia interaktif menggunakan kode program (coding)
|
36
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
1.10. Memahami
mekanisme pengolahan data pada produk multimedia interaktif
|
1.10. Mengolah data
pada produk multimedia interaktif
|
36
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
1.11. Memahami
publikasi multimedia interaktif
|
1.11. Melakukan
publikasi multimedia interaktif
|
12
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
1.12. Menerapkan
pembuatan produk multimedia interaktif
|
1.12. Mendesain produk
multimedia interaktif
|
48
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
1.13. Mengevaluasi
produk media interaktif
|
1.13. Membuat laporan pembuatan
produk multimedia interaktif
|
12
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar