Selasa, 07 Agustus 2018

Desain Media Interaktif - Multimedia

Mata Pelajaran : Desain Media Interaktif
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Multimedia (3 Tahun)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja MULTIMEDIA pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja MULTIMEDIA. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
1.1.      Memahami konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
1.1.      Mendemontrasikan konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
36

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
1.2.      Memahami  (desain/perancangan alur)  untuk multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
1.2.      Membuat  (desain/perancangan alur) untuk multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif.
12

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
1.3.    Menerapkan prinsip-prinsip desain user interface pada multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
1.3.      Membuat user interface menggunakan prinsip-prinsip desain user interface pada multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
36

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
1.4.      Menerapkan prosedur pengoperasian aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
1.4.      Mengoperasikan aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
12

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
1.5.      Menerapkan cara penggabungan image, animasi, audio, video dalam sajian multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
1.5.      Menggabungkan image, animasi, audio, video dalam sajian multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
66

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
1.6.      Memahami style pada  multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
1.6.      Membuat style pada  multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
48

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
1.7.     Mengevaluasi produk web
1.7.     Membuat review terhadap produk web
6

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan





1.8.      Menerapkan  teknik pemrograman  (coding) pada  multimedia interaktif
1.8.      Menggunakan  program (coding) pada  multimedia interaktif
48

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
1.9.      Menerapkan pengolahan multimedia interaktif menggunakan kode program (coding)
1.9.      Mengolah multimedia interaktif menggunakan kode program (coding)
36

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
1.10.      Memahami mekanisme pengolahan data pada produk multimedia interaktif
1.10.      Mengolah data pada produk multimedia interaktif
36

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
1.11.      Memahami publikasi multimedia interaktif
1.11.      Melakukan publikasi multimedia interaktif
12

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
1.12.      Menerapkan pembuatan produk multimedia interaktif
1.12.      Mendesain produk multimedia interaktif
48

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
1.13.     Mengevaluasi produk media interaktif
1.13.     Membuat laporan pembuatan produk multimedia interaktif
12

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar