Selasa, 07 Agustus 2018

Desain Grafis Percetakan - Multimedia

Mata Pelajaran : Desain Grafis Percetakan
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Multimedia (3 Tahun)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja MULTIMEDIA pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja MULTIMEDIA. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1   Menerapkan dasar dasar desain grafis dan nirmana

4.1   Membuat desain dengan menerapkan dasar-dasar desain grafis dan nirnama
12
TIK.MM01.004.01
Memperagakan pengetahuan dan syarat syarat multimedia
Pengolahan Obyek Multimedia
3.2   Menerapkan tipografi sesuai media
4.2   Membuat desain menggunakan tipografi yang tepat
12
TIK.MM01.004.01
Memperagakan pengetahuan dan syarat syarat multimedia
Pengolahan Obyek Multimedia
3.3   Menerapkan prinsip gambar sketsa dan illustrasi
4.3   Menggambar sketsa dan illustrasi
36
TIK.MM01.004.01
Memperagakan pengetahuan dan syarat syarat multimedia
Pengolahan Obyek Multimedia
3.4   Menerapkan prinsip gambar bentuk dan perspektif
4.4   Menggambar bentuk dan perspektif
30
TIK.MM01.004.01
Memperagakan pengetahuan dan syarat syarat multimedia
Pengolahan Obyek Multimedia
3.5   Menerapkan penggabungan gambar dan teks yang berbasis vektor
4.5   Menggabungkan gambar dan teks yang berbasis vektor
48
TIK.OP02.019.01
Mengoperasikan piranti lunak pengolah gambar vector
Pengolahan Visualisasi Multimedia
3.6   Menganalisis pemberian efek pada gambar vektor
4.6   Mendesain  efek pada gambar vektor
24
TIK.OP02.019.01
Mengoperasikan piranti lunak pengolah gambar vector
Pengolahan Visualisasi Multimedia
3.7   Menganalisis penggabungan gambar dan teks yang berbasis bitmap
4.7  Menggabungkan gambar dan teks yang berbasis bitmap
36
TIK.MM02.032.01
Membuat, memanipulasi, dan menggabung gambar 2D
Pengolahan Visualisasi Multimedia
3.8   Menganalisis pemberian efek pada gambar bitmap
4.8   Mendesain efek pada gambar bitmap 
12
TIK.MM02.053.01
Membuat dan memanipulasi gambar-gambar digital
Pengolahan Visualisasi Multimedia
3.9   Mengevaluasi Desain berbasis Bitmap dan Vector
3.9   Membuat review Desain berbasis Bitmap dan Vector
6
TIK.MM02.053.01
Membuat dan memanipulasi gambar-gambar digital

TIK.OP02.019.01
Mengoperasikan piranti lunak pengolah gambar vector
Pengolahan Visualisasi Multimedia





3.10 Menganalisis ilmu Fotografi
4.10 Mengembangkan  referensi gambar sesuai ilmu  Fotografi
12
 TIK.MM02.071.01
Menggabungkan Fotografi Digital ke Dalam Sajian Multimedia
Pengolahan Visualisasi Multimedia
3.11 Memahami  jenis-jenis kamera dan alat bantu fotografi
4.11 Mengoperasikan jenis-jenis kamera dan alat bantu fotografi
12
TIK.MM01.005.01
Mengidentifikasi komponen multimedia
Pengolahan Obyek Multimedia
3.12 Menerapkan pengoperasian kamera digital dan perawatan peralatan fotografi
4.12 Mengoperasikan kamera digital dan perawatan peralatan fotografi
12
TIK.MM01.005.01
Mengidentifikasi komponen multimedia
Pengolahan Obyek Multimedia
3.13. Menerapkan prosedur  pengukuran bidang pandang dan  sudut pengambilan gambar
4.13. Mengambil gambar sesuai bidang pandang dan sudut pandang
12
TIK.MM02.071.01
Menggabungkan Fotografi Digital ke Dalam Sajian Multimedia
Pengolahan Visualisasi Multimedia
3.14. Menganalisis tata cahaya dalam pengambilan gambar
4.14. Mengatur tata cahaya dalam pengambilan gambar
24
TIK.MM02.071.01
Menggabungkan Fotografi Digital ke Dalam Sajian Multimedia
Pengolahan Visualisasi Multimedia
3.15. Menerapkan prosedur pengambilan gambar dengan teknik zooming dan panning,
4.15. Mengambil gambar dengan teknik    zooming dan panning,
12
TIK.MM02.071.01
Menggabungkan Fotografi Digital ke Dalam Sajian Multimedia
Pengolahan Visualisasi Multimedia
3.16. Menerapkan  prosedur pengambilan gambar dengan teknik bluring
4.16. Mengambil gambar dengan teknik  bluring
12
TIK.MM02.071.01
Menggabungkan Fotografi Digital ke Dalam Sajian Multimedia
Pengolahan Visualisasi Multimedia
3.17. Menganalisis  komposisi gambar dalam fotografi
4.17. Mengambil gambar berdasarkan  komposisi gambar dalam fotografi
36
TIK.MM02.071.01
Menggabungkan Fotografi Digital ke Dalam Sajian Multimedia
Pengolahan Visualisasi Multimedia
3.18. Menganalisis pembuatan karya seni fotografi digital
4.18. Membuat karya seni fotografi digital.
72
TIK.MM02.071.01
Menggabungkan Fotografi Digital ke Dalam Sajian Multimedia
Pengolahan Visualisasi Multimedia
3.19 Mengevaluasi Karya Fotografi
3.9   Membuat Laporan Karya Fotografi
12
TIK.MM02.071.01
Menggabungkan Fotografi Digital ke Dalam Sajian Multimedia
Pengolahan Visualisasi Multimedia
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar