Mata Pelajaran : Desain Grafis Percetakan
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Multimedia (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Multimedia (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja MULTIMEDIA pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja MULTIMEDIA. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja MULTIMEDIA pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja MULTIMEDIA. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Menerapkan dasar dasar desain grafis dan nirmana
|
4.1 Membuat desain dengan
menerapkan dasar-dasar
desain grafis dan nirnama
|
12
|
TIK.MM01.004.01
Memperagakan pengetahuan
dan syarat – syarat
multimedia
|
Pengolahan Obyek Multimedia
|
3.2 Menerapkan tipografi
sesuai media
|
4.2 Membuat desain menggunakan tipografi yang tepat
|
12
|
TIK.MM01.004.01
Memperagakan pengetahuan
dan syarat – syarat
multimedia
|
Pengolahan Obyek Multimedia
|
3.3 Menerapkan prinsip gambar
sketsa dan illustrasi
|
4.3 Menggambar sketsa dan illustrasi
|
36
|
TIK.MM01.004.01
Memperagakan pengetahuan
dan syarat – syarat
multimedia
|
Pengolahan Obyek Multimedia
|
3.4 Menerapkan prinsip gambar bentuk dan perspektif
|
4.4 Menggambar bentuk dan perspektif
|
30
|
TIK.MM01.004.01
Memperagakan pengetahuan
dan syarat – syarat
multimedia
|
Pengolahan Obyek Multimedia
|
3.5 Menerapkan penggabungan gambar
dan teks yang berbasis vektor
|
4.5 Menggabungkan gambar dan teks yang
berbasis vektor
|
48
|
TIK.OP02.019.01
Mengoperasikan piranti lunak
pengolah gambar vector
|
Pengolahan Visualisasi Multimedia
|
3.6 Menganalisis pemberian efek pada gambar vektor
|
4.6 Mendesain efek pada gambar vektor
|
24
|
TIK.OP02.019.01
Mengoperasikan piranti lunak pengolah
gambar vector
|
Pengolahan Visualisasi Multimedia
|
3.7 Menganalisis penggabungan gambar dan teks yang berbasis bitmap
|
4.7 Menggabungkan gambar
dan teks yang berbasis bitmap
|
36
|
TIK.MM02.032.01
Membuat,
memanipulasi, dan menggabung gambar 2D
|
Pengolahan Visualisasi Multimedia
|
3.8 Menganalisis pemberian
efek pada gambar bitmap
|
4.8 Mendesain efek pada gambar bitmap
|
12
|
TIK.MM02.053.01
Membuat
dan memanipulasi gambar-gambar digital
|
Pengolahan Visualisasi Multimedia
|
3.9 Mengevaluasi Desain berbasis Bitmap dan Vector
|
3.9 Membuat review Desain berbasis Bitmap dan
Vector
|
6
|
TIK.MM02.053.01
Membuat
dan memanipulasi gambar-gambar digital
TIK.OP02.019.01
Mengoperasikan piranti lunak
pengolah gambar vector
|
Pengolahan Visualisasi Multimedia
|
|
|
|
|
|
3.10 Menganalisis ilmu Fotografi
|
4.10 Mengembangkan referensi
gambar sesuai ilmu Fotografi
|
12
|
TIK.MM02.071.01
Menggabungkan Fotografi Digital
ke Dalam Sajian Multimedia
|
Pengolahan Visualisasi Multimedia
|
3.11 Memahami jenis-jenis kamera dan alat bantu fotografi
|
4.11 Mengoperasikan jenis-jenis kamera dan alat
bantu fotografi
|
12
|
TIK.MM01.005.01
Mengidentifikasi komponen multimedia
|
Pengolahan Obyek Multimedia
|
3.12 Menerapkan pengoperasian
kamera digital dan perawatan peralatan fotografi
|
4.12 Mengoperasikan kamera
digital dan perawatan peralatan fotografi
|
12
|
TIK.MM01.005.01
Mengidentifikasi komponen multimedia
|
Pengolahan Obyek Multimedia
|
3.13. Menerapkan prosedur pengukuran bidang pandang dan sudut pengambilan gambar
|
4.13. Mengambil gambar sesuai bidang
pandang dan sudut pandang
|
12
|
TIK.MM02.071.01
Menggabungkan Fotografi Digital
ke Dalam Sajian Multimedia
|
Pengolahan Visualisasi Multimedia
|
3.14. Menganalisis tata cahaya
dalam pengambilan gambar
|
4.14. Mengatur tata cahaya dalam pengambilan
gambar
|
24
|
TIK.MM02.071.01
Menggabungkan Fotografi Digital
ke Dalam Sajian Multimedia
|
Pengolahan Visualisasi Multimedia
|
3.15. Menerapkan prosedur pengambilan gambar dengan
teknik zooming dan panning,
|
4.15. Mengambil gambar dengan teknik zooming
dan panning,
|
12
|
TIK.MM02.071.01
Menggabungkan Fotografi Digital
ke Dalam Sajian Multimedia
|
Pengolahan Visualisasi Multimedia
|
3.16. Menerapkan prosedur pengambilan gambar dengan teknik
bluring
|
4.16. Mengambil gambar dengan teknik bluring
|
12
|
TIK.MM02.071.01
Menggabungkan Fotografi Digital
ke Dalam Sajian Multimedia
|
Pengolahan Visualisasi Multimedia
|
3.17. Menganalisis komposisi gambar
dalam fotografi
|
4.17. Mengambil gambar berdasarkan komposisi gambar dalam fotografi
|
36
|
TIK.MM02.071.01
Menggabungkan Fotografi Digital
ke Dalam Sajian Multimedia
|
Pengolahan Visualisasi Multimedia
|
3.18. Menganalisis pembuatan
karya seni fotografi digital
|
4.18. Membuat karya seni fotografi digital.
|
72
|
TIK.MM02.071.01
Menggabungkan Fotografi Digital
ke Dalam Sajian Multimedia
|
Pengolahan Visualisasi Multimedia
|
3.19 Mengevaluasi Karya Fotografi
|
3.9 Membuat Laporan Karya Fotografi
|
12
|
TIK.MM02.071.01
Menggabungkan Fotografi Digital
ke Dalam Sajian Multimedia
|
Pengolahan Visualisasi Multimedia
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar