Selasa, 07 Agustus 2018

Animasi 2D dan 3D - Multimedia

Mata Pelajaran : Animasi 2D dan 3D
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Multimedia (3 Tahun)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja MULTIMEDIA pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja MULTIMEDIA. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1    Memahami prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)
4.1    Menyampaikan  prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)
12
TIK.MM01.004.01
Memperagakan pengetahuan dan syarat syarat multimedia
Pengolahan Obyek Multimedia
3.2    Menerapkan  teknik pembuatan gambar obyek sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D
4.2    Membuat gambar obyek sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D
12
TIK.MM02.032.01
Membuat, memanipulasi, dan menggabung gambar 2D
Pengolahan Obyek Multimedia
3.3    Menerapkan  teknik animasi tweening 2D
4.3    Membuat animasi 2D menggunakan teknik tweening
12
TIK.MM02.032.01
Membuat, memanipulasi, dan menggabung gambar 2D
Pengolahan Obyek Multimedia
3.4    Menerapkan  teknik pembuatan karakter sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D
4.4    Membuat karakter sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D
36
TIK.MM02.070.01
Menggabungkan gambar 2D ke dalam sajian multimedia
Pengolahan Visualisasi Multimedia
3.5    Menganalisis  elemen gambar digital puppeter dalam animasi 2D
4.5    Membuat elemen gambar digital puppeter dalam animasi 2D
24
TIK.MM02.032.01
Membuat, memanipulasi, dan menggabung gambar 2D
Pengolahan Obyek Multimedia
3.6    Menerapkan gerak digital pupetter pada animasi 2D
4.6    Membuat gerak digital puppeter pada animasi 2D
36
TIK.MM02.032.01
Membuat, memanipulasi, dan menggabung gambar 2D
Pengolahan Obyek Multimedia
3.7    Memahami prinsip dasar menggambar latar
4.7    Membuat gambar latar
18
TIK.MM02.070.01
Menggabungkan gambar 2D ke dalam sajian multimedia
Pengolahan Visualisasi Multimedia
3.8    Memahami prinsip - prinsip dasar animasi.
4.8    Mengaplikasikan prinsip-prinsip animasi dalam produksi animasi
12
TIK.MM02.032.01
Membuat, memanipulasi, dan menggabung gambar 2D
Pengolahan Obyek Multimedia
3.9    Menerapkan teknik produksi animasi 2D
4.9    Membuat produk animasi 2D
48
TIK.MM01.004.01
Memperagakan pengetahuan dan syarat syarat multimedia
Pengolahan Obyek Multimedia
3.10Melakukan evaluasi terhadap produk animasi 2D
4.10Membuat review terhadap produk animasi 2D
6
TIK.MM02.070.01
Menggabungkan gambar 2D ke dalam sajian multimedia
TIK.MM01.004.01
Memperagakan pengetahuan dan syarat syarat multimedia
Pengolahan Visualisasi Multimedia

Pengolahan Obyek Multimedia





3.11Mengambarkan konsep dasar obyek 3D dalam sketsa rancangan
4.11Membuat sketsa rancangan obyek 3D
12

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
3.12Menerapkan Model Sederhana berbasis 3D Hardsurface
4.12Membuat Model Sederhana berbasis 3D Hardsurface
24

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
3.13Menganalisis pengolahan permodelan obyek sederhana berbasis 3D Hardsurface
4.13Mengolah permodelan obyek sederhana berbasis 3D Hardsurface
36

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
3.14Memahami  Material pada obyek Sederhana 3D
4.14Mengaplikasikan Material pada obyek Sederhana 3D
24

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
3.15Menganalisa posisi kamera yang tepat dalam aplikasi 3 dimensi
4.15Meletakkan posisi kamera yang tepat dalam aplikasi 3 dimensi
12

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
3.16Menanalisa teknik gerakan non karakter dalam aplikasi 3D
4.16Membuat gerak digital non character dalam aplikasi 3D
36

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
3.17Memahami teknik Rendering pada obyek 3D
4.17Menerapkan teknik Rendering pada obyek 3D
12

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
3.18Mengkreasikan   produk animasi 3D menggunakan obyek2 sederhana
4.18Membuat produk animasi 3D menggunakan obyek2 sederhana (Motion Graphic)
48

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
3.19Mengevaluasi  produk animasi 3D
4.19Membuat laporan proses pengerjaan produk animasi 3D
12

Tidak diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar