Mata Pelajaran : Animasi 2D dan 3D
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Multimedia (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Multimedia (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja MULTIMEDIA pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja MULTIMEDIA. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja MULTIMEDIA pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja MULTIMEDIA. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Memahami prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)
|
4.1
Menyampaikan prinsip
dasar pembuatan animasi 2D (vector)
|
12
|
TIK.MM01.004.01
Memperagakan pengetahuan
dan syarat – syarat
multimedia
|
Pengolahan Obyek Multimedia
|
3.2
Menerapkan teknik
pembuatan gambar obyek sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D
|
4.2
Membuat gambar obyek sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D
|
12
|
TIK.MM02.032.01
Membuat, memanipulasi, dan
menggabung gambar 2D
|
Pengolahan Obyek Multimedia
|
3.3
Menerapkan teknik animasi
tweening 2D
|
4.3
Membuat animasi 2D menggunakan teknik tweening
|
12
|
TIK.MM02.032.01
Membuat, memanipulasi, dan
menggabung gambar 2D
|
Pengolahan Obyek Multimedia
|
3.4
Menerapkan teknik
pembuatan karakter sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D
|
4.4
Membuat karakter sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D
|
36
|
TIK.MM02.070.01
Menggabungkan gambar 2D ke
dalam sajian multimedia
|
Pengolahan Visualisasi Multimedia
|
3.5
Menganalisis elemen
gambar digital puppeter dalam animasi 2D
|
4.5
Membuat elemen gambar digital puppeter dalam animasi 2D
|
24
|
TIK.MM02.032.01
Membuat, memanipulasi, dan menggabung
gambar 2D
|
Pengolahan Obyek Multimedia
|
3.6
Menerapkan gerak digital pupetter pada animasi 2D
|
4.6
Membuat gerak digital puppeter pada animasi 2D
|
36
|
TIK.MM02.032.01
Membuat, memanipulasi, dan
menggabung gambar 2D
|
Pengolahan Obyek Multimedia
|
3.7
Memahami prinsip dasar menggambar latar
|
4.7
Membuat gambar latar
|
18
|
TIK.MM02.070.01
Menggabungkan gambar 2D ke
dalam sajian multimedia
|
Pengolahan Visualisasi Multimedia
|
3.8
Memahami prinsip - prinsip dasar animasi.
|
4.8
Mengaplikasikan prinsip-prinsip animasi dalam produksi animasi
|
12
|
TIK.MM02.032.01
Membuat, memanipulasi, dan
menggabung gambar 2D
|
Pengolahan Obyek Multimedia
|
3.9
Menerapkan teknik produksi animasi 2D
|
4.9
Membuat produk animasi 2D
|
48
|
TIK.MM01.004.01
Memperagakan pengetahuan
dan syarat – syarat
multimedia
|
Pengolahan Obyek Multimedia
|
3.10Melakukan evaluasi terhadap produk animasi 2D
|
4.10Membuat review terhadap produk animasi 2D
|
6
|
TIK.MM02.070.01
Menggabungkan gambar 2D ke
dalam sajian multimedia
TIK.MM01.004.01
Memperagakan pengetahuan
dan syarat – syarat
multimedia
|
Pengolahan Visualisasi Multimedia
Pengolahan Obyek Multimedia
|
|
|
|
|
|
3.11Mengambarkan konsep dasar obyek 3D dalam sketsa
rancangan
|
4.11Membuat sketsa rancangan obyek 3D
|
12
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
3.12Menerapkan Model Sederhana berbasis 3D Hardsurface
|
4.12Membuat Model Sederhana berbasis 3D Hardsurface
|
24
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
3.13Menganalisis pengolahan permodelan obyek sederhana
berbasis 3D Hardsurface
|
4.13Mengolah permodelan obyek sederhana berbasis 3D
Hardsurface
|
36
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
3.14Memahami Material
pada obyek Sederhana 3D
|
4.14Mengaplikasikan Material pada obyek Sederhana 3D
|
24
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
3.15Menganalisa posisi kamera yang tepat dalam aplikasi 3 dimensi
|
4.15Meletakkan
posisi kamera yang tepat dalam aplikasi 3 dimensi
|
12
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
3.16Menanalisa teknik gerakan non karakter dalam
aplikasi 3D
|
4.16Membuat gerak digital non character dalam
aplikasi 3D
|
36
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
3.17Memahami teknik Rendering pada obyek 3D
|
4.17Menerapkan teknik Rendering pada obyek 3D
|
12
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
3.18Mengkreasikan
produk animasi 3D menggunakan obyek2 sederhana
|
4.18Membuat produk animasi 3D menggunakan obyek2 sederhana (Motion Graphic)
|
48
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
3.19Mengevaluasi
produk animasi 3D
|
4.19Membuat laporan proses pengerjaan produk animasi 3D
|
12
|
|
Tidak
diujikan tapi sebagai keterampilan tambahan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar