Mata Pelajaran : Basis Data
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat Lunak (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat Lunak (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Rekayasa Perangkat Lunak pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Rekayasa Perangkat Lunak Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Rekayasa Perangkat Lunak pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Rekayasa Perangkat Lunak Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA
SERTIFIKASI
|
3.1 Memahami struktur
hirarki basis data
|
4.1 Mempresentasikan struktur
hirarki basis data
|
12
|
TIK.PR02.003.01 Membuat struktur data.
|
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
|
3.2 Memahami
bentuk diagram hubungan antar entitas
|
4.2 Mempresentasikan hubungan keterkaitan
antar data dalam diagram ERD
|
12
|
TIK.PR02.003.01 Membuat struktur data.
|
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
|
3.3 Menerapkan teknik normalisasi basis data
|
4.3 Membuat
perancangan sistem basis data menggunakan teknik normalisasi data
|
16
|
TIK.PR02.003.01 Membuat struktur data.
|
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
|
3.4
Memahami kelompok perintah yang termasuk dalam
DDL, DML dan DCL dalam basis data
|
4.4
Membuat kelompok perintah yang termasuk dalam DDL,
DML dan DCL dalam basis data
|
16
|
TIK.PR02.003.01 Membuat struktur data.
|
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
|
3.5 Memahami tipe data
pada basis data
|
4.5 Mempresentasikan tipe
data pada basis data
|
4
|
TIK.PR02.003.01 Membuat struktur data.
|
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
|
3.6
Menerapkan record,
table dan field
|
4.6
Membuat record,
table dan field
|
12
|
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
|
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
|
3.7
Menerapkan bahasa SQL dasar untuk mengelola tabel
dalam basis data.
|
4.7
Membuat kode SQL dasar untuk
mengelola tabel dalam basis data.
|
16
|
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
|
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
|
3.8
Menerapkan bahasa SQL dasar untuk memanipulasi
tabel dalam basis data.
|
4.8
Membuat kode SQL dasar untuk
memanipulasi tabel dalam basis data.
|
16
|
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
|
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
|
3.9
Menerapkan
fungsi agregasi dalam basis data.
|
4.9
Membuat perintah
fungsi agregasi dalam basis data.
|
16
|
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
|
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
|
3.10 Menerapkan penggunaan
SQL untuk mengakses multi table
|
4.10 Membuat perintah SQL untuk mengakses multi table
|
8
|
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
|
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
|
3.11 Merancang SQL bertingkat dalam
memanipulasi basis data
|
4.11 Membuat perintah SQL bertingkat dalam
memanipulasi basis data
|
16
|
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
|
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
|
3.12 Menerapkan
SQL pada sistem basis data client-server
|
4.12 Membuat perintah SQL pada sistem basis data
client-server
|
24
|
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
|
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
|
3.13 Memahami arsitektur RDBMS
|
4.13 Mempresetasikan
arsitektur RDBMS
|
8
|
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
|
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
|
3.14 Menerapkan pembuatan
basis data pada RDBMS
|
4.14 Membuat basis data pada RDBMS
|
24
|
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
|
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
|
3.15 Menganalisis struktur
penyimpanan pada RDBMS
|
4.15 Membuat struktur penyimpanan
pada RDBMS
|
16
|
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
|
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
|
3.16 Menerapkan
pengendalian server melalui koneksi client-server pada RDBMS
|
4.16 Membuat koneksi pengendalian server
melalui client-server pada RDBMS
|
16
|
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
|
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
|
3.17 Mengevaluasi pengamanan sistem basis data pada RDBMS
|
4.17 Merevisi sistem
pengamanan basis data pada RDBMS
|
16
|
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
|
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
|
3.18 Menerapkan replikasi basis data
|
4.18 Membuat replikasi basis data
|
16
|
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
|
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
|
Jumlah Total Jam
|
280
|
Jam
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar