Minggu, 05 Agustus 2018

Basis Data - Rekayasa Perangkat Lunak

Mata Pelajaran : Basis Data
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Rekayasa Perangkat Lunak (3 Tahun)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Rekayasa Perangkat Lunak pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Rekayasa Perangkat Lunak Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1    Memahami struktur hirarki basis data
4.1    Mempresentasikan struktur hirarki basis data
12
TIK.PR02.003.01 Membuat struktur data.
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
3.2    Memahami bentuk diagram hubungan antar entitas
4.2    Mempresentasikan hubungan keterkaitan antar data dalam diagram ERD
12
TIK.PR02.003.01 Membuat struktur data.
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
3.3    Menerapkan teknik normalisasi basis data
4.3    Membuat perancangan sistem basis data menggunakan teknik normalisasi data
16
TIK.PR02.003.01 Membuat struktur data.
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
3.4    Memahami kelompok perintah yang termasuk dalam DDL, DML dan DCL dalam basis data
4.4    Membuat kelompok perintah yang termasuk dalam DDL, DML dan DCL dalam basis data
16
TIK.PR02.003.01 Membuat struktur data.
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
3.5    Memahami tipe data pada basis data
4.5    Mempresentasikan tipe data pada basis data
4
TIK.PR02.003.01 Membuat struktur data.
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
3.6    Menerapkan record, table  dan field
4.6    Membuat record, table dan field
12
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
3.7    Menerapkan bahasa SQL dasar untuk mengelola tabel dalam basis data.
4.7    Membuat kode SQL dasar untuk mengelola tabel dalam basis data.
16
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
3.8    Menerapkan bahasa SQL dasar untuk memanipulasi tabel dalam basis data.
4.8    Membuat kode SQL dasar untuk memanipulasi tabel dalam basis data.
16
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
3.9    Menerapkan  fungsi agregasi dalam basis data.
4.9    Membuat perintah  fungsi agregasi dalam basis data.
16
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
3.10 Menerapkan penggunaan SQL untuk mengakses multi table
4.10 Membuat perintah  SQL untuk mengakses multi table
8
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
3.11 Merancang SQL bertingkat dalam memanipulasi basis data
4.11 Membuat perintah SQL bertingkat dalam memanipulasi basis data
16
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
3.12 Menerapkan SQL pada sistem basis data client-server
4.12 Membuat perintah  SQL pada sistem basis data client-server
24
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
3.13 Memahami arsitektur RDBMS
4.13 Mempresetasikan arsitektur RDBMS
8
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
3.14 Menerapkan pembuatan basis data pada RDBMS
4.14 Membuat basis data pada RDBMS

24
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
3.15 Menganalisis struktur penyimpanan pada RDBMS
4.15 Membuat struktur penyimpanan pada RDBMS
16
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
3.16 Menerapkan pengendalian server melalui koneksi client-server pada RDBMS
4.16 Membuat koneksi pengendalian server melalui client-server pada RDBMS
16
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
3.17 Mengevaluasi  pengamanan sistem basis data pada RDBMS
4.17 Merevisi sistem pengamanan basis data pada RDBMS
16
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
3.18 Menerapkan replikasi basis data
4.18 Membuat replikasi basis data
16
TIK.PR02.020.01 Mengoperasikan aplikasi basis data.
Skema Klaster Perekayasaan Perangkat Lunak I
Jumlah Total Jam
280
  Jam
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar