Selasa, 07 Agustus 2018

Administrasi Infrastruktur Jaringan - Teknik Komputer dan Jaringan

Mata Pelajaran : Administrasi Infrastruktur Jaringan
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan (3 Tahun)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
    3.1.   Mengevaluasi VLAN pada jaringan
  4.1.   Mengkonfigurasi VLAN
32
·     TIK.JK02.009.01
Menginstal dan mengkonfigurasi manageable switch pada jaringan
KKNI
    3.2.   Mengevaluasi permasalahan VLAN
  4.2.   Melakukan perbaikan konfigurasi VLAN
24
    3.3.   Memahami proses routing
  4.3.   Mengkaji jenis-jenis routing
32
·     TIK.JK02.010.01
Menginstall dan mengkonfigurasi static routing pada router
KKNI
    3.4.   Mengevaluasi routing statis
  4.4.   Mengkonfigurasi routing statis
24
    3.5.   Mengevaluasi permasalahan routing statis
  4.5.   Memperbaiki konfigurasi routing statis
24
    3.6.   Mengevaluasi routing dinamis
  4.6.   Mengkonfigurasi routing dinamis
48
·     TIK.JK02.011.01
Menginstall dan mengkonfigurasi dynamic routing pada router
KKNI
    3.7.   Mengevaluasi permasalahan routing dinamis
  4.7.   Memperbaiki konfigurasi routing dinamis
32
    3.8.   Mengevaluasi internet gateway
  4.8.   Mengkonfigurasi NAT
32
·     TIK.JK02.018.01
Menginstalasi dan mengkonfigurasi gateway internet

KKNI
    3.9.   Mengevaluasi permasalahan internet gateway
  4.9.   Memperbaiki konfigurasi NAT
24
3.10.   Mengevaluasi firewall jaringan
4.10.   Mengkonfigurasi firewall jaringan
42
·     TIK.JK05.018.01
Menginstal dan mengkonfigurasi firewall pada Server

KKNI
3.11.   Mengevaluasi permasalahan firewall
4.11.   Memperbaiki konfigurasi firewall
24
3.12.   Mengevaluasi manajemen bandwidth
4.12.   Mengkonfigurasi manajemen bandwidth
40
·     TIK.JK04.010.01
Menginstalasi dan mengkonfigurasi Proxy Server
KKNI
3.13.   Mengevaluasi permasalahan manajemen bandwidth
4.13.   Memperbaiki konfigurasi manajemen bandwidth
24
3.14.   Mengevaluasi load balancing
4.14.   Mengkonfigurasi load balancing
40
·     TIK.JK04.010.01
Menginstalasi dan mengkonfigurasi Proxy Server
KKNI
3.15.   Mengevaluasi permasalahan load balancing
4.15.   Memperbaiki konfigurasi load balancing
24
3.16.   Mengevaluasi Proxy Server
4.16.   Mengkonfigurasi Proxy Server
32
·     TIK.JK04.010.01
Menginstalasi dan mengkonfigurasi Proxy Server
KKNI
3.17.   Mengevaluasi permasalahan Proxy Server
4.17.   Memperbaiki konfigurasi Proxy Server
24
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar