Minggu, 05 Agustus 2018

Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)- Teknik Komputer dan Jaringan

Mata Pelajaran : Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Informatika
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan (3 Tahun)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1  Menganalisis jaringan berbasis luas
4.1   Membuat disain jaringan berbasis luas
16
·     TIK.JK05.002.01
Membuat Disain Jaringan Berbasis Luas (WAN)
KKNI
3.2  Mengevaluasi jaringan nirkabel
4.2    Mengkonfigurasi jaringan nirkabel
32
·     TIK.JK05.007.01
Memasang Jaringan nirkabel
·     TIK.CS02.052.01
Melakukan Setting Konfigurasi Komunikasi
Wireless

KKNI
3.3  Mengevaluasi permasalahan jaringan nirkabel
4.3    Memperbaiki jaringan nirkabel
32
3.4 Memahami jaringan fiber optic
4.4    Mengkaji jaringan fiber optic
16
·       TIK.FO02.001.01
Menerapkan pengetahuan tentang istilah-istilah fiber optik
·       TIK.FO02.002.01
Menerapkan pengetahuan tentang jenis-jenis kabel fiber optik
·       TIK.FO02.003.01
Menerapkan pengetahuan tentang jenis-jenis konektor fiber optik
KKNI
3.5     Mengidentifikasi jenis-jenis kabel fiber optic
4.5    Menemutunjukkan kabel fiber optic
16
3.6     Menerapkan fungsi alat kerja fiber optic
4.6    Menggunakan alat kerja fiber optic
16
·       TIK.FO01.006.01
Menggunakan alat ukur dan alat bantu kerja
KKNI
3.7     Mengevaluasi penyambungan fiber optic
4.7    Melakukan sambungan fiber optic
32
·       TIK.FO02.010.01
Melaksanakan penyambungan fiber optik dengan fusion splicer
·       TIK.FO02.011.01
Melaksanakan penyambungan fiber optik dengan mechanical splice
KKNI
3.8 Mengevaluasi perangkat pasif jaringan fiber optic
4.8    Mengkonfigurasikan perangkat pasif jaringan fiber optic
32
·       TIK.FO02.009.01
Menerapkan pengetahuan tentang komponen-komponen sistem komunikasi fiber optik untuk aplikasi jaringan backbone, metro dan last mile
·       TIK.FO02.004.01
Menerapkan penarikan (pulling) kabel fiber optic indoor
·       TIK.FO02.005.01
Menerapkan penarikan (pulling) kabel fiber optik outdoor
·       TIK.FO02.008.01
Melaksanakan terminasi (pemasangan konektor fiber optik)
·       TIK.FO02.014.01
Melaksanakan komisioning dan uji terima (acceptance test) instalasi fiber optik
KKNI
3.9 Mengevaluasi permasalahan jaringan fiber optic
4.9    Melakukan perbaikan jaringan fiber optic
24
·       TIK.FO03.002.01
Melakukan troubleshooting atas masalah pada instalasi fiber optik
KKNI
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar