Mata Pelajaran : Reproduksi
Bidang Keahlian : Seni Rupa
Program Keahlian : Seni Patung
Kompetensi Keahlian : Patung (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Seni Rupa
Program Keahlian : Seni Patung
Kompetensi Keahlian : Patung (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Patung pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Patung . Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Patung pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Patung . Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT
KOMPETENSI
|
SKEMA
SERTIFIKASI
|
3.1.
Memahami konsep cetak tunggal/rusak
|
4.1. Menjabarkan konsep
cetak tunggal/rusak
|
48
|
Membaca buku konsep-konsep cetak
tunggal/rusak
|
Belum ada skema sertifikasi
|
3.2.
Memahami prosedur cetak tunggal
tunggal/rusak
|
4.2. Menjabarkan prosedur
cetak tunggal tunggal/rusak
|
36
|
Menjabarkan prosedur cetak tunggal tunggal/rusak
|
Belum ada skema sertifikasi
|
3.3.
Memahami bahan cetak tunggal/rusak
|
4.3. Memilih bahan cetak
tunggal/rusak
|
48
|
Memilih bahan cetak tunggal/rusak
|
Belum ada skema sertifikasi
|
3.4.
Menganalisis proses pencetakan
relief dengan teknik cetak tunggal/rusak
|
4.4. Mencetak relief dengan teknik cetak tunggal/rusak
|
48
|
Mencetak relief dengan teknik
cetak tunggal/rusak
|
Mencetak relief dengan teknik
cetak tunggal/rusak
(Belum ada KKNI)
Dan Skema sertifikasi
|
3.5.
Memahami konsep teknik cetak ganda relief
|
4.5. Merumuskan konsep teknik cetak ganda relief
|
24
|
Merumuskan konsep teknik cetak ganda relief
|
Belum ada skema sertifikasi
|
3.6.
Memahami proses
teknik cetak ganda relief
|
4.6. Menganalisis proses teknik cetak ganda relief
|
36
|
Menganalisis proses
teknik cetak ganda relief
|
Belum ada skema sertifikasi
|
3.7.
Menerapkan teknik cetak ganda relief
|
4.7. Mencetak relief dengan teknik cetak ganda relief
|
60
|
Mencetak relief dengan teknik cetak ganda relief
|
Juru relief dengan teknik cetak ganda relief
(Belum ada KKNI)
Dan Skema sertifikasi
|
3.8
Mengevaluasi pembuatan relief
dengan teknik cetak ganda
|
4.8. Mengembangkan pembuatan relief
dengan teknik cetak ganda
|
60
|
Mengembangkan pembuatan relief
dengan teknik cetak ganda
|
Belum ada skema sertifikasi
|
3.9 Menerapkan perawatan
cetakan ganda relief
|
4.9 Merawat
cetakan
ganda relief
|
60
|
Merawat cetakan
ganda
relief
|
Belum ada skema sertifikasi
|
JUMLAH JAM
|
420
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar