Selasa, 31 Juli 2018

Relief - Seni Patung

Mata Pelajaran : Relief
Bidang Keahlian : Seni Rupa
Program Keahlian : Seni Patung
Kompetensi Keahlian : Patung (3 Tahun)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Patung  pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Patung. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1.   Memahami perkembangan seni relief Timur
4.1.   Menjabarkan perkembangan seni relief Timur
8
Membaca buku sejaran perkembangan seni relief timur
Belum ada skema sertifikasi
3.2.   Memahami perkembangan seni relief Barat
4.2.   Menguraikan perkembangan seni relief Barat
8
Membaca buku sejaran perkembangan seni relief Barat
Belum ada skema sertifikasi
3.3.   Memahami teknik dasar pembuatan relief
4.3.   Melatih teknik dasar pembuatan relief
40
mencoba teknik dasar pembuatan relief
Belum ada skema sertifikasi
3.4.   Menganalisis relief teknik modeling secara manual
4.4.   Mendesain relief teknik modeling secara manual
8
Mendesain relief teknik modeling secara manual
Belum ada skema sertifikasi
3.5.   Menganalisis relief teknik modeling secara digital
4.5.   Mendesain relief teknik modeling secara digital
24
Mendesain relief teknik modeling secara digital
Belum ada skema sertifikasi
3.6.   Menganalisis relief teknik pahat secara manual
4.6.   Mendesain relief teknik pahat secara manual
24
Mendesain relief teknik pahat secara manual
Juru relief teknik pahat manual

(Belum ada KKNI)
Dan Skema sertifikasi
3.7.   Menganalisis relief teknik pahat secara digital
4.7.   Mendesain relief teknik pahat secara digital
32
Mendesain relief teknik pahat secara digital
Belum ada skema sertifikasi
3.8.   Menerapkan  relief teknik pahat
4.8.   Membuat  relief teknik pahat
40
Membuat  relief teknik pahat
Juru relief teknik pahat
(Belum ada KKNI)
Dan Skema sertifikasi
3.9.   Menganalisis karya relief teknik pahat
4.9.   Mengembangkan  karya relief teknik pahat
24
Mengembangkan  karya relief teknik pahat


Belum ada skema sertifikasi
3.10     Menganalisis konsep relief teknik plastering
4.10.   Merumuskan konsep relief teknik plastering
16
Merumuskan konsep relief teknik plastering
Belum ada skema sertifikasi
3.11.   Memahami prosedur pembuatan relief teknik plastering
4.11.   Menjabarkan prosedur pembuatan relief teknik plastering
8
langkah-langkah pembuatan relief teknik plastering
Belum ada skema sertifikasi
3.12.   Menganalisis desain relief teknik plastering secara manual
4.12.    Membuat desain    relief
Teknik plastering
    Secara manual
8
Membuat desain    relief Teknik plastering  secara manual
Juru relief dengan teknik plastering
(Belum ada KKNI)
Dan Skema sertifikasi
3.13.   Menganalisis desain relief teknik plastering secara digital
4.13.    Membuat desain  relief
Teknik plastering
    Secara digital
12
Membuat gambar relief secara digital
Belum ada skema sertifikasi
3.14.   Mengevaluasi prosedur pembuatan relief teknik plastering.
4.14.    Membuat relief dengan teknik plastering
42
membuat relief dengan teknik plastering


Juru relief teknik plastering
(Belum ada KKNI)
Dan Skema sertifikasi
3.15.   memahami konsep relief teknik ketok
4.15.   Merumuskan konsep relief teknik ketok
32
Merumuskan konsep relief teknik ketok
Belum ada skema sertifikasi
3.16.   Menganalisis proses pembuatan relief teknik ketok
4.16     Menguraikan proses pembuatan relief teknik ketok
32
Menguraikan proses pembuatan relief teknik ketok
Juru relief teknik ketok
(Belum ada KKNI)
Dan Skema sertifikasi
3.17.   Menerapkan desain relief teknik ketok secara manual dan digital
4.17.   Mendesian relief teknik ketok secara manual dan digital
24
Mendesian relief teknik ketok secara manual dan digital
Belum ada skema sertifikasi
3.18.   Mengevaluasi proses  pembuatan relief teknik ketok.
4.18.   Mengembangkan relief dengan teknik ketok
36
Mengembangkan relief Mengembangkan relief dengan teknik ketok
Juru patung teknik konstruksi
(Belum ada KKNI)
Dan Skema sertifikasi
JUMLAH JAM
418




Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar