Mata Pelajaran : Komputer Grafis
Bidang Keahlian : Seni dan industri kreatif
Program Keahlian : Seni Rupa
Kompetensi Keahlian : Desain Komunikasi Visual (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Seni dan industri kreatif
Program Keahlian : Seni Rupa
Kompetensi Keahlian : Desain Komunikasi Visual (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Komunikasi Visual pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Komunikasi Visual. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Komunikasi Visual pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Komunikasi Visual. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Memahami Spesifikasi
Hardware
Komputer Grafis
|
4.1
Menentukan
Spesifikasi
Hardware
Komputer Grafis
|
5
|
Tidak ada dalam skema
|
|
3.2
Menganalisis
Prosedur
Penggunaan
Software
Komputer Grafis
|
4.2
Menerapkan
Prosedur
Penggunaan
Software
Komputer Grafis
|
10
|
TIK.DG01.004.01
Mengoperasikan perangkat
lunak desain grafis
|
Desainer Grafis Muda
|
3.3
Menganalisis fungsi menu
dan tools untuk membuat
elemen-elemen desain
|
4.3
Menggunakan menu dan tools untuk membuat
elemen-elemen desain
|
40
|
Tidak ada dalam skema
|
|
3.4
Menentukan
Software untuk
vector drawing
|
4.4
Mengoperasikan software untuk
vector-drawing
|
40
|
Tidak ada dalam skema
|
|
3.5
Menentukan
Software untuk
image-editing
|
4.5
Mengoperasikan software untuk image-editing
|
40
|
Tidak ada dalam skema
|
|
3.6
Menentukan teknik deformasi huruf /teks untuk desain
|
4.6
Membuat deformasi huruf/teks untuk desain
|
30
|
Tidak ada dalam skema
|
|
3.7
Menganalisis prosedur penggabungan teks dan foto
|
4.7
Menggabungkan teks dan foto
|
30
|
Tidak ada dalam skema
|
|
3.8
Menerapkan prosedur pembuatan logotipe dalam
format RGB dan CMYK
|
4.8
Membuat logotipe dalam format RGB dan CMYK
|
20
|
TIK.DG01.003.01 Menerapkan
pengetahuan tentang metode grafika
|
Desainer Grafis Muda
|
3.9 Mengevaluasi hasil karya Komputer Grafis
|
4.9
Mengembangkan karya Komputer Grafis
|
30
|
Tidak ada dalam skema
|
|
245
|
||||
3.10
Menerapkan prosedur penggunaan software untuk multi pages layout (brosur, buku dan majalah)
|
4.10
Mengoperasikan software untuk multi pages layout (brosur, buku dan majalah)
|
38
|
TIK.DG01.002.01 Bekerja
dalam konteks organisasi desain
|
Desainer Grafis Muda
|
3.11
Memahami konsep Branding dan
Komunikasi Pemasaran
|
4.11
Mengintegrasikan konsep Branding dan Komunikasi Pemasaran
|
20
|
TIK.DG03.002.01
Mengintegrasikan
pengetahuan dasar Branding dan Komunikasi Pemasaran dengan desain Grafis
|
|
3.12
Menerapkan prinsip-prinsip desain logo
|
4.12
Merancang
desain logo
|
36
|
Tidak ada dalam skema
|
|
3.13
Menerapkan prinsip-prinsip desain Stationery
Kit
|
4.13
Merancang
desain Stationery
Kit
|
36
|
Tidak ada dalam skema
|
|
3.14
Menerapkan prinsip-prinsip Corporate
Identity
|
4.14
Merancang Corporate Identity
|
40
|
TIK.DG01.009.01 Menerapkan
teori dasar komunikasi
|
|
3.15
Menerapkan prosedur pembuatan desain iklan media cetak
|
4.15
Membuat desain iklan media cetak
|
20
|
Tidak ada dalam skema
|
|
3.16
Menentukan Final Artwork
|
4.16
Mengerjakan Final Artwork
|
30
|
TIK.DG01.008.01 Menyusun brief
teknis spesifikasi cetak
TIK.DG02.003.01 Mengerjakan final
artwork
|
Desainer Grafis Muda
|
3.17 Memahami Hak Atas Kekayaan
Intelektual (HAKI) terhadap karya desain
|
4.17
Menjelaskan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) terhadap karya desain
|
5
|
TIK.DG01.007.01 Menyusun dokumentasi lengkap untuk
menjaga Hak Atas
Kekayaan Intelektual
terhadap karya yang dihasilkan
|
|
3.18 Mengevaluasi karya komputer
grafis
|
4.18 Memperbaiki karya komputer
grafis
|
20
|
TIK.DG02.001.01 Memaparkan kembali brief teknis spesifikasi kepada
pihak
lain
|
Desainer Grafis Muda
|
245
|
Terima kasih..
BalasHapus