Selasa, 31 Juli 2018

Komputer Grafis - Desain Komunikasi Visual

Mata Pelajaran : Komputer Grafis
Bidang Keahlian : Seni dan industri kreatif
Program Keahlian : Seni Rupa
Kompetensi Keahlian : Desain Komunikasi Visual (3 Tahun)

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Komunikasi Visual pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Komunikasi Visual. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1     Memahami Spesifikasi
Hardware
Komputer Grafis
4.1         Menentukan
Spesifikasi
Hardware
Komputer Grafis
5
Tidak ada dalam skema

3.2     Menganalisis
Prosedur
Penggunaan
Software
Komputer Grafis
4.2         Menerapkan
Prosedur
Penggunaan
Software
Komputer Grafis
10
TIK.DG01.004.01
Mengoperasikan perangkat lunak desain grafis
Desainer Grafis Muda
3.3     Menganalisis fungsi menu
dan tools untuk membuat elemen-elemen desain
4.3         Menggunakan menu dan tools untuk membuat elemen-elemen desain
40
Tidak ada dalam skema

3.4     Menentukan
Software untuk
vector drawing

4.4         Mengoperasikan software untuk vector-drawing
40
Tidak ada dalam skema

3.5     Menentukan
Software untuk
image-editing

4.5         Mengoperasikan software untuk image-editing
40
Tidak ada dalam skema

3.6     Menentukan teknik deformasi huruf /teks untuk desain
4.6         Membuat deformasi huruf/teks untuk desain
30
Tidak ada dalam skema

3.7     Menganalisis prosedur penggabungan teks dan foto
4.7         Menggabungkan teks dan foto
30
Tidak ada dalam skema

3.8 Menerapkan prosedur pembuatan logotipe dalam format RGB dan CMYK
4.8   Membuat logotipe dalam format RGB dan CMYK
20
TIK.DG01.003.01 Menerapkan pengetahuan tentang metode grafika

Desainer Grafis Muda
3.9 Mengevaluasi hasil karya Komputer Grafis
4.9         Mengembangkan karya Komputer Grafis
30
Tidak ada dalam skema



245







3.10 Menerapkan prosedur penggunaan software untuk multi pages layout (brosur, buku dan majalah)
4.10     Mengoperasikan software untuk multi pages layout (brosur, buku dan majalah)
38
TIK.DG01.002.01 Bekerja dalam konteks organisasi desain
Desainer Grafis Muda
3.11 Memahami konsep Branding dan Komunikasi Pemasaran
4.11     Mengintegrasikan konsep Branding dan Komunikasi Pemasaran
20
TIK.DG03.002.01
Mengintegrasikan pengetahuan dasar Branding dan Komunikasi Pemasaran dengan desain Grafis

3.12 Menerapkan prinsip-prinsip desain logo

4.12    Merancang
desain logo
36
Tidak ada dalam skema

3.13  Menerapkan prinsip-prinsip desain Stationery Kit

4.13    Merancang
desain Stationery Kit
36
Tidak ada dalam skema

3.14     Menerapkan prinsip-prinsip Corporate Identity
4.14    Merancang Corporate Identity
40
TIK.DG01.009.01 Menerapkan teori dasar komunikasi

3.15     Menerapkan prosedur pembuatan desain iklan media cetak
4.15    Membuat desain iklan media cetak
20
Tidak ada dalam skema

3.16    Menentukan Final Artwork
4.16     Mengerjakan Final Artwork
30
TIK.DG01.008.01 Menyusun brief teknis spesifikasi cetak
TIK.DG02.003.01 Mengerjakan final artwork
Desainer Grafis Muda
3.17     Memahami Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) terhadap karya desain
4.17     Menjelaskan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) terhadap karya desain
5
TIK.DG01.007.01 Menyusun dokumentasi lengkap untuk menjaga Hak Atas
Kekayaan Intelektual terhadap karya yang dihasilkan

3.18     Mengevaluasi karya komputer grafis
4.18     Memperbaiki karya komputer grafis
20
TIK.DG02.001.01 Memaparkan kembali brief teknis spesifikasi kepada pihak
lain
Desainer Grafis Muda


245



Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

1 komentar: