Senin, 09 Juli 2018

KidanKD Pemanduan Perjalanan Wisata

Mata Pelajaran : Pemanduan Perjalanan Wisata
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Usaha Perjalanan Wisata


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Usaha Perjalanan Wisatapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Usaha Perjalanan Wisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1    Menerapkan tugas pemandu wisata
4.1     Melaksanakan tugas pemandu wisata
20
Bekerja sebagai pemandu wisata
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.2   Menyiapkan perangkat pemanduan perjalanan wisata
4.2     Melakukan pemeriksaan perangkat pemanduan perjalanan wisata
20
Melakukan pemeriksaan pra-keberangkatan
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.3     Menganalisis materi pemanduan wisata
4.3    Menyusun materi pemanduan wisata

20
Menyiapkan dan menyajikan informasi pada tur
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.4   Menganalisis program perjalanan wisata
4.4     Melakukan evaluasi program perjalanan wisata
20
Mengkoordinasikan dan mengoperasikan tour sehari (kunjungan singkat)

Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.5       Menganalisis pemanduan di objek wisata
4.5     Melaksanakan pemanduan di objek wisata

20
Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan lokal
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.6         Menerapkan pemanduan city tour

4.6     Melaksanakan pemanduan City tour
20
Melaksanakan pemanduan City tour
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.7    Menganalisis informasi umum dan khusus yang akan disampaikan kepada wisatawan
4.7     Mempresentasikan informasi umum dan  khusus kepada wisatawan

20
Menyiapkan dan menyajikan informasi pada tur
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.8    Menganalis pendistribusian waktu program perjalanan wisata

4.8     Mengelola waktu perjalanan wisata
20
Memimpin rombongan tur/wisata secara bertanggung jawab
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.9   Menerapkan pertolongan pertama pada kecelakaan pada saat melakukan perjalanan wisata
4.9   Melaksanakan  Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) pada saat melakukan perjalanan wisata
20
Melakukan prosedur dasar pertolongan pertama
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.10    Menganalisis pemanduan wisata lintas
         kota
4.10  Mensimulasikan pemanduan wisata lintas kota
20
Melakukan pemanduan wisata lintas kota
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.11    Menganalisis pemanduan wisata overland tour
4.11  Melaksanakan pemanduan wisata overland tour
20
Melakukan pemanduan wisata overland tour
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.12     Menerapkan Transfer In dari tempat kedatangan ( bandara, stasiun, pelabuhan ) ke hotel
4.12  Melaksanakan Transfer In dari tempat kedatangan ( bandara, stasiun, pelabuhan ) ke hotel
20
Memberikan bantuan pada saat kedatangan dan keberangkatan
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.13    Menerapkan  transfer out dari hotel ke bandara/stasiun/ pelabuhan.
4.13 Melaksanakan transfer out pengantaran wisatawan dari hotel ke bandara/stasiun/ pelabuhan.
20
Memberikan bantuan pada kedatangan dan keberangkatan
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.14    Menganalisis pengatur perjalanan wisata individu

4.14  Melaksanakan pemanduan  
        wisata individu
20
Melakukan pemanduan wisata individu
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.15    Mengevaluasi pemanduan  wisata rombongan (tour leader GIT)
4.15  Membuat laporan pelaksanaan pemanduan wisata rombongan  (GIT)
20
Membuat laporan pelaksanaan pemanduan wisata
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.16    Menganalisis pemanduan wisata minat khusus
4.16  Melakukan pemanduan wisata minat khusus

20
Melakukan pemanduan wisata minat khusus

Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.17    Menganalisis penanganan keadaan darurat pada saat melakukan perjalanan wisata
4.17  Melakukan penanganan keadaan darurat pada saat melakukan perjalanan wisata
20
Menangani dan menyelesaikan situasi konflik
Sertifikat II Bidang Operasional Tour
3.18     Mengevaluasi laporan pemanduan wisata
4.18  Membuat laporan pemanduan wisata
20
Membuat laporan pemanduan wisata
Sertifikat II Bidang Operasional Tour


Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar