Mata Pelajaran : Pemanduan Perjalanan Wisata
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Usaha Perjalanan Wisata
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Usaha Perjalanan Wisata
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Usaha Perjalanan Wisatapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Usaha Perjalanan Wisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Usaha Perjalanan Wisatapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Usaha Perjalanan Wisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT
KOMPETENSI
|
SKEMA
SERTIFIKASI
|
3.1
Menerapkan tugas pemandu wisata
|
4.1 Melaksanakan tugas pemandu wisata
|
20
|
Bekerja
sebagai pemandu wisata
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.2
Menyiapkan
perangkat pemanduan perjalanan wisata
|
4.2
Melakukan
pemeriksaan perangkat pemanduan perjalanan wisata
|
20
|
Melakukan
pemeriksaan pra-keberangkatan
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.3
Menganalisis
materi pemanduan wisata
|
4.3
Menyusun
materi pemanduan wisata
|
20
|
Menyiapkan
dan menyajikan informasi pada tur
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.4
Menganalisis
program perjalanan wisata
|
4.4
Melakukan
evaluasi program perjalanan wisata
|
20
|
Mengkoordinasikan dan mengoperasikan tour sehari (kunjungan
singkat)
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.5
Menganalisis pemanduan di objek
wisata
|
4.5
Melaksanakan
pemanduan di objek wisata
|
20
|
Mengembangkan
dan memperbaharui pengetahuan lokal
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.6
Menerapkan pemanduan city tour
|
4.6 Melaksanakan pemanduan City tour
|
20
|
Melaksanakan
pemanduan City tour
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.7
Menganalisis informasi umum dan
khusus yang akan disampaikan kepada
wisatawan
|
4.7 Mempresentasikan informasi umum dan khusus kepada wisatawan
|
20
|
Menyiapkan
dan menyajikan informasi pada tur
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.8
Menganalis pendistribusian waktu
program perjalanan wisata
|
4.8 Mengelola waktu perjalanan wisata
|
20
|
Memimpin
rombongan tur/wisata secara bertanggung jawab
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.9
Menerapkan pertolongan pertama pada
kecelakaan pada saat melakukan perjalanan wisata
|
4.9
Melaksanakan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)
pada saat melakukan perjalanan wisata
|
20
|
Melakukan
prosedur dasar pertolongan pertama
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.10
Menganalisis pemanduan wisata lintas
kota
|
4.10
Mensimulasikan pemanduan wisata
lintas kota
|
20
|
Melakukan
pemanduan wisata lintas kota
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.11
Menganalisis pemanduan wisata overland tour
|
4.11
Melaksanakan pemanduan wisata overland tour
|
20
|
Melakukan pemanduan wisata overland tour
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.12
Menerapkan Transfer In dari tempat kedatangan ( bandara, stasiun, pelabuhan
) ke hotel
|
4.12
Melaksanakan Transfer In dari tempat kedatangan ( bandara, stasiun, pelabuhan
) ke hotel
|
20
|
Memberikan
bantuan pada saat kedatangan dan keberangkatan
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.13
Menerapkan transfer
out dari hotel ke bandara/stasiun/ pelabuhan.
|
4.13 Melaksanakan
transfer out pengantaran wisatawan
dari hotel ke bandara/stasiun/ pelabuhan.
|
20
|
Memberikan
bantuan pada kedatangan dan keberangkatan
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.14
Menganalisis pengatur perjalanan
wisata individu
|
4.14
Melaksanakan pemanduan
wisata individu
|
20
|
Melakukan
pemanduan wisata individu
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.15
Mengevaluasi pemanduan wisata rombongan (tour leader GIT)
|
4.15
Membuat laporan pelaksanaan
pemanduan wisata rombongan (GIT)
|
20
|
Membuat laporan pelaksanaan
pemanduan wisata
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.16
Menganalisis pemanduan wisata minat
khusus
|
4.16
Melakukan pemanduan wisata minat
khusus
|
20
|
Melakukan pemanduan wisata minat
khusus
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.17
Menganalisis penanganan keadaan
darurat pada saat melakukan perjalanan wisata
|
4.17
Melakukan penanganan keadaan darurat
pada saat melakukan perjalanan wisata
|
20
|
Menangani
dan menyelesaikan situasi konflik
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
3.18
Mengevaluasi laporan pemanduan
wisata
|
4.18
Membuat laporan pemanduan wisata
|
20
|
Membuat laporan pemanduan wisata
|
Sertifikat
II Bidang Operasional Tour
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar