Selasa, 10 Juli 2018

KidanKD Pengelolaan Kas - Perbankan Syariah

Mata Pelajaran : Pengelolaan Kas
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Akuntansi dan Keuangan
Kompetensi Keahlian : Perbankan Syariah

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1      Menganalisis dokumen kas kecil
4.1     Membuat dokumen kas kecil
8
M.692000.005.02
Memproses dokumen dana kas kecil
Teknisi Akuntansi Muda
3.2      Menganalisis kas kecil
4.2     Membuat kas kecil
20
3.3      Menerapkan penyusunan berita acara pemeriksaan kas kecil
4.3     Menyusun berita acara pemeriksaan kas kecil
8
3.4      Menerap-kan pencatat-an penerimaan kas bank
4.4     Melakukan pencatatan  penerimaan  kas bank
12
M.692000.006.02
Memproses dokumen dana kas di bank

3.5      Menerap-kan pencatat-an pengeluaran kas bank
4.5     Melakukan pencatatan  pengeluaran kas bank
12
3.6      Menerap-kan pembuatan laporan penerimaan dan pengeluaran kas bank
4.6     Membuat laporan  penerimaan  dan pengeluaran kas bank
12
3.7      Menerap-kan kliring
4.7     Mensimulasikan kliring
18


3.8      Meng-analisis laporan kliring
4.8     Membuat laporan kliring
18


3.9      Meng-analisis penyusunan laporan rekonsiliasi bank
4.9     Menyusun laporan rekonsiliasi bank
18
M.692000.006.02
Memproses dokumen dana kas di bank

Teknisi Akuntansi Muda
3.10   Meng-evaluasi laporan rekonsiliasi bank
4.10 Merevisi laporan rekonsiliasi bank
18
Jumlah Jam Pelajaran (JP)
144





Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar