Selasa, 10 Juli 2018

KidanKD Ekonomi Islam - Perbankan Syariah

Mata Pelajaran : Ekonomi Islam
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Akuntansi dan Keuangan
Kompetensi Keahlian : Perbankan Syariah

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1      Memahami  ekonomi Islam
4.1     Memilih ciri-ciri  ekonomi Islam
4


3.2      Meng-analisis pemikiran tokoh ekonomi Islam
4.2     Merumuskan pemikiran tokoh ekonomi Islam
8


3.3      Meng-analisis perkembangan perbankan  syariah di Indonesia
4.3     Merumus-kan perkembangan perbankan  syariah di Indonesia
12


3.4      Meng-analisis hukum ekonomi Islam
4.4     Merumus-kan hukum ekonomi Islam
12


3.5      Menerap-kan motif dan prinsip ekonomi Islam
4.5     Menunjuk-kan motif dan prinsip ekonomi Islam
12


3.6      Menerap-kan hukum  permintaan menurut Islam
4.6     Melakukan   transaksi permintaan menurut Islam
12


3.7      Menerap-kan hukum penawaran menurut Islam
4.7     Melakukan  transaksi penawaran menurut Islam
16


3.8      Menerap-kan prinsip produksi Islam
4.8     Melakukan  prinsip produksi menurut  Islam
16


3.9      Menerap-kan prinsip konsumsi Islam
4.9     Melakukan  prinsip konsumsi Islam
16


3.10   Menerap-kan prinsip dasar distribusi Islam
4.10 Melakukan  prinsip kdistribusi Islam
16


3.11   Meng-analisis dampak riba dalam lembaga keuangan non Bank
4.11 Merumus-kan  dampak riba dalam lembaga keuangan non Bank
12


3.12   Memahami zakat, infaq, shadaqah, wakaf dalam kegiatan muamalah
4.12 Memilah  zakat, infaq, shadaqah, wakaf dalam kegiatan muamalah
10


3.13    Menerap-kan penghitungan  zakat  dalam kegiatan muamalah
4.13 Menghitung zakat  dalam kegiatan muamalah
18


3.14   Memahami akad transaksi dalam fiqh muamalah
4.14 Memilah akad transaksi dalam fiqh muamalah
12


3.15   Memahami akad transaksi dalam jual beli (al ba’i)
4.15 Menunjukkan perbedaan  akad transaksi dalam jual beli (al ba’i)
16


3.16   Memahami akad transaksi dalam kerja sama (syirkah)
4.16 Menunjukkan perbedaan  akad transaksi dalam kerja sama (syirkah)
16


3.17   Meng-analisis data pembuatan SPT pajak penghasilan (PPh) Pasal 21
4.17 Melakukan perhitungan pajak penghasilan (PPh psl 21)
16


3.18   Meng-analisis data pembuatan SPT pajak penghasilan (PPh) Pasal 24
4.18 Melakukan perhitungan pajak penghasilan (PPh psl 24)
16


3.19   Meng-analisis data pembuatan SPT pajak penghasilan  atas bagi hasil dan bonus (PPh) Pasal 26
4.19 Melakukan perhitungan pajak penghasilan  atas bagi hasil dan bonus (PPh psl 26)
16


3.20   Meng-evaluasi penerapan akad pada  transaksi produk pembiayaan bank syariah
4.20 Membuat laporan hasil evaluasi  penerapan akad pada  transaksi produk pembiayaan bank syariah
24


Jumlah Jam  Pelajaran (JP)
 280





Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar