Mata Pelajaran : Pengelolaan Bisnis Konstruksi dan Properti
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Konstruksi dan Properti
Kompetensi Keahlian : Bisnis Konstruksi dan Properti (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik Konstruksi dan Properti
Kompetensi Keahlian : Bisnis Konstruksi dan Properti (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Konstruksi dan Propertipada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Bisnis Konstruksi dan Properti. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis Konstruksi dan Propertipada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Bisnis Konstruksi dan Properti. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1. Memahami konsep jenis-jenis bisnis
konstruksi dan properti
|
4.1
Menyajikan jenis-jenis bisnis konstruksi dan properti
|
8
|
|
|
3.2. Memahami konsep
pengelolaan bisnis konstruksi dan properti
|
4.2 Menyajikan pengelolaan
bisnis konstruksi dan properti
|
8
|
|
|
3.3. Menerapkan prosedur penjadwalan proyek
konstruksi
|
4.3
Membuat penjadwalan proyek konstruksi
|
24
|
Menyusun jadwal pelaksanaan, jadwal peralatan, jadwal personil
dan jadwal material
|
Pelaksana Lapangan Pekerjaan
bangunan perumahan dan gedung . Departemen Pekerjaan Umum
|
3.4. Menganalisa penjadwalan
proyek konstruksi
|
4.4
Merancang penjadwalan proyek konstruksi
|
16
|
Menyusun jadwal pelaksanaan, jadwal peralatan, jadwal personil
dan jadwal material
|
Pelaksana Lapangan Pekerjaan
bangunan perumahan dan gedung – Departemen Pekerjaan Umum
|
3.5. Mengevaluasi penjadwalan
proyek konstruksi
|
4.5 Memperbaiki penjadwalan
proyek konstruksi
|
16
|
|
|
3.6. Memahami konsep
pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
4.6 Menyajikan pembobotan
setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
8
|
|
|
3.7. Menerapkan prosedur
pembobotan setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
4.7 Membuat pembobotan
setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
20
|
|
|
3.8. Mengevaluasi pembobotan
setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
4.8 Memperbaiki pembobotan
setiap jenis pekerjaan konstruksi
|
16
|
|
|
3.9. Memahami konsep
jenis-jenis diagram penjadwalan proyek
|
4.9 Menyajikan jenis-jenis
diagram penjadwalan proyek
|
8
|
|
|
3.10. Menerapkan tahapan
pembuatan jenis-jenis diagram penjadwalan proyek konstruksi
|
4.10 Membuat jenis-jenis diagram penjadwalan
proyek konstruksi
|
32
|
|
|
3.11. Memahami konsep
pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
|
4.11 Menyajikan pengelolaan sumber daya manusia,
bahan, dan peralatan
|
8
|
|
|
3.12. Menerapkan prosedur
pengelolaan sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
|
4.12 Melaksanakan pengelolaan sumber daya
manusia, bahan, dan peralatan
|
36
|
KJI.700.75. Menyiapkan dan mengatur pembagian tugas para tukang dan
pekerja
|
Mandor Konstruksi KJI.700.75.. Departemen
Pekerjaan Umum
|
3.13. Menganalisis pengelolaan
sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
|
4.13 Merancang pengelolaan sumber daya manusia,
bahan, dan peralatan
|
24
|
KJI.700.75. Menyiapkan dan mengatur pembagian tugas para tukang dan
pekerja
|
Mandor Konstruksi KJI.700.75.. Departemen
Pekerjaan Umum
|
3.14. Mengevaluasi pengelolaan
sumber daya manusia, bahan, dan peralatan
|
4.14 Memperbaiki pengelolaan sumber daya manusia,
bahan, dan peralatan
|
16
|
|
|
3.15. Memahami konsep
pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan
konstruksi
|
4.15 Menyajikan pembuatan laporan harian,
mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
|
12
|
|
|
3.16. Menerapkan prosedur
pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan
konstruksi
|
4.16 Membuat laporan harian, mingguan,
bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
|
30
|
INA 5230.321.02.09.07 Membuat laporan harian dan
mingguan pelaksanaan pekerjaan
|
Pelaksana Lapangan Pekerjaan
gedung. 5231.213.01. Departemen Pekerjaan Umum
|
3.17. Mengevaluasi pembuatan
laporan harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
|
4.17 Memperbaiki laporan
harian, mingguan, bulanan, dan laporan akhir pekerjaan konstruksi
|
18
|
|
|
3.18. Memahami konsep
pengajuan termin pembayaran pekerjaan konsruksi
|
4.18 Menyajikan pengajuan
termin pembayaran pekerjaan konsruksi
|
12
|
|
|
3.19. Menerapkan prosedur pengajuan termin pembayaran pekerjaan
konsruksi
|
4.19 Membuat pengajuan termin pembayaran
pekerjaan konsruksi
|
24
|
KJI.700.75. Melaporkan hasil kegiatan dan
menagih pembayaran
|
Mandor Konstruksi. KJI.700.75. Departemen
Pekerjaan Umum
|
3.20. Mengevaluasi pengajuan
termin pembayaran pekerjaan konsruksi
|
4.20
Memperbaiki pengajuan termin pembayaran pekerjaan
konsruksi
|
12
|
|
|
Jumlah jam pelajaran
|
348
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar