Senin, 09 Juli 2018

KidanKD LAUNDRY

Mata Pelajaran : LAUNDRY
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Akomodasi Perhotelan


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Usaha Perjalanan Wisatapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Usaha Perjalanan Wisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1  Mendeskripsikan  laundry section
4.1 Menunjukkan   laundry section
12
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
Housekeeping

3.2 Memahami jenis peralatan  dan perlengkapan manual laundry
4.2 Menunjukan jenis peralatan dan perlengkapan manual laundry
12
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
     Memahami jenis
3.3  peralatan dan perlengkapan makinal laundry
4.3 Menunjukan jenis peralatan  dan perlengkapan makinal laundry
12
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
3.4 Memahami penggunaan alat dan perlengkapan manual  laundry
4.4 Menggunakann alat dan perlengkapan manual  laundry
12
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
3.5 Memahami penggunaan alat dan perlengkapan makinal laundry
4.5 Menggunakan alat dan perlengkapan makinal laundry
18
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
3.6 Menganalisis  karakteristik bahan pembersih laundry
4.6 Menunjukkan karakteristik bahan pembersih laundry
24
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
Housekeeping

3.7 Memahami pencucian  
4.7 Melaksanakan  pencucian
24
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
3.8 Memahami penyetrikaan
4.8 Melakukan penyetrikaan
24
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
3.9 Memahami  pencucian dry cleaning
4.9 Melakukan pencucian dry cleaning
32
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
3.10 Menerapkan pengemasan dan menyimpan
4.10      Melakukan pengemasan dan menyimpan
32
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
3.11Mengevaluasi laporan laundry
4.11      Mempresentasikan laporan  laundry
24
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
3.12Menerapkan  pelayanan valet
4.12      Melaksanakan pelayanan valet
32
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
Housekeeping
3.13Menganalisis  pencucian berbagai  jenis serat, jenis kain, kecepatan pengeringan,  dan banyaknya noda.
4.13      Melaksanakane pencucian berbagai  jenis serat, jenis kain, kecepatan pengeringan,  dan banyaknya noda.
32
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu

3.14Menganalisis proses pencucian linen hotel
4.14      Melakukan pencucian linen hotel
32
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu

3.15Menganalisis proses pencucian uniform hotel
4.15      Melakukan pencucian uniform hotel
32
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu

3.16 Menganalisis proses pencucian guest laundry
4.16      Melakukan proses pencucian guest laundry
32
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu



Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar