Mata Pelajaran : LAUNDRY
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Akomodasi Perhotelan
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Perhotelan dan Jasa Pariwisata
Kompetensi Keahlian : Akomodasi Perhotelan
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Usaha Perjalanan Wisatapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Usaha Perjalanan Wisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Usaha Perjalanan Wisatapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Usaha Perjalanan Wisata. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Mendeskripsikan laundry section
|
4.1 Menunjukkan laundry section
|
12
|
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
|
Housekeeping
|
3.2 Memahami
jenis peralatan
dan
perlengkapan manual laundry
|
4.2 Menunjukan
jenis peralatan dan perlengkapan manual laundry
|
12
|
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
|
|
Memahami jenis
3.3 peralatan dan perlengkapan makinal
laundry
|
4.3 Menunjukan jenis peralatan dan perlengkapan
makinal laundry
|
12
|
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
|
|
3.4 Memahami penggunaan alat dan perlengkapan manual laundry
|
4.4 Menggunakann alat dan perlengkapan manual laundry
|
12
|
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
|
|
3.5 Memahami penggunaan alat dan perlengkapan makinal laundry
|
4.5 Menggunakan alat dan perlengkapan makinal laundry
|
18
|
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
|
|
3.6 Menganalisis
karakteristik bahan pembersih laundry
|
4.6 Menunjukkan karakteristik bahan pembersih laundry
|
24
|
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
|
Housekeeping
|
3.7 Memahami pencucian
|
4.7 Melaksanakan pencucian
|
24
|
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
|
|
3.8 Memahami penyetrikaan
|
4.8 Melakukan penyetrikaan
|
24
|
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
|
|
3.9 Memahami pencucian dry cleaning
|
4.9 Melakukan pencucian dry cleaning
|
32
|
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
|
|
3.10 Menerapkan pengemasan dan menyimpan
|
4.10
Melakukan pengemasan dan menyimpan
|
32
|
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
|
|
3.11Mengevaluasi
laporan laundry
|
4.11
Mempresentasikan
laporan laundry
|
24
|
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
|
|
3.12Menerapkan pelayanan valet
|
4.12
Melaksanakan pelayanan valet
|
32
|
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
|
Housekeeping
|
3.13Menganalisis pencucian berbagai jenis serat, jenis kain, kecepatan pengeringan, dan banyaknya noda.
|
4.13
Melaksanakane pencucian berbagai jenis serat, jenis
kain, kecepatan pengeringan, dan banyaknya
noda.
|
32
|
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
|
|
3.14Menganalisis
proses pencucian linen hotel
|
4.14
Melakukan pencucian linen hotel
|
32
|
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
|
|
3.15Menganalisis
proses pencucian uniform
hotel
|
4.15
Melakukan pencucian uniform hotel
|
32
|
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
|
|
3.16 Menganalisis proses pencucian guest laundry
|
4.16
Melakukan proses pencucian guest laundry
|
32
|
PAR.HT02.029.01
Menangani Linen dan pakaian tamu
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar