Mata Pelajaran : Konstruksi Jalan dan Jembatan
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik konstruksi dan Properti
Kompetensi Keahlian : Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik konstruksi dan Properti
Kompetensi Keahlian : Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT
KOMPETENSI
|
SKEMA
SERTIFIKASI
|
3.1 Memahami
klasifikasi jalan
|
4.1 Menyajikan klasifikasi
jalan
|
5 JP
|
Melakukan persiapan pelaksanaan pekerjaan jalan
INA.5211.221.01.02.07
|
LPJKN/Departemen Pekerjaan Umum, Pelaksana Lapangan
jalan
|
3.2 Memahami
klasifikasi jembatan
|
4.2 Menyajikan klasifikasi
jembatan
|
5 JP
|
||
3.3 Memahami jenis
drainase jalan dan jembatan
|
4.3 Menyajikan jenis drainase
jalan dan jembatan
|
10 JP
|
||
3.4
Memahami spesifikasi bahan perkerasan jalan,
|
4.4 Menyajikan spesifikasi bahan perkerasan jalan,
|
10 JP
|
Belum
Ada
|
Diusulkan Menjadi Unit Kompetensi pada Skema
Bidang Gambar Bangunan, Kluster Juru Gambar Jalan dan Jembatan
|
3.5
Memahami spesifikasi jembatan
|
4.5 Menyajikan spesifikasi jembatan
|
10 JP
|
Melaksanakan pekerjaan jalan
INA.5211.221.01.03.07
|
LPJKN/Departemen Pekerjaan Umum, Pelaksana Lapangan
jalan
|
3.6
Memahami spesifikasi drainase
|
4.6 Menyajikan spesifikasi drainase
|
10 JP
|
||
3.7 Memahami jenis
kontruksi perkerasan jalan
|
4.7 Menyajikan jenis kontruksi
perkerasan jalan
|
10 JP
|
||
3.8 Memahami jenis
kontruksi jembatan
|
4.8 Menyajikan berbagai jenis
kontruksi jembatan
|
10 JP
|
||
3.9
Memahami prinsip alinyemen horisontal dan
vertical jalan
|
4.9 Menyajikan alinyemen horisontal
dan vertikal jalan
|
10 JP
|
SPL.KS21.231.00
Menggambar/plot Peta, Diagram Dan Profil
|
Skema Bidang Gambar Bangunan, Kluster Juru
Gambar Jalan dan Jembatan
|
3.10
Memahami
data peta topografi
|
4.10 Menyajikan data peta
topografi
|
10 JP
|
SPL.KS21.234.00
Mengidentifikasi Simbol-Simbol Yang Terdapat
Pada Survai Peta Topografi
|
Diusulkan Skema Bidang Gambar Bangunan, Kluster
Juru Gambar Jalan dan Jembatan BNSP
|
3.11
Memahami konsep dasar gambar konstruksi jalan
dan jembatan
|
4.11 Menyajikan hasil konsep
dasar gambar konstruksi jalan dan jembatan
|
10
|
SPL.KS21.231.00
Menggambar/plot Peta, Diagram Dan Profil
|
Skema Bidang Gambar Bangunan, Kluster Juru
Gambar Jalan dan Jembatan
|
3.12 Memahami
persyaratan penggambaran konstruksi jalan dan jembatan
|
4.12 Menyajikan persyaratan
penggambaran konstruksi jalan dan jembatan
|
10 JP
|
||
3.13 Menerapkan prosedur
pembuatan gambar jalan dan jembatan kedalam peta topografi
|
4.13 Menggambar siteplan jalan
dan jembatan
|
25 JP
|
SPL.KS21.233.00
Mengaplikasikan sketsa kasar gambar, spesifikasi
dan data teknik
|
|
3.14 Menerapkan
prosedur pembuatan gambar denah jalan dan jembatan
|
4.14 Menggambar denah jalan dan
jembatan
|
25 JP
|
||
3.15 Menerapkan
prosedur pembuatan gambar tampak jalan dan jembatan
|
4.15 Menggambar tampak jalan dan
jembatan
|
30 JP
|
||
3.16 Menerapkan
prosedur pembuatan gambar potongan jalan dan jembatan
|
4.16 Menggambar potongan jalan
dan jembatan
|
30 JP
|
SPL.KS21.233.00
Mengaplikasikan sketsa kasar gambar, spesifikasi
dan data teknik
|
Skema Bidang Gambar Bangunan, Kluster Juru
Gambar Jalan dan Jembatan
|
3.17 Menerapkan
prosedur pembuatan gambar detail konstruksi jalan
|
4.17 Menggambar Detail Konstruksi Jalan
|
30 JP
|
SPL.KS21.232.00
Membuat draft gambar rinci bangunan, instalasi
dan proyek konstruksi
|
|
3.18 Menerapkan
prosedur pembuatan gambar detail konstruksi jembatan
|
4.18 Menggambar Detail Konstruksi Jembatan
|
30 JP
|
||
3.19 Mengevaluasi
gambar jalan dan jembatan
|
4.19 Menyempurnakan hasil penggambaran jalan
dan jembatan
|
25 JP
|
SPL.KS21.233.00
Mengaplikasikan sketsa kasar gambar, spesifikasi
dan data teknik
|
|
3.20 Menerapkan prosedur pembuatan maket jalan dan jembatan
|
4.20 Membuat maket jalan dan jembatan
|
30 JP
|
Belum ada
|
Diusulkan skema sertifikasi desain pemodelan
|
3.21 Menerapkan
prosedur pembuatan laporan
|
4.21 Membuat laporan
|
20 JP
|
SPL.KS21.233.00
Mengaplikasikan sketsa kasar gambar, spesifikasi
dan data teknik
|
Skema Bidang Gambar Bangunan, Kluster Juru Gambar
Jalan dan Jembatan
|
JUMLAH JAM
|
350 JP
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar