Mata Pelajaran : Estimasi Biaya Konstruksi
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik konstruksi dan Properti
Kompetensi Keahlian : Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan (3 Tahun)
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik konstruksi dan Properti
Kompetensi Keahlian : Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan (3 Tahun)
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT
KOMPETENSI
|
SKEMA
SERTIFIKASI
|
3.1 Memahami jenis – jenis pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
|
4.1
Menyajikan unsur-unsur
dan fungsi pengelola pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
|
12 JP
|
F45.QS 02.005.09
Mengerjakan dokumen tender
|
KEMEN PU
|
3.2 Memahami tahapan-tahapan pekerjaan konstruksi gedung, jalan
dan jembatan
|
4.2
Menyajikan tahapan-tahapan pekerjaan konstruksi gedung, jalan
dan jembatan
|
12 JP
|
||
3.3
Memahami dokumen kontrak
|
4.3
Menyajikan
dokumen kontrak
|
12 JP
|
SPL.QS02.006.00
Menyiapkan Dokumen Kontrak, SKKNI
No.06/MEN/I/2011
|
Diusulkan Skema Estimasi Biaya Konstruksi
|
3.4
Memahami Rencana Kerja dan syarat-syarat (RKS)
|
4.4
Menyajikan rencana Kerja dan syarat-syarat (RKS)
|
12 JP
|
F45.QS 02.005.09
Mengerjakan dokumen tender
|
KEMEN PU
|
3.5
Memahami Spesifikasi Teknis pekerjaan
|
4.5
Menyajikan Spesifikasi Teknis pekerjaan
|
12 JP
|
||
3.6 Memahami spesifikasi bahan-bahan
pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
|
4.6
Menyajikan spesifikasi bahan-bahan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
|
16 JP
|
||
3.7 Memahami jenis
peralatan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
|
4.7
Menyajikan jenis peralatan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
|
16 JP
|
||
3.8 Memahami metode estimasi
biaya
|
4.8 Menyajikan metode
estimasi biaya
|
12 JP
|
F45.EST EBJ.02.004.01
Melakukan perhitungan estimasi biaya
|
KEMEN PU
|
3.9 Memahami metode analisa
harga satuan
|
4.9 Menyajikan metode
analisa harga satuan
|
12 JP
|
||
3.10 Menerapkan perhitungan volume pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
|
4.10 Menghitung volume pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
|
32 JP
|
||
3.11 Menerapkan analisa harga satuan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
|
4.11 Menghitung harga satuan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
|
32 JP
|
||
3.12 Menganalisa estimasi biaya pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
|
4.12 Menghitung estimasi biaya pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
|
36 JP
|
||
3.13 Mengevaluasi estimasi biaya pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
|
4.13 Memeriksa hasil estimasi biaya pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
|
20 JP
|
||
3.14 Memahami konsep time
schedule dan kurva S
|
4.14 Menyajikan konsep time
schedule dan kurva S
|
12 JP
|
F45.QS 02.005.09
Mengerjakan dokumen tender
|
KEMEN PU
|
3.15 Menerapkan
dasar-dasar perhitungan bobot prosentase pekerjaan RAB
|
4.15 Menghitung bobot prosentase pekerjaan RAB
|
24 JP
|
SPL.QS02.003.00
Mengerjakan Rencana Anggaran Final (Owner
Estimate), SKKNI No.06/MEN/I/2011
|
Diusulkan Skema Estimasi Biaya Konstruksi
|
3.16 Menerapkan cara
pembuatan Time schedule
|
4.16 Membuat Time schedule
|
24 JP
|
F45.QS 02.005.09
Mengerjakan dokumen tender
|
KEMEN PU
|
3.17 Menerapkan prosedur
pembuatan kurva S
|
4.17 Membuat kurva S
|
16 JP
|
||
3.18
Mengevaluasi time schedule
dan kurva S
|
4.18
Menyempurnakan Time schedule dan kurva S
|
20 JP
|
||
3.19 Menerapkan prosedur
penyusunan laporan pekerjaan
konstruksi gedung, jalan dan jembatan
|
4.19 Membuat laporan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
|
16 JP
|
F45.EST EBJ.02.005.01
Membuat laporan estimasi
biaya
|
KEMEN PU
|
JUMLAH JAM
|
348 JP
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar