Senin, 09 Juli 2018

KidanKD Estimasi Biaya Konstruksi - Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan

Mata Pelajaran : Estimasi Biaya Konstruksi
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian : Teknik konstruksi dan Properti
Kompetensi Keahlian : Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan (3 Tahun)


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1  Memahami jenis – jenis pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
4.1     Menyajikan unsur-unsur dan fungsi pengelola pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
12 JP
F45.QS 02.005.09
Mengerjakan dokumen tender
KEMEN PU
3.2  Memahami tahapan-tahapan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
4.2     Menyajikan tahapan-tahapan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
12 JP
3.3     Memahami dokumen kontrak
4.3     Menyajikan dokumen kontrak
12 JP
SPL.QS02.006.00
Menyiapkan Dokumen Kontrak, SKKNI No.06/MEN/I/2011
Diusulkan Skema Estimasi Biaya Konstruksi
3.4     Memahami Rencana Kerja dan syarat-syarat (RKS)
4.4     Menyajikan rencana Kerja dan syarat-syarat (RKS)  
12 JP
F45.QS 02.005.09
Mengerjakan dokumen tender
KEMEN PU
3.5     Memahami Spesifikasi Teknis pekerjaan
4.5      Menyajikan Spesifikasi Teknis pekerjaan
12 JP
3.6  Memahami spesifikasi bahan-bahan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
4.6     Menyajikan spesifikasi bahan-bahan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
16 JP
3.7  Memahami jenis peralatan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
4.7     Menyajikan jenis peralatan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
16 JP
3.8  Memahami metode estimasi biaya
4.8     Menyajikan metode estimasi biaya
12 JP
F45.EST EBJ.02.004.01
Melakukan perhitungan estimasi biaya

KEMEN PU
3.9  Memahami metode analisa harga satuan
4.9     Menyajikan metode analisa harga satuan
12 JP
3.10 Menerapkan perhitungan volume pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
4.10 Menghitung volume pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
32 JP
3.11 Menerapkan analisa harga satuan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
4.11 Menghitung harga satuan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
32 JP
3.12 Menganalisa estimasi biaya pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
4.12 Menghitung estimasi biaya pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
36 JP
3.13 Mengevaluasi estimasi biaya pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
4.13 Memeriksa hasil estimasi biaya pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
20 JP
3.14 Memahami konsep time schedule dan kurva S
4.14 Menyajikan konsep time schedule dan kurva S
12 JP
F45.QS 02.005.09
Mengerjakan dokumen tender
KEMEN PU
3.15 Menerapkan dasar-dasar perhitungan bobot prosentase pekerjaan RAB
4.15 Menghitung bobot prosentase pekerjaan RAB
24 JP
SPL.QS02.003.00
Mengerjakan Rencana Anggaran Final (Owner Estimate), SKKNI No.06/MEN/I/2011
Diusulkan Skema Estimasi Biaya Konstruksi
3.16 Menerapkan cara pembuatan Time schedule
4.16 Membuat Time schedule
24 JP
F45.QS 02.005.09
Mengerjakan dokumen tender
KEMEN PU
3.17 Menerapkan prosedur pembuatan kurva S
4.17 Membuat kurva S
16 JP
3.18 Mengevaluasi time schedule dan kurva S
4.18 Menyempurnakan Time schedule dan kurva S
20 JP
3.19 Menerapkan prosedur penyusunan laporan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
4.19 Membuat laporan pekerjaan konstruksi gedung, jalan dan jembatan
16 JP

F45.EST EBJ.02.005.01

Membuat laporan estimasi biaya

KEMEN PU

JUMLAH JAM
348 JP



Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar