Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Tata Busana
Kompetensi Keahlian : Tata Busana (3 Tahun)
Mata Pelajaran : Desain Busana
Program Keahlian : Tata Busana
Kompetensi Keahlian : Tata Busana (3 Tahun)
Mata Pelajaran : Desain Busana
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Busanapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Busana. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Busanapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Busana. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Menerapkan
desain busana anak sesuai dengan konsep colase
|
4.1
Membuat desain busana anak sesuai dengan konsep colase
|
3
|
GAR.CM03.001.01
Membuat desain busana
|
Asisten Desainer
|
3.2
Menganalisis
pembuatan rok sesuai dengan konsep colase
|
4.2
Membuat
desain rok sesuai dengan konsep colase
|
3
|
||
3.3
Menerapkan
desain busana rumah sesuai dengan konsep colase
|
4.3
Membuat desain busana rumah sesuai dengan konsep colase
|
3
|
||
3.4
Menerapkan
desain blus sesuai
dengan konsep colase
|
4.4
Membuat
desain blus sesuai dengan konsep colase
|
3
|
||
3.5 Menganalisis desain busana kerja wanita dengan
proporsi ilustrasi ( 1:9 s/d 1:13 )
secara manual dan digital
|
4.5
Membuat
desain busana kerja wanita dengan proporsi ilustrasi ( 1:9 s/d 1:13 ) secara
manual dan digital
|
6
|
||
3.6 Menerapkan desain kemeja sesuai dengan konsep
colase
|
4.6
Membuat desain
kemeja sesuai dengan konsep colase
|
6
|
||
3.7 Menerapkan desain celana kerja sesuai dengan
konsep colase
|
4.7
Membuat
desain celana kerja sesuai dengan konsep colase
|
6
|
||
3.8 Menganalisis desain celana santai sesuai dengan
konsep colase
|
4.8
Membuat
desain celana santai sesuai dengan konsep colase
|
6
|
||
3.9 Menerapkan desain tunik sesuai dengan konsep
colase
|
4.9
Membuat
desain tunik sesuai dengan konsep colase
|
6
|
||
3.10 Menerapkan desain gamis secara digital sesuai
dengan konsep colase
|
4.10 Membuat desain gamis secara digital sesuai dengan
konsep colase
|
6
|
||
3.11 Menganalisis desain busana pesta wanita secara
digital sesuai dengan konsep colase
|
4.11 Membuat
desain busana pesta wanita secara digital sesuai dengan konsep colase
|
6
|
||
3.12 Menerapkan
desain busana kerja pria secara digital sesuai dengan konsep colase
|
4.12 Membuat desain busana kerja pria secara digital
sesuai dengan konsep colase
|
6
|
GAR.CM03.001.01
Membuat desain busana
|
|
3.13 Menerapkan desain busana pesta pria secara
digital sesuai dengan konsep colase
|
4.13 Membuat desain busana pesta pria secara digital
sesuai dengan konsep colase
|
6
|
||
3.14 Menerapkan desain bolero secara digital sesuai
dengan konsep colase
|
4.14 Membuat desain bolero secara digital sesuai
dengan konsep colase
|
6
|
||
3.15 Menerapkan desain busana rompi secara digital
sesuai dengan konsep colase
|
4.15 Membuat desain rompi secara digital sesuai
dengan konsep colase
|
6
|
||
3.16 Menerapkan desain jas secara digital sesuai
dengan konsep colase
|
4.16 Membuat desain jas secara digital sesuai dengan
konsep colase
|
6
|
||
3.17 Menerapkan desain gaun secara digital sesuai dengan
konsep colase
|
4.17 Membuat desain gaun secara digital sesuai dengan
konsep colase
|
6
|
||
3.18 Menerapkan desain kamisol sesuai dengan konsep
colase
|
4.18 Membuat desain kamisol sesuai dengan konsep
colase
|
6
|
||
3.19 Menerapkan desain kebaya sesuai dengan konsep
colase
|
4.19 Membuat desain kebaya sesuai dengan konsep
colase
|
6
|
||
3.20 Mengevaluasi hasil pembuatan desain secara
manual dan digital
|
4.20 Membuat laporan hasil evaluasi pembuatan desain
secara manual dan digital
|
6
|
Tidak Ada
|
Tidak Ada
|
Jumlah Jam Pelajaran
|
108
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar