Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Tata Busana
Kompetensi Keahlian : Tata Busana (3 Tahun)
Mata Pelajaran : Pembuatan Hiasan Busana Busana
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Busanapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Busana. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Program Keahlian : Tata Busana
Kompetensi Keahlian : Tata Busana (3 Tahun)
Mata Pelajaran : Pembuatan Hiasan Busana Busana
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Tata Busanapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Tata Busana. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1
Menerapkan tusuk dasar hiasan dalam suatu produk
|
4.1
Membuat tusuk
dasar hiasan dalam suatu produk
|
5
|
GAR.CM03.003.01
Membuat Hiasan pada Busana
|
Operator yunior
|
3.2
Mengananalisis
rancangan (lab sheet) sulaman bordir dalam suatu produk
|
4.2 Membuat rancangan (lab sheet ) sulaman bordir dalam suatu produk
|
10
|
||
3.3
Menerapkan
sulaman bordir dalam suatu produk
|
4.3
Membuat sulaman bordir dalam suatu produk
|
20
|
||
3.4
Mengananalisis
rancangan (lab sheet) sulaman fantasi dalam suatu produk
|
4.4
Membuat
rancangan (lab sheet ) sulaman
fantasi dalam suatu produk
|
5
|
||
3.5
Menerapkan
sulaman fantasi dalam suatu produk
|
4.5
Membuat sulaman fantasi dalam suatu produk
|
15
|
||
3.6
Mengananalisis rancangan (lab sheet) sulaman aplikasi dalam suatu produk
|
4.6 Membuat rancangan (lab sheet ) sulaman aplikasi dalam suatu produk
|
10
|
||
3.7
Menerapkan
sulaman aplikasi dalam suatu produk
|
4.7
Membuat Sulaman aplikasi dalam suatu produk
|
20
|
||
3.8
Mengananalisis
rancangan (lab sheet) sulaman burci (payet) dalam suatu produk
|
4.8 Membuat rancangan (lab sheet ) Sulaman burci
(payet) dalam suatu produk
|
10
|
||
3.9
Membuat sulaman burci (payet) dalam suatu produk
|
4.9
Membuat sulaman burci (payet) dalam suatu produk
|
20
|
||
3.10 Mengananalisis rancangan (lab sheet) sulaman
pita dalam suatu produk
|
4.10 Membuat rancangan (lab sheet) sulaman pita dalam suatu produk
|
10
|
||
3.11 Menerapkan sulaman pita dalam suatu produk
|
4.11 Membuat
sulaman pita dalam suatu produk
|
15
|
||
3.12 Mengananalisis rancangan (lab sheet) sulaman
smock dalam suatu produk
|
4.12 Membuat rancangan (lab sheet) sulaman smock dalam suatu
produk
|
5
|
||
3.13 Menerapkan sulaman smock dalam suatu produk
|
4.13 Membuat
sulaman smock dalam suatu produk
|
20
|
||
3.14 Mengevaluasi pembuatan hiasan busana
|
4.14 Membuat laporan evaluasi pembuatan hias busana
|
15
|
Tidak ada
|
Tidak ada
|
Jumlah jam Pelajaran
|
180
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar