Mata Pelajaran : Akuntansi Perbankan Syariah
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Akuntansi dan Keuangan
Kompetensi Keahlian : Perbankan Syariah
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Akuntansi dan Keuangan
Kompetensi Keahlian : Perbankan Syariah
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Memahami perbedaan akuntansi perbankan syariah dengan akuntansi keuangan
|
4.1
Memilah
akuntansi perbankan
syariah dengan akuntansi keuangan
|
8
|
M.692000.001.02
Menerapkan prinsip praktik profesional dalam
bekerja
|
Teknisi Akuntansi Yunior- Syariah
|
3.2
Menganalisis persamaan dasar akuntansi perbankan syariah
|
4.2 Membuat persamaan dasar akuntansi perbankan syariah
|
20
|
M.692000.007.02
Memproses entry jurnal
|
|
3.3
Menerapkan mekanisme debit kredit akuntansi perbankan syariah
|
4.3 Melakukan mekanisme debit kredit
akuntansi perbankan syariah
|
8
|
M.692000.007.02
Memproses entry jurnal
|
|
3.4
Meng-analisis pencatatan transaksi tabungan pada bank syariah
|
4.4
Mencatat transaksi tabungan
pada bank syariah
|
20
|
M.692000.007.02
Memproses entry jurnal
|
|
3.5
Meng-analisis pencatatan transaksi giro pada bank syariah
|
4.5
Mencatat transaksi giro pada bank syariah
|
20
|
M.692000.007.02
Memproses entry jurnal
|
|
3.6
Meng-analisis pencatatan transaksi deposito pada bank syariah
|
4.6
Mencatat transaksi deposito pada bank syariah
|
20
|
M.692000.007.02
Memproses entry jurnal
|
|
3.7
Meng-analisis pencatatan transaksi sumber dana wadiah
|
4.7
Mencatat transaksi sumber dana wadiah
|
20
|
M.692000.028.02
Mengelola
dokumen transaksi sumber dana wadiah
|
|
3.8
Meng-analisis pencatatan transaksi pembiayaan murabahah pada bank syariah
|
4.8 Mencatat transaksi pembiayaan
murabahah pada bank syariah
|
20
|
M.692000.026.02
Mengelola
dokumen transaksi murabahah
entitas bisnis syariah
|
|
3.9
Meng-analisis pencatatan transaksi pem-biayaan
mudharabah pada bank syariah
|
4.9 Mencatat transaksi pembiayaan
mudharabah pada bank syariah
|
20
|
M.692000.027.02
Mengelola
dokumen transaksi
mudharabah entitas bisnis syariah
|
|
3.10 Meng-analisis pencatatan
transaksi pem-biayaan musyarakah pada bank syariah
|
4.10 Mencatat transaksi pembiayaan musyarakah pada bank syariah
|
20
|
M.692000.029.01
Mengelola
dokumen transaksi musyarakah
entitas bisnis syariah
|
Teknisi Akuntansi Pratama - Syariah
|
3.11 Meng-analisis pencatatan
transaksi valuta asing (sharf)
|
4.11
Mencatat transaksi valuta asing (sharf)
|
20
|
M.692000.030.01
Mengelola
dokumen transaksi syariah
berbasis fee entitas bisnis
syariah
|
|
3.12 Meng-analisis pencatatan
transaksi kartu ATM, kartu kredit syariah dan travelling cheque
|
4.12
Mencatat transaksi kartu ATM, kartu kredit syariah dan travelling cheque
|
20
|
||
3.13 Meng-analisis pencatatan
transaksi safe deposit box pada bank syariah
|
4.13
Mencatat transaksi safe
deposit box pada bank syariah
|
20
|
||
3.14 Meng-analisis pencatatan
transaksi Letter of Credit pada bank syariah
|
4.14
Mencatat transaksi Letter of Credit pada bank syariah
|
20
|
||
3.15 Meng-analisis pencatatan
transaksi bank garansi pada bank syariah
|
4.15
Mencatat transaksi bank garansi pada bank syariah
|
20
|
||
3.16 Meng-analisis pencatatan
transaksi pembiayaan salam pada bank syariah
|
4.16 Mencatat transaksi pembiayaan salam pada bank syariah
|
20
|
M.692000.033.01
Mengelola
dokumen transaksi salam
entitas bisnis syariah
|
Teknisi Akuntansi Madyar- Syariah
|
3.17 Meng-analisis pencatatan
transaksi pembiayaan isthisna pada bank syariah
|
4.17 Mencatat transaksi pembiayaan isthisna pada bank syariah
|
20
|
M.692000.034.01
Mengelola
dokumen transaksi isthisna
entitas bisnis syariah
|
|
3.18 Meng-analisis pencatatan ke
dalam buku besar
|
4.18
Mem-posting ke dalam buku besar
|
20
|
M.692000.008.02
Memproses buku besar
|
Teknisi Akuntansi Yunior- Syariah
|
3.19 Meng-analisis penyusunan neraca
saldo
|
4.19
Menyusun neraca saldo
|
20
|
M.692000.013.02
Menyusun laporan keuangan
|
|
3.20 Meng-analisis penyusun-an neraca lajur
|
4.20
Menyusun neraca lajur
|
40
|
||
3.21 Meng-analisis jurnal penyesuai-an
|
4.21
Membuat jurnal penyesuaian
|
34
|
||
3.22 Meng-analisis penyusun-an laporan keuangan bank syariah
|
4.22
Menyusun laporan keuangan bank
syariah
|
40
|
||
3.23 Meng-evaluasi laporan keuangan bank syariah
|
4.23
Membuat
rumusan hasil evaluasi laporan keuangan bank syariah
|
20
|
|
|
Jumlah Jam Pelajaran (JP)
|
490
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar