Selasa, 10 Juli 2018

KidanKD Komputer Akuntansi - Perbankan Syariah

Mata Pelajaran : Komputer Akuntansi
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Akuntansi dan Keuangan
Kompetensi Keahlian : Perbankan Syariah

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1      Menerapkan program komputer akuntansi

4.1     Menginstal program komputer akuntansi 

10
SKKNI
M.692000.020.02
Mengimplementasikan Suatu Sistem Komputer Akuntansi
Teknisi Akuntansi Yunior- Syariah
3.2      Menerapkan komputerisasi file data akuntansi untuk perusahaan jasa.

4.2     Melakukan komputerisasi file data akuntansi untuk perusahaan jasa.

10
SKKNI
M.692000.025.02
Mengembangkan Database
3.3      Menganalisis daftar akun untuk perusahaan jasa.

4.3     Menyusun daftar akun untuk perusahaan jasa.

10
3.4      Menganalisis saldo kartu piutang, kartu utang, kartu item perlengkapan (supplies), kartu item pelayanan jasa atau kartu item barang dagang, kartu aset tetap pada perusahaan jasa.

4.4     Melakukan entry saldo kartu piutang, kartu utang, kartu item perlengkapan (supplies), kartu item pelayanan jasa atau kartu item barang dagang, kartu aset tetap pada perusahaan jasa.


10
3.5      Menganalisis transaksi pembelian bahan-bahan, perlengkapan (supplies), aset tetap, dan pembayaran utang pada perusahaan jasa.

4.5     Melakukan entry transaksi-transaksi pembelian bahan-bahan, perlengkapan (supplies), aset tetap dan pembayaran utang pada perusahaan jasa.


10
3.6      Menganalisis transaksi penjualan jasa dan transaksi pelunasan piutang jasa pada perusahaan jasa.

4.6     Melakukan entry transaksi penjualan jasa dan transaksi pelunasan piutang jasa pada perusahaan jasa.

10
3.7      Menganalisis transaksi penerimaan uang tunai/ kas di bank (bukan dari hasil penjualan jasa) dan pengeluaran uang tunai/kas di bank untuk pembayaran beban-beban pada perusahaan jasa.

4.7     Melakukan entry transaksi yang terkait dengan penerimaan uang tunai/ kas di bank (bukan dari hasil penjualan jasa) dan pengeluaran uang tunai/kas di bank untuk pembayaran beban-beban pada perusahaan jasa.

15
3.8      Menganalisis transaksi penyesuaian (adjustments) pada perusahaan jasa.

4.8     Melakukan entry transaksi penyesuaian (adjustments) pada perusahaan jasa.

15
3.9      Mengevaluasi laporan keuangan perusahaan jasa.

4.9     Mencetak laporan keuangan perusahaan jasa.

5
3.10    Menerapkan file backup untuk data akuntansi perusahaan jasa.

4.10   Membuat file backup untuk data akuntansi perusahaan jasa.

2
3.11    Menerapkan komputerisasi file data akuntansi untuk perusahaan dagang.

4.11   Melakukan komputerisasi file data akuntansi untuk perusahaan dagang.

10
3.12    Menganalisis daftar akun untuk perusahaan dagang.

4.12   Menyusun daftar akun untuk perusahaan dagang.

15
3.13    Menganalisis pencatatan saldo kartu piutang, kartu utang, kartu item perlengkapan (supplies), kartu item barang dagang, dan kartu aset tetap pada perusahaan dagang.
4.13   Melakukan entry saldo kartu piutang, kartu utang, kartu item perlengkapan (supplies), kartu item barang dagang, dan kartu aset tetap pada perusahaan dagang.

15
3.14    Menganalisis pencatatan transaksi pembelian bahan-bahan  perlengkapan (supplies), barang dagangan, aset tetap, dan transaksi pembayaran utang pada perusahaan dagang.

4.14   Melakukan entry transaksi pembelian bahan-bahan perlengkapan (supplies), barang dagangan, aset tetap, dan transaksi pembayaran utang pada perusahaan dagang.

15
3.15    Menganalisis transaksi penjualan barang dagangan  dan transaksi pelunasan piutang  pada perusahaan dagang.

4.15   Melakukan entry transaksi penjualan barang dagangan dan transaksi pelunasan piutang dagang pada perusahaan dagang.

15
3.16    Menganalisis transaksi penerimaan uang tunai/ kas di bank (bukan dari hasil penjualan barang dagangan) dan pengeluaran uang tunai/kas di bank untuk pembayaran beban-beban pada perusahaan dagang.

4.16   Melakukan entry transaksi-transaksi yang terkait dengan penerimaan uang tunai/ kas di bank (bukan dari hasil penjualan barang dagangan) dan pengeluaran uang tunai/kas di bank untuk pembayaran beban-beban pada perusahaan dagang.
15
3.17    Menganalisis transaksi penyesuaian (adjustments) pada perusahaan dagang.

4.17   Melakukan entry transaksi penyesuaian (adjustments) pada perusahaan dagang.
15
3.18    Menganalisis laporan keuangan perusahaan dagang.
4.18   Mencetak laporan keuangan perusahaan dagang.
8
3.19    Menerapkan file backup untuk data akuntansi perusahaan dagang.
4.19   Membuat file backup untuk data akuntansi perusahaan dagang.
2
3.20    Menerapkan komputerisasi file data akuntansi untuk bank syariah.
4.20   Melakukan komputerisasi file data akuntansi untuk bank syariah.
20
3.21    Meng-analisis daftar akun bank syariah.
4.21   Menyusun daftar akun bank syariah.
16
3.22    Meng-analisis saldo piutang, utang, kartu item perlengkapan/supplies, dan kartu asset tetap pada bank syariah.
4.22   Melakukan entry saldo piutang, utang, kartu item perlengkapan/supplies, dan kartu asset tetap pada bank syariah pada bank syariah.
16
3.23    Meng-analisis pencatatan transaksi penghimpunan dan penyaluran  pada bank syariah.
4.23   Melakukan entry transaksi penghimpunan dan penyaluran  pada bank syariah.syariah.
16
3.24    Meng-analisis pencatatan transaksi biaya operasional  pada bank syariah.
4.24   Melakukan entry transaksi biaya biaya operasional  pada bank syariah.
16
3.25    Meng-analisis pencatatan transaksi berbasis fee pada bank syariah.
4.25   Melakukan entry transaksi berbasis fee pada bank syariah.

16
3.26    Meng-analisis transaksi penyesuaian (adjustments) pada bank syariah.
4.26   Melakukan entry transaksi penyesuaian (adjustments) pada bank syariah.
15
3.27    Meng-evaluasi laporan keuangan bank syariah.
4.27   Mencetak laporan keuangan bank syariah.
10
3.28    Menerapkan file backup untuk data akuntansi bank syariah.
4.28   Membuat file backup untuk data akuntansi bank syariah.

3
JUMLAH JAM PELAJARAN (JP)
382





Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar