Mata Pelajaran : Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Akuntansi dan Keuangan
Kompetensi Keahlian : Perbankan dan Keuangan Mikro
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Akuntansi dan Keuangan
Kompetensi Keahlian : Perbankan dan Keuangan Mikro
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT
KOMPETENSI
|
SKEMA
SERTIFIKASI
|
3.1 Memahami perbedaan akuntansi bank dengan
akuntansi keuangan
|
4.1 Mempresentasikan akuntansi bank dengan akuntansi keuangan
|
8
|
K.641212.001.01
Melakukan
proses transaksi back
office. |
Operation Back Office
|
3.2
Menganalisis persamaan dasar akuntansi bank
|
4.2 Membuat persamaan dasar akuntansi bank
|
14
|
||
3.3
Menerapkan mekanisme debit kredit
akuntansi bank
|
4.3 Mencatat debit kredit akuntansi bank
|
12
|
||
3.4 Menganalisis
pencatatan transaksi tabungan
|
4.4 Mencatat transaksi tabungan
|
26
|
KEU.GB02.001.01
Merencanakan, Mempersiapkan dan Melaksanakan Kegiatan Penjualan
Produk dan jasa Perbankan
|
Operation Back Office
|
3.5 Menganalisis
pencatatan transaksi giro
|
4.5 Mencatat transaksi giro
|
26
|
||
3.6 Menganalisis
pencatatan transaksi deposito
|
4.6 Mencatat transaksi deposito
|
26
|
||
3.7 Menganalisis
pencatatan transaksi kredit
|
4.7
Mencatat transaksi kredit
|
26
|
||
3.8 Menganalisis
pencatatan
|
4.8
Mencatat transaksi valuta asing
|
26
|
||
3.9 Menganalisis
pencatatan transaksi kartu ATM, kartu kredit dan travelling cheque
|
4.9
Mencatat transaksi kartu ATM, kartu kredit dan travelling cheque
|
26
|
||
3.10
Menganalisis pencatatan
transaksi safe deposit box
|
4.10
Mencatat transaksi safe deposit box
|
26
|
||
3.11
Menganalisis pencatatan
transaksi Letter of Credit
|
4.11
Mencatat transaksi Letter of Credit
|
26
|
KEU.GB02.001.01
Merencanakan, Mempersiapkan dan Melaksanakan Kegiatan Penjualan
Produk dan jasa Perbankan
|
Operation Back Office
|
3.12
Menganalisis pencatatan
transaksi bank garansi
|
4.12
Mencatat transaksi bank garansi
|
28
|
||
3.13
Menganalisis pencatatan
penerimaan dan pembayaran bunga
|
4.13
Mencatat penerimaan dan pembayaran bunga
|
30
|
||
3.14
Menganalisis pencatatan ke
dalam buku besar
|
4.14
Mencatat ke dalam buku besar
|
26
|
||
3.15
Menganalisis penyusunan
neraca saldo
|
4.15
Menyusun neraca saldo
|
26
|
||
3.16
Menganalisis penyusunan
neraca lajur
|
4.16
Menyusun neraca lajur
|
26
|
||
3.17
Menganalisis jurnal
penyesuaian
|
4.17
Membuat jurnal penyesuaian
|
26
|
||
3.18
Menganalisis penyusunan
laporan keuangan bank
|
4.18
Menyusun laporan keuangan bank
|
38
|
||
3.19
Mengevaluasi Akuntansi
Perbankan
|
4.19
Membuat laporan evaluasi Akuntansi Perbankan
|
12
|
|
|
JUMLAH
JAM PELAJARAN (JP)
|
454
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar