Selasa, 10 Juli 2018

KidanKD Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro

Mata Pelajaran : Akuntansi Perbankan dan Keuangan Mikro
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Akuntansi dan Keuangan
Kompetensi Keahlian : Perbankan dan Keuangan Mikro

KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1 Memahami perbedaan akuntansi bank dengan akuntansi keuangan
4.1  Mempresentasikan  akuntansi bank dengan akuntansi keuangan
8
K.641212.001.01
Melakukan proses transaksi back
office.


Operation Back Office
3.2 Menganalisis persamaan dasar akuntansi bank
4.2  Membuat persamaan dasar akuntansi bank
14
3.3  Menerapkan mekanisme debit kredit akuntansi bank
4.3  Mencatat debit kredit akuntansi bank
12
3.4  Menganalisis pencatatan transaksi tabungan
4.4   Mencatat  transaksi tabungan
26
KEU.GB02.001.01
Merencanakan, Mempersiapkan dan Melaksanakan Kegiatan Penjualan Produk  dan jasa Perbankan
















Operation Back Office

3.5  Menganalisis pencatatan transaksi giro
4.5  Mencatat transaksi giro
26
3.6  Menganalisis pencatatan transaksi deposito
4.6  Mencatat transaksi deposito
26
3.7  Menganalisis pencatatan transaksi kredit
4.7   Mencatat  transaksi kredit
26
3.8  Menganalisis pencatatan
4.8       Mencatat transaksi valuta asing
26
3.9  Menganalisis pencatatan transaksi kartu ATM, kartu kredit dan travelling cheque
4.9       Mencatat transaksi kartu ATM, kartu kredit dan travelling cheque
26
3.10    Menganalisis pencatatan transaksi safe deposit box
4.10    Mencatat transaksi safe deposit box
26
3.11     Menganalisis pencatatan transaksi Letter of Credit
4.11    Mencatat transaksi Letter of Credit
26
KEU.GB02.001.01
Merencanakan, Mempersiapkan dan Melaksanakan Kegiatan Penjualan Produk  dan jasa Perbankan
Operation Back Office
3.12     Menganalisis pencatatan transaksi bank garansi
4.12    Mencatat transaksi bank garansi
28
3.13     Menganalisis pencatatan penerimaan dan pembayaran bunga
4.13    Mencatat penerimaan dan pembayaran bunga
30
3.14     Menganalisis pencatatan ke dalam buku besar
4.14    Mencatat  ke dalam buku besar
26
3.15     Menganalisis penyusunan neraca saldo
4.15    Menyusun neraca saldo
26
3.16     Menganalisis penyusunan neraca lajur
4.16    Menyusun neraca lajur
26
3.17     Menganalisis jurnal penyesuaian
4.17    Membuat jurnal penyesuaian
26
3.18     Menganalisis penyusunan laporan keuangan bank
4.18    Menyusun laporan keuangan bank
38
3.19     Mengevaluasi Akuntansi Perbankan
4.19    Membuat laporan evaluasi Akuntansi Perbankan
12


JUMLAH JAM PELAJARAN (JP)
454





Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar