Mata Pelajaran : Layanan Lembaga Perbankan dan Keuangan Mikro
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Akuntansi dan Keuangan
Kompetensi Keahlian : Perbankan dan Keuangan Mikro
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Akuntansi dan Keuangan
Kompetensi Keahlian : Perbankan dan Keuangan Mikro
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT
KOMPETENSI
|
SKEMA
SERTIFIKASI
|
3.1 Menganalisis lembaga keuangan bank
|
4.1 Merumuskan
lembaga keuangan bank
|
14
|
K.641266.009.01
Memasarkan Produk/Layanan Penghimpunan DPK Bank
|
Funding Sales Representatif
|
3.2
Menganalisis perkembangan perbankan di Indonesia
|
4.2 Merumuskan perkembangan perbankan di Indonesia
|
14
|
||
3.3
Menganalisis sistem perbankan di Indonesia
|
4.3 Merumuskan sistem perbankan di Indonesia
|
14
|
||
3.4 Menganalisis pemasaran produk / layanan perbankan
|
4.4 Memasarkan produk /layanan perbankan
|
14
|
||
3.5 Menerapkan penawaran produk kredit kepada nasabah
|
4.5 Menawarkan produk kredit kepada nasabah
|
14
|
K.641210.002.01
Menawarkan produk kredit kepada nasabah
|
Credit Officer
|
3.6 Menganalisis
penilaian atas permohonan kredit
|
4.6 Melakukan
penilaian atas permohonan kredit
|
28
|
K.641210.004.01
Melakukan Penilaian atas permohonan redit
|
|
3.7 Mengevaluasi permohonan
kredit
|
4.7
Membuat keputusan
permohonan kredit
|
14
|
||
3.8 Menganalisis
pembelian dan penjualan SBPU dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI)
|
4.8 Menghitung pembelian dan penjualan
SBPU dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI)
|
14
|
KEU.TD02.001.01
Melakukan Transaksi Foreign Exchange
|
Basic Tresury Dealer
|
3.9 Menganalisis kurs jual dan kurs beli transaksi valuta
asing
|
4.9
Menghitung
kurs jual dan kurs beli transaksi valuta asing
|
28
|
||
3.10
Menerapkan transaksi dengan kartu ATM, kartu kredit
dan travelling cheque
|
4.10
Melakukan
transaksi dengan
kartu ATM, kartu kredit dan travelling cheque
|
14
|
KEU.GB02.002.01
Menerapkan Standar Layanan Perbankan
|
Staf Operasional Trade Finance
|
3.11
Memahami penggunaan safe deposit box
|
4.11
Mempresentasikan cara penggunaan safe deposit box
|
28
|
||
3.12
Menerapkan Letter of Credit
(L/C)
|
4.12
Merumuskan Letter of Credit (L/C)
|
28
|
||
3.13
Menganalisis bank garansi
|
4.13
Menghitung provisi bank garansi
|
32
|
K.641214.005.01
Menerbitkan surat garansi bank
|
|
3.14
Menganalisis transaksi leasing
|
4.14
Mencatat transaksi leasing
|
28
|
K.641212.001.01
Melakukan
proses transaksi back
office. |
Operation Back Office
|
3.15
Menganalisis transaksi modal ventura
|
4.15
Mencatat transaksi modal ventura
|
28
|
||
3.16
Menganalisis transaksi pegadaian
|
4.16
Mencatat transaksi pegadaian
|
28
|
||
3.17
Menganalisis transaksi asuransi
|
4.17
Mencatat transaksi asuransi
|
28
|
||
3.18
Menganalisis transaksi pasar modal
|
4.18
Mencatat transaksi pasar modal
|
28
|
||
3.19
Menganalis is transaksi pasar uang
|
4.19
Mencatat transaksi pasar uang
|
28
|
||
3.20
Menganalisis transaksi dana pensiun
|
4.20
Mencatat transaksi dana pensiun
|
32
|
||
3.21
Menganalisis transaksi anjak piutang
|
4.21
Mencatat transaksi anjak piutang
|
24
|
||
3.22
Mengevaluasi jasa lembaga
keuangan
|
4.22
Membuat laporan hasil evaluasi lembaga keuangan
|
8
|
||
JUMLAH
JAM PELAJARAN ( )
|
488
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar