Selasa, 10 Juli 2018

KidanKD Administrasi Transaksi - Bisnis Daring dan Pemasaran

Mata Pelajaran : Administrasi Transaksi
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
WAKTU
UNIT KOMPETENSI
SKEMA SERTIFIKASI
3.1   Memahami administrasi transaksi
4.1Merumuskan administrasi transaksi
18

Belum Ada


3.2  Menerapkan
      Alur transaksi
4.2Menentukan
      Alur transaksi
24
3.3 Menerapkan prosedur pencatatan bukti transaksi
4.3 Melakukan
      Pencatatan
      bukti
      Transaksi
24













Diusulkan
mengacu pada
Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan
KOP.RK02.001.01












Diusulkan
mengacu pada
Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi Penjualan
KOP.RK02.001.01
3.4  Menganalisis
      Dokumen
      transaksi
      Penjualan
4.4 Membuat administrasi transaksi
     Penjualan
24
3.5  Menganalisis dokumen  transaksi
       Pembelian
4.5  Membuat
     Administrasi
     transaksi
     pembelian
24
3.6   Menerapkan  prosedur pencatatan transaksi pada bukti
        penjualan tunai  
4.6 Mencatat  transaksi pada bukti-bukti   
       penjualan tunai
30
3.7 Menerapkan prosedur pencatatan transaksi pada bukti penjualan kredit
4.7 Mencatat       transaksi pada bukti-bukti penjualan kredit

30
3.8.Menerapkan
      prosedur
      pencatatan
      transaksi
      bukti              
      Penerimaan
       kas
4.8.Mencatat transaksi  pada bukti-bukti 
      penerimaan kas

28
3.9Menerapkan  
      pencatatan  
      transaksi  
      bukti  
      Pengeluaran
       kas 
4.9.Mencatat transaksi pada bukti -bukti
      pengeluaran kas

28
3.10  Memahami berbagai jenis mesin pembayaran dalam transaksi
4.10Menunjukkan  berbagai jenis mesin
           pembayaran dalam transaksi

18
3.11  Menerapkan
       prosedur
       operasional    
       Alat Hitung
4.11Mengoperasi
      kan   Alat
      Hitung

26













Diusulkan Mengacu
Melakukan Proses Administrasi Transaksi














KOP.RK02.004.01
3.12Menerapkan   prosedur operasional  Mesin
       Pembayaran Tunai
4.12Mengoperasikan Mesin Pembayaran
      Tunai
32
3.13Menerapkan
       prosedur operasional Mesin pembayaran non tunai
4.13Mengoperasikan Mesin Pembayaran Non Tunai
30
3.14   Memahami
         berbagai jenis
         alat ukur
4.14Menunjukkan  berbagai jenis
     alat ukur  transaksi
         
18
3.15 Menerapkan prosedur operasional  Alat
        Ukur
4.15Mengoperasikan   Alat Ukur dalam
       Transaksi
24
3.16 Menerapkan prosedur oprasional Alat
       Bantu Verifikasi dalam transaksi
4.16Mengoperasikan  Alat Bantu Verifikasi
       dalam transaksi
24
3.17 Menerapkan prosedur alat komunikasi
        dalam  transaksi (telepon,fax , microfon
       dll)
4.17Menggunakan alat komunikasi dalam transaksi (telepon,fax ,microfon
       dll)
24

M.702090.002.01
3.18Mengevaluasi hasil penjualan
4.18 Menyusun laporan hasil penjualan
 30


Jumlah Jam

456




Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar