Mata Pelajaran : Administrasi Transaksi
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik. Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
WAKTU
|
UNIT KOMPETENSI
|
SKEMA SERTIFIKASI
|
3.1 Memahami administrasi transaksi
|
4.1Merumuskan
administrasi transaksi
|
18
|
Belum Ada
|
|
3.2 Menerapkan
Alur transaksi
|
4.2Menentukan
Alur
transaksi
|
24
|
||
3.3 Menerapkan prosedur pencatatan
bukti transaksi
|
4.3 Melakukan
Pencatatan
bukti
Transaksi
|
24
|
Diusulkan
mengacu pada
Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi
Penjualan
KOP.RK02.001.01
|
Diusulkan
mengacu pada
Mengoperasikan Peralatan Transaksi di Lokasi
Penjualan
KOP.RK02.001.01
|
3.4
Menganalisis
Dokumen
transaksi
Penjualan
|
4.4 Membuat administrasi transaksi
Penjualan
|
24
|
||
3.5
Menganalisis dokumen transaksi
Pembelian
|
4.5
Membuat
Administrasi
transaksi
pembelian
|
24
|
||
3.6 Menerapkan prosedur pencatatan transaksi pada bukti
penjualan tunai
|
4.6 Mencatat transaksi pada bukti-bukti
penjualan tunai
|
30
|
||
3.7 Menerapkan prosedur pencatatan
transaksi pada bukti penjualan kredit
|
4.7 Mencatat transaksi pada bukti-bukti penjualan
kredit
|
30
|
||
3.8.Menerapkan
prosedur
pencatatan
transaksi
bukti
Penerimaan
kas
|
4.8.Mencatat
transaksi pada bukti-bukti
penerimaan kas
|
28
|
||
3.9Menerapkan
pencatatan
transaksi
bukti
Pengeluaran
kas
|
4.9.Mencatat
transaksi pada bukti -bukti
pengeluaran
kas
|
28
|
||
3.10
Memahami berbagai jenis mesin pembayaran dalam transaksi
|
4.10Menunjukkan berbagai jenis mesin
pembayaran dalam transaksi
|
18
|
||
3.11
Menerapkan
prosedur
operasional
Alat Hitung
|
4.11Mengoperasi
kan Alat
Hitung
|
26
|
Diusulkan Mengacu
Melakukan Proses
Administrasi Transaksi
|
KOP.RK02.004.01
|
3.12Menerapkan prosedur operasional Mesin
Pembayaran Tunai
|
4.12Mengoperasikan Mesin Pembayaran
Tunai
|
32
|
||
3.13Menerapkan
prosedur operasional Mesin
pembayaran non tunai
|
4.13Mengoperasikan Mesin Pembayaran
Non Tunai
|
30
|
||
3.14
Memahami
berbagai
jenis
alat
ukur
|
4.14Menunjukkan berbagai jenis
alat ukur transaksi
|
18
|
||
3.15 Menerapkan prosedur
operasional Alat
Ukur
|
4.15Mengoperasikan Alat Ukur dalam
Transaksi
|
24
|
||
3.16 Menerapkan prosedur oprasional
Alat
Bantu Verifikasi dalam transaksi
|
4.16Mengoperasikan Alat Bantu Verifikasi
dalam transaksi
|
24
|
||
3.17 Menerapkan prosedur alat
komunikasi
dalam
transaksi (telepon,fax , microfon
dll)
|
4.17Menggunakan alat komunikasi
dalam transaksi (telepon,fax ,microfon
dll)
|
24
|
|
M.702090.002.01
|
3.18Mengevaluasi hasil penjualan
|
4.18 Menyusun laporan hasil
penjualan
|
30
|
|
|
Jumlah Jam
|
456
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar