Kamis, 31 Mei 2018

C1. IPA Bisnis dan Manajemen

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Semua Program Keahlian
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran : IPA (C1)

Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian IPA pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja IPA.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI
WAKTU
3.1.   Memahami gejala alam biotik dan abiotik
4.1.   Mengklasifikasikan gejala alam biotik dan abiotik
6 jam
3.2.   Menerapkan prosedur mitigasi bencana alam
4.2.   Melakukan simulasi mitigasi bencana alam yang terjadi di lingkungan sekitar
8 jam
3.3.   Menganalisis materi dan perubahannya
4.3.   Melakukan percobaan perubahan materi
8 jam
3.4.   Memahami komponen-komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem
4.4.   Mengklasifikasikan komponen-komponen ekosistem dan bentuk interaksi dalam ekosistem
6 jam
3.5.   Menganalisis keseimbangan lingkungan
4.5.   Merumuskan upaya dalam menjaga  keseimbangan lingkungan kerja
8 jam
3.6.   Menganalisis limbah di lingkungan sekitar
4.6.   Melakukan penanganan limbah di lingkungan sekitar
10 jam
3.7.   Menganalisis polusi di lingkungan sekitar
4.7.   Memecahkan masalah dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan
8 jam
3.8.   Mengevaluasi AMDAL
4.8.   Melakukan kajian tentang AMDAL pada lingkungan sekitar

10 jam
3.9.   Menerapkan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja
4.9.   Melakukan pencegahan bahaya/kecelakaan di lingkungan kerja
8 jam
Jumlah
72 jam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar