Kamis, 31 Mei 2018

C1. Kepariwisataan SMK 3 Tahun

KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Pariwisata
Program Keahlian : Semua Program Keahlian
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian (3 Tahun)
Mata Pelajaran : Kepariwisataan (C1)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3.   Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Kepariwisataan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Kepariwisataan
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
ALOKASI WAKTU
3.1     Memahami industri pariwisata
4.1     Mengelompokkan industri pariwisata
9 jp
3.2     Memahami motivasi tujuan perjalanan, karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga  saat perjalanan wisata
4.2     Mengklasifikasi  motivasi tujuan perjalanan, karateristik wisatawan dan pola pengeluaran wisatawan berdasarkan usia, jenis kelamin dan status keluarga saat perjalanan wisata
9  jp
3.3     Menganalisis dampak industri pariwisata
4.3     Merumuskan solusi tentang  dampak industri pariwisata  
9  jp
3.4     Menganalisis modal dasar pengembangan pariwisata
4.4     Membuat perencanaan modal dasar pengembangan pariwisata
12  jp
3.5     Memahami jenjang karir dalam organisasi industri pariwisata
4.5     Mengelompokkan jenjang karir dalam organisasi kepariwisataan
6  jp
3.6     Memahami organisasi kepariwisataan (nasional, regional dan internasional)
4.6     Mengklasifikasikan organisasi kepariwisataan (nasional, regional dan internasional)
9  jp
3.7     Menganalisis potensi dan daya tarik wisata
4.7     Membuat perencanaan  daya tarik wisata
18  jp
3.8     Menganalisis dokumen perjalanan
4.8     Mengelola  dokumen perjalanan
12  jp
3.9     Menganalisis usaha jasa wisata
4.9     Menyusun rencana usaha jasa wisata
6  jp
3.10 Menganalisis  usaha sarana wisata
4.10 Menyusun rencana usaha sarana wisata  
6  jp
3.11 Mengevaluasi publisitas pariwisata
4.11 Mengembangkan  rancangan publisitas pariwisata
12  jp
Jumlah Jam Pelajaran
108 jp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar