KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Semua Program Keahlian (3Tahun)
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran : Ekonomi Bisnis (C1)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Semua Program Keahlian (3Tahun)
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Mata Pelajaran : Ekonomi Bisnis (C1)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI (KI-3)
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
(KI-4)
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif
sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Ekonomi Bisnis pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
4. Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta
memecahkan masalah
sesuai dengan bidang kerja Ekonomi Bisnis
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif
dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan keterampilan
mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
|
Kompetensi Dasar 3
|
Kompetensi Dasar 4
|
Alokasi Waktu
|
3.1
Menerapkan ilmu ekonomi dan perkembangannya
|
3.1 Menggunakan konsep ilmu ekonomi dalam kegiatan
usaha
|
4 JP
|
3.2
Mengevaluasi masalah–masalah ekonomi
|
3.2 Memberikan solusi terhadap masalah ekonomi
dilingkungannya
|
6 JP
|
3.3
Menganalisis kelangkaan (hubungan antara sumber daya dengan kebutuhan
manusia)
|
3.3 Memecahkan masalah kelangkaan sumberdaya
dan kebutuhan manusia dilingkungannya
|
6 JP
|
3.4
Memahami Model, pelaku ekonomi,
perilaku konsumen dan produsen dalam
kegiatan ekonomi
|
3.4 Menentukan model, pelaku
ekonomi, perilaku konsumen dan produsen yang sesuai tuntutan perkembangan usaha
|
6 JP
|
Kompetensi Dasar 3
|
Kompetensi Dasar 4
|
Alokasi Waktu
|
3.1 Memahami hukum permintaan, penawaran, konsep
elastisitas dan harga keseimbangan
pasar
|
3.1
Menentukan tingkat elastisitas permintaan, penawaran, dan harga keseimbangan pasar
suatu produk
|
6 JP
|
3.2 Menerapkan
langkah-langkah perhitungan biaya
produksi dan keuntungan (teori biaya)
|
3.2 Menghitung
biaya produksi, dan keuntungan dalam
kegiatan usaha
|
8 JP
|
3.3 Mendeskripsikan
pasar monopoli, monopolistik dan
oligopoly
|
3.3 Menentukan ciri-ciri
pasar monopoli, monopolistik dan oligopoly
|
6 JP
|
3.4 Menganalisis bentuk-bentuk badan usaha
|
3.4 Memilih bentuk-badan usaha yang sesuai dengan sistem
ekonomi nasional
|
6 JP
|
3.5 Menerapkan
rencana usaha kecil dan menengah
|
3.5 Membuat
rancangan usaha kecil/menengah sesuai potensi lingkungannya
|
6 JP
|
3.6 Memahami
Lembaga Keuangan
|
3.6 Mengklasifikasikan berbagai lembaga keuangan milik pemerintah dan swasta sesuai
perkembangannya
|
6 JP
|
3.7 Menganalisis
hak dan kewajiban tenaga kerja
berdasarkan undang-undang ketenagakerjaan.
|
3.7 Merumuskan hak dan kewajiban tenaga kerja di lingkungan
kerja.
|
4 JP
|
3.8 Menerapkan prosedur kelengkapan dokumen perdagangan dalam dan
luar negeri
|
3.8
Membuat kelengkapan dokumen yang
diperlukan dalam lalulintas perdagangan
dalam dan luar negeri
|
8 JP
|
JUMLAH
|
72
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar