KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
Bidang Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Program Keahlian : Semua Program Keahlian
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Kelompok Kompetensi : Fisika
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
Bidang Keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Program Keahlian : Semua Program Keahlian
Kompetensi Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Kelompok Kompetensi : Fisika
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI
3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI
4
(KETERAMPILAN)
|
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional
dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Fisika
pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
4.
Melaksanakan
tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup Fisika
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang
terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif,
dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempresepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir,
menjadikan gerak alami, dalam ranah konkret
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
ALOKASI WAKTU
|
3.1 Menerapkan prinsip pengukuran
|
4.1
Mengukur besaran-besaran fisis dan menghitung konversi
satuan
|
4
|
3.2 Menganalisis
besaran-besaran fisis pada gerak lurus
dan melingkar dengan kecepatan dan
laju konstan dan gerak lurus dan gerak melingkar dengan percepatan konstan
|
4.2
Menyajikan data dan grafik hasil percobaan gerak lurus
untuk menyelidiki sifat gerak benda pada gerak lurus beraturan (GLB) dan
gerak lurus berubah beraturan (GLBB)
|
6
|
3.3 Memahami hubungan antara gaya,
massa, dan gerak benda pada gerak lurus.
|
4.3
Menyajikan data dan grafik hasil percobaan Hukum Newton
dalam menyelidiki hubungan antara gaya, massa, dan percepatan pada gerak
lurus.
|
4
|
3.4 Memahami hubungan antara usaha,
energi, dan daya.
|
4.4
Melakukan percobaan percobaan usaha, energi, dan daya.
|
4
|
3.5 Menerapkan konsep sifat mekanik
bahan.
|
4.5
Melakukan percobaan sifat mekanik bahan.
|
4
|
3.6
Memahami konsep keseimbangan benda tegar
|
4.6
Melakukan percobaan keseimbangan benda tegar
|
4
|
3.7 Menerapkan konsep impuls dan
momentum.
|
4.7
Melakukan percobaan impuls dan momentum.
|
4
|
3.8 Menerapkan konsep, hukum, dan
azas fluida statis dan fluida dinamis.
|
4.8
Melakukan percobaan fluida statis dan fluida dinamis.
|
4
|
3.9 Menganalisis pengaruh kalor dan
perpindahan kalor.
|
4.9
Melakukan percobaan suhu dan kalor dalam menyelidiki
karakteristik termal suatu bahan.
|
4
|
3.10 Menganalisis persamaan umum gas
ideal.
|
4.10
Menyajikan persamaan umum gas ideal.
|
4
|
3.11 Menganalisis hukum-hukum termodinamika.
|
4.11
Menyajikan grafik siklus carnot.
|
4
|
3.12 Mengevaluasi
besaran-besaran fisis getaran dan
gelombang.
|
4.12
Menyajikan data hasil percobaan getaran dan gelombang.
|
4
|
3.13 Memahami besaran-besaran fisis gelombang bunyi
|
4.13
Mengidentifikasi besaran fisis gelombang bunyi
|
4
|
3.14 Menerapkan sifat pencerminan
dan pembiasan cahaya pada cara kerja alat optik
|
4.14
Menggambarkan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya
pada alat optik
|
4
|
3.15 Menerapkan medan magnet dan
induksi elektromagnetik.
|
4.15
Menyajikan prinsip kerja proses generator dan dinamo.
|
4
|
3.16 Menerapkan rangkaian dan
prinsip kerja listrik arus searah (DC) dan Bolak-balik (AC)
|
4.16
Melakukan percobaan Hukum Ohm
|
6
|
3.17 Mendeskripsikan secara
kualitatif pemanfaatan dan dampak radioaktifitas dalam kehidupan sehari-hari.
|
4.17
Menyajikan informasi secara kualitatif tentang
pemanfaatan radioaktifitas dan dampaknya bagi kehidupan sehari-hari.
|
4
|
JUMLAH
|
72
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar