KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program
Keahlian : Teknik Konstruksi dan Properti
Kompetensi
Keahlian : Konstruksi Gedung,
Sanitasi dan
Perawatan (C1)
Mata Pelajaran : Simulasi dan Komunikasi Digital
Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4)
keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut
dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu,
“Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan
proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru
dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan
Komuniksasi Digital, dan
Dasar
Bidang
Teknologi dan
Rekayasa pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan
potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan
internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan
lingkup Simulasi dan
Komuniksasi Digital, dan
Dasar
Bidang
Teknologi dan Rekayasa.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menerapkan logika dan algoritma komputer
|
4.1 Menggunakan fungsi-fungsi perintah (Command)
|
3.2 Menerapkan metode peta- minda
|
4.2 Membuat peta-minda
|
3.3 Mengevaluasi paragraf deskriptif,
argumentatif, naratif, dan persuasif
|
4.3 Menyusun kembali format dokumen pengolah
kata
|
3.4 Menerapkan logika dan operasi perhitungan
data
|
4.4 Mengoperasikan perangkat lunak pengolah
angka
|
3.5 Menganalisis
fitur yang tepat untuk pembuatan slide
|
4.5 Membuat slide untuk presentasi
|
3.6 Menerapkan
teknik presentasi yang efektif
|
4.6 Melakukan
presentasi yang efektif
|
3.7 Menganalisis pembuatan e- book
|
4.7 Membuat e-book
dengan perangkat lunak e-book
editor
|
3.8 Memahami konsep
Kewargaan Digital
|
4.8 Merumuskan etika Kewargaan
Digital
|
3.9 Menerapkan teknik penelusuran Search
Engine
|
4.9 Melakukan penelusuran informasi
|
3.10 Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
|
4.10 Melakukan
komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
|
3.11 Menganalisis fitur perangkat
lunak pembelajaran kolaboratif daring
|
4.11 Menggunakan
fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya)
|
3.12 Merancang dokumen tahap pra-produksi
|
4.12 Membuat
dokumen tahap pra- produksi
|
3.13 Menganalisis produksi video, animasi dan/atau musik digital
|
4.13 Memroduksi video dan/atau animasi dan/atau musik
digital
|
3.14 Mengevaluasi pasca-
produksi video, animasi dan/atau musik digital
|
4.14 Membuat
laporan hasil pasca- produksi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar