KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian :
Semua Bidang Keahlian
Program
Keahlian : Semua Program Keahlian
Kompetensi
Keahlian : Semua Kompetensi Keahlian
Mata
Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan
Jam Pelajaran : 144 JP (@ 45 Menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek
kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4)
keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut
dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”.
Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial
yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran,
damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif
melalui keteladanan, pemberian
nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan
sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga,
dan Kesehatan pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri,
|
humaniora
dalam konteks pengembangan potensi diri
sebagai bagian
dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik
di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menerapkan teknik dasar salah satu
aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak
yang baik
|
4.1 Mempraktikan teknik dasar salah satu
aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak
yang baik
|
3.2 Menerapkan teknik dasar salah satu
aktifitas olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak
|
4.2 Mempraktikan teknik dasar salah satu
aktifitas olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak
|
3.3 Menerapkan salah satu keterampilan
aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif
|
4.3 Mempraktikan salah satu keterampilan
aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif
|
3.4 Menerapkan salah satu keterampilan
aktifitas olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif
|
4.4 Mempraktikan salah satu keterampilan
aktifitas olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif
|
3.5 Menerapkan latihan pengukuran komponen
kebugaran jasmani untuk kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan
kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
|
4.5 Mempraktikan latihan pengukuran
komponen kebugaran jasmani untuk kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi
tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
|
3.6 Menerapkan keterampilan rangkaian gerak
dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik
|
4.6 Memraktikan keterampilan rangkaian
gerak dasar aktifitas olahraga senam lantai untuk menghasilkan koordinasi
yang baik
|
3.7 Menerapkan keterampilan gerak rangkaian
aktifitas olahraga senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
|
4.7 Mempraktikan hasil analisis gerakan
rangkaian aktifitas olahraga senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang
baik
|
3.8 Menerapkan keterampilan salah satu gaya
renang pada aktifitas olahraga air*
|
4.8 Mempraktikan keterampilan salah satu
gaya renang pada aktifitas olahraga air*
|
3.9 Memahami cara perilaku budaya hidup
sehat dalam kehidupan sehari-hari
|
4.9 Mempresentasikan cara perilaku budaya
hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
|
3.10 Menganalisis teknik dasar salah satu
aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak
yang baik
|
4.10 Mempraktikan teknik dasar salah satu
aktifitas olahraga permainan bola besar untuk menghasilkan koordinasi gerak
yang baik
|
3.11 Menganalisis teknik dasar salah satu
aktifitas olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak
|
4.11 Mempraktikan teknik dasar salah satu
aktifitas olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak
|
3.12 Menganalisis salah satu keterampilan aktifitas atletik untuk menghasilkan
gerak yang efektif
|
4.12 Mempraktikan salah satu keterampilan
aktifitas atletik untuk menghasilkan gerak yang efektif
|
3.13 Menganalisis salah satu keterampilan
aktifitas olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif
|
4.13 Mempraktikan salah satu keterampilan
aktifitas olahraga beladiri untuk menghasilkan gerak yang efektif
|
3.14 Menganalisis latihan pengukuran komponen
kebugaran jasmani untuk kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi tubuh, dan
kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
|
4.14 Mempraktikan latihan pengukuran
komponen kebugaran jasmani untuk kesehatan (daya tahan, kekuatan, komposisi
tubuh, dan kelenturan) menggunakan instrumen terstandar
|
3.15 Menganalisis keterampilan rangkaian
gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik
|
4.15 Mempraktikan keterampilan rangkaian
gerak dasar aktifitas olahraga senam untuk menghasilkan koordinasi yang baik
|
3.16 Menerapkan keterampilan gerak rangkaian
aktifitas olahraga senam ritmik untuk menghasilkan koordinasi yang baik
|
4.16 Mempraktikan hasil analisis gerakan
rangkaian aktifitas olahraga senam ritmik untuk
menghasilkan koordinasi yang baik
|
3.17 Menganalisis keterampilan salah satu
gaya renang pada aktifitas olahraga air*
|
4.17 Mempraktikan keterampilan salah satu
gaya renang pada aktifitas olahraga air*
|
3.18 Menganalisis permasalahan cara perilaku
budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-
hari
|
4.18 Mempresentasikan permasalahan cara perilaku
budaya hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar