KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program
Keahlian : Teknik Konstruksi dan Properti
Kompetensi
Keahlian : Konstruksi Gedung,
Sanitasi dan
Perawatan (C1)
Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4)
keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut
dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu,
“Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan
proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru
dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan
Komuniksasi Digital, dan
Dasar
Bidang
Teknologi dan
Rekayasa pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan
potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan
internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan
lingkup Simulasi dan
Komuniksasi Digital, dan
Dasar
Bidang
Teknologi dan Rekayasa.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menerapkan prinsip- prinsip pengukuran besaran fisis, angka penting dan notasi ilmiah pada bidang teknologi dan
rekayasa
|
4.1 Melakukan pengukuran besaran fisis dengan
menggunakan peralatan dan teknik yang tepat serta mengikuti aturan angka
penting.
|
3.2 Mengevaluasi gerak lurus dan gerak
melingkar dengan kelajuan tetap atau percepatan tetap dalam kehidupan sehari- hari.
|
4.2 Menyajikan hasil percobaan gerak lurus dan
gerak melingkar dalam bentuk grafik/tabel pada bidang teknologi dan rekayasa.
|
3.3 Menganalisis gerak dan gaya dengan menggunakan hukum- hukum Newton
|
4.3 Menggunakan alat-alat sederhana yang berhubungan dengan hukum Newton tentang
gerak.
|
3.4 Menganalisis
hubungan usaha, energi, daya dan efisiensi
|
4.4 Menyajikan ide/gagasan dampak keterbatasan
sumber energi bagi kehidupan dan
upaya penanggulannya dengan energi terbarukan
|
3.5 Menerapkan konsep momentum, impuls dan
hukum kekekalan momentum
|
4.5 Mendemonstrasikan berbagai jenis tumbukan
|
3.6 Menerapkan konsep torsi, momen inersia,
dan momentum sudut pada benda tegar dalam bidang teknologi dan rekayasa
|
4.6 Melakukan percobaan sederhana tentang
momentum sudut dan rotasi benda tegar
|
3.7 Menganalisis kekuatan bahan dari sifat
elastisitasnya
|
4.7 Menyelesaikan
masalah teknis dalam bidang teknologi terkait dengan elastisitas bahan
|
3.8 Menerapkan hukum- hukum yang berkaitan
dengan fluida statis dan dinamis
|
4.8 Melakukan percobaan sederhana yang
berkaitan dengan hukum-hukum fluida statis dan dinamis
|
3.9 Menganalisis getaran, gelombang dan bunyi
|
4.9 Menyajikan penggunaan gelombang bunyi
dalam teknologi. (Misalnya : dalam
pengujian menggunakan Non Distructive Testing)
|
3.10 Memahami teori bumi dan atmosfer pada
teknik geomatika.*
|
4.10
Mendiskusikan
teori bumi dan atmosfer terkait dengan aplikasi pada teknik geomatika.*
|
3.11 Menganalisis proses pemuaian, perubahan
wujud zat dan perpindahan kalor dengan konsep suhu dan kalor.
|
4.11
Menggunakan
alat sederhana dalam percobaan yang berhubungan dengan kalor.
|
3.12 Menerapkan hukum- hukum termodinamika
|
4.12 Menunjukkan cara kerja
alat sederhana yang berhubungan dengan termodinamika.
|
3.13 Menerapkan listrik statis dan listrik dinamis.
|
4.13 Melakukan percobaan
terkait listrik statis dan listrik dinamis
|
3.14 Menerapkan hukum- hukum kemagnetan dalam
persoalan sehari- hari.
|
4.14
Mendemonstrasikan
percobaan yang berkaitan dengan konsep kemagnetan dan elektromagnet.
|
3.15 Menganalisis rangkaian listrik arus bolak balik (AC).
|
4.15
Memecahkan
masalah teknologi yang berkaitan dengan listrik arus bolak balik (AC).
|
3.16 Menerapkan sifat cermin dan lensa pada alat–alat optik.*
|
4.16
Merencanakan
pembuatan alat- alat optik
sederhana dengan menerapkan prinsip
pemantulan
pada cermin dan pembiasan pada lensa.*
|
3.17 Memahami gejala radioaktivitas yang
terkait dengan teknik geomatika.*
|
4.17
Menentukan
aplikasi radioaktivitas pada teknik geomatika.*
|
3.11 Menganalisis proses pemuaian, perubahan
wujud zat dan perpindahan kalor dengan konsep suhu dan kalor.
|
4.11
Menggunakan
alat sederhana dalam percobaan yang berhubungan dengan kalor.
|
3.12 Menerapkan hukum- hukum termodinamika
|
4.12 Menunjukkan cara kerja
alat sederhana yang berhubungan dengan termodinamika.
|
3.13 Menerapkan listrik statis dan listrik dinamis.
|
4.13 Melakukan percobaan
terkait listrik statis dan listrik dinamis
|
3.14 Menerapkan hukum- hukum kemagnetan dalam
persoalan sehari- hari.
|
4.14
Mendemonstrasikan
percobaan yang berkaitan dengan konsep kemagnetan dan elektromagnet.
|
3.15 Menganalisis rangkaian listrik arus bolak balik (AC).
|
4.15
Memecahkan
masalah teknologi yang berkaitan dengan listrik arus bolak balik (AC).
|
3.16 Menerapkan sifat cermin dan lensa pada alat–alat optik.*
|
4.16
Merencanakan
pembuatan alat- alat optik
sederhana dengan menerapkan prinsip
pemantulan
pada cermin dan pembiasan pada lensa.*
|
3.17 Memahami gejala radioaktivitas yang
terkait dengan teknik geomatika.*
|
4.17
Menentukan
aplikasi radioaktivitas pada teknik geomatika.*
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar