KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program
Keahlian : Teknik Konstruksi dan Properti
Kompetensi
Keahlian : Konstruksi Gedung,
Sanitasi dan
Perawatan (C2)
Jam
Pelajaran : 108 JP (@ 45 menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat
aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap
sosial yaitu, “Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan
budaya sekolah, dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan
metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik
Konstruksi dan Properti pada tingkat teknis, spesifik, detil,
dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga,
sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Dasar-dasar
Teknik Konstruksi dan Properti.
Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami elemen-elemen
struktur.
|
4.1 Menyajikan elemen-elemen
struktur
|
3.2 Memahami
faktor yang mempengaruhi struktur
bangunan berdasarkan kriteria desain dan pembebanan
|
4.2 Menyajikan faktor yang mempengaruhi struktur
bangunan berdasarkan kriteria desain dan pembebanan
|
3.3 Memahami macam-macam gaya dalam struktur
bangunan
|
4.3 Menyajikan macam-macam
gaya dalam struktur bangunan
|
3.4 Menerapkan cara menyusun gaya dalam struktur
bangunan
|
4.4 Membuat
susunan dan perhitungan gaya dalam struktur bangunan
|
3.5 Menganalisis gaya-gaya dalam (momen, geser dan normal) pada struktur
bangunan
|
4.5 Menghitung gaya-gaya dalam (momen, geser dan normal) pada struktur
bangunan.
|
3.6 Menganalisis keseimbangan gaya pada konstruksi
balok sederhana.
|
4.6 Menghitung keseimbangan
gaya pada konstruksi balok
sederhana.
|
3.7 Menganalisis gaya-gaya batang
pada konstruksi
rangka sederhana
|
4.7 Menghitung gaya-gaya
batang pada konstruksi
rangka sederhana
|
3.8 Menganalisis tegangan-
tegangan yang terjadi
pada balok
|
4.8 Menghitung tegangan-
tegangan yang terjadi
pada balok
|
3.9 Mengevaluasi kekuatan balok sederhana berdasarkan
tegangan yang
terjadi.
|
4.9 Memeriksa kekuatan
balok sederhana berdasarkan tegangan yang terjadi.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar