Selasa, 24 April 2018

KI & KD Gambar Teknik - Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan


KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN Bidang Keahlian                  : Teknologi dan Rekayasa
Program Keahlian                : Teknik Konstruksi dan Properti

Kompetensi Keahlian           : Konstruksi Gedung, Sanitasi dan
Perawatan (C2)

 Mata Pelajaran     : Gambar Teknik


Jam Pelajaran      : 144 JP (@ 45 menit)


Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi  sikap  sosial  yaitu,  Menghayati  dan  mengamalkan  perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan,  dan  budaya  sekolah,  dengan  memperhatikan  karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.


KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik Konstruksi dan Properti pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Dasar-dasar Teknik Konstruksi dan Properti. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1      Memahami jenis-jenis dan fungsi peralatan.

4.1      Menyajikan jenis-jenis dan fungsi peralatan

3.2      Menerapkan prosedur penggunaan peralatan menggambar teknik.

4.2      Menggunakan peralatan gambar teknik

3.3      Menerapkan konsep dan aturan jenis-jenis garis pada gambar teknik.

4.3      Menggambar jenis-jenis garis pada gambar teknik.

3.4      Mengklasifikasi huruf, angka dan etiket pada gambar teknik

4.4      Menggunakan huruf, angka dan etiket pada gambar teknik

3.5      Menerapkan konsep gambar bentuk-bentuk bidang.

4.5      Menggambar bentuk-bentuk bidang

3.6      Menerapkan persyaratan gambar proyeksi orthogonal (2D)

4.6      Menggambar proyeksi orthogonal (2D).

3.7      Menerapkan persyaratan gambar proyeksi piktorial (3D)

4.7      Menggambar proyeksi piktorial
(3D).

3.8      Memahami jenis-jenis gambar potongan dan aturan penggambarannya

4.8      Menyajikan jenis-jenis gambar potongan dan aturan penggambarannya

3.9      Menerapkan aturan tanda pemotongan dan letak hasil gambar potongan

4.9      Membuat gambar potongan sesuai tanda pemotongan dan aturan tata letak hasil gambar potongan

3.10    Menerapkan aturan simbol, notasi, dan dimensi pada gambar teknik.

4.10    Menggambar simbol, notasi, dan dimensi pada gambar teknik.

3.11    Mengevaluasi penggambaran simbol, notasi, dan dimensi.

4.11    Memeriksa hasil penggambaran simbol, notasi, dan dimensi.

3.12    Menganalisis konsep tata letak gambar teknik

4.12    Mengatur tata letak gambar teknik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar