KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program
Keahlian : Teknik Konstruksi dan Properti
Kompetensi
Keahlian : Konstruksi Gedung,
Sanitasi dan
Perawatan (C2)
Jam
Pelajaran : 144 JP (@ 45 menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat
aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial,
(3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui
proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap
sosial yaitu, “Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), bertanggung-jawab,
responsif, dan proaktif melalui
keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut
dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan
budaya sekolah, dengan memperhatikan
karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran
berlangsung, dan dapat digunakan
sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih
lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional lanjut, dan
metakognitif secara multidisiplin sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Dasar-dasar Teknik
Konstruksi dan Properti pada tingkat teknis, spesifik, detil,
dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari
keluarga,
sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Dasar-dasar
Teknik Konstruksi dan Properti.
Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik secara mandiri.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami jenis-jenis
dan fungsi peralatan.
|
4.1 Menyajikan jenis-jenis dan
fungsi peralatan
|
3.2 Menerapkan prosedur
penggunaan peralatan
menggambar teknik.
|
4.2 Menggunakan peralatan gambar teknik
|
3.3 Menerapkan konsep
dan aturan jenis-jenis garis
pada gambar teknik.
|
4.3 Menggambar jenis-jenis garis
pada gambar teknik.
|
3.4 Mengklasifikasi
huruf, angka dan etiket pada
gambar teknik
|
4.4 Menggunakan huruf,
angka dan etiket pada gambar teknik
|
3.5 Menerapkan konsep gambar bentuk-bentuk
bidang.
|
4.5 Menggambar bentuk-bentuk bidang
|
3.6 Menerapkan persyaratan
gambar proyeksi
orthogonal (2D)
|
4.6 Menggambar proyeksi
orthogonal (2D).
|
3.7 Menerapkan persyaratan gambar proyeksi piktorial (3D)
|
4.7 Menggambar proyeksi piktorial
(3D).
|
3.8 Memahami
jenis-jenis gambar potongan dan
aturan penggambarannya
|
4.8 Menyajikan jenis-jenis gambar
potongan dan aturan
penggambarannya
|
3.9 Menerapkan aturan
tanda pemotongan dan
letak hasil gambar potongan
|
4.9 Membuat
gambar potongan
sesuai tanda pemotongan dan
aturan tata letak hasil gambar potongan
|
3.10 Menerapkan aturan
simbol, notasi, dan dimensi
pada gambar teknik.
|
4.10 Menggambar simbol,
notasi, dan dimensi pada
gambar teknik.
|
3.11 Mengevaluasi
penggambaran simbol, notasi, dan dimensi.
|
4.11 Memeriksa hasil penggambaran simbol, notasi,
dan dimensi.
|
3.12 Menganalisis konsep
tata letak gambar teknik
|
4.12 Mengatur
tata letak gambar teknik.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar