KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang Keahlian : Teknologi dan Rekayasa
Program
Keahlian : Teknik Konstruksi dan Properti
Kompetensi
Keahlian : Konstruksi Gedung,
Sanitasi dan
Perawatan (C1)
Jam Pelajaran : 108 JP (@ 45 menit)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap
spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4)
keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut
dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler,
kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu,
“Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan
proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara
berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect
teaching) yaitu keteladanan,
pembiasaan, dan budaya
sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata
pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan
dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat
digunakan sebagai pertimbangan guru
dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3
(PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4
(KETERAMPILAN)
|
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup Simulasi dan
Komuniksasi Digital, dan
Dasar
Bidang
Teknologi dan
Rekayasa pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan
potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional,
regional, dan
internasional.
|
4. Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta
memecahkan masalah sesuai dengan
lingkup Simulasi dan
Komuniksasi Digital, dan
Dasar
Bidang
Teknologi dan Rekayasa.
Menampilkan
kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai
dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan
langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung.
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Menganalisis perubahan materi dan
pemisahan campuran dengan berbagai cara
|
4.1 Melakukan pemisahan campuran melalui
praktikum berdasarkan sifat fisika dan sifat kimianya
|
3.2 Menganalisis lambang unsur, rumus kimia
dan persamaan reaksi
|
4.2 Mengintegrasikan penulisan lambang unsur
dengan rumus kimia pada persamaan reaksi kimia berdasarkan kasus- kasus dalam kehidupan sehari- hari
|
3.3 Mengkorelasikan struktur atom berdasarkan
konfigurasi elektron untuk menentukan letak unsur dalam tabel periodik
|
4.3 Menentukan letak unsur dalam tabel
periodik berdasarkan konfigurasi elektron
|
3.4 Menganalisis proses pembentukan ikatan
kimia pada beberapa
senyawa
dalam kehidupan sehari hari
|
4.4 Mengintegrasikan proses pembentukan ikatan
kimia pada beberapa senyawa dalam kehidupan sehari hari dengan elektron
valensi atom atom penyusunnya
|
3.5 Menerapkan hukum- hukum dasar kimia dalam
perhitungan kimia
|
4.5 Menggunakan hukum-hukum dasar kimia dalam
perhitungan kimia
|
3.6 Menganalisis sifat larutan berdasarkan
konsep asam basa dan pH larutan
(asam kuat dan
asam lemah, basa kuat dan basa lemah) dalam
kehidupan sehari hari
|
4.6 Membandingkan sifat sifat larutan melalui praktikum
berdasarkan konsep asam basa dan pH larutan (asam kuat dan asam lemah, basa
kuat dan basa lemah) dalam kehidupan sehari hari
|
3.7 Menentukan bilangan oksidasi unsur untuk
mengidentifikasi reaksi oksidasi dan
reduksi
|
4.7 Membandingkan
antara reaksi oksidasi dengan reaksi reduksi berdasarkan hasil perhitungan
bilangan oksidasinya
|
3.8 Mengevaluasi proses yang terjadi dalam
sel elektrokimia (menghitung E0 sel, reaksi reaksi pada sel volta dan sel
eletrolisa, proses pelapisan logam)
yang digunakan dalam kehidupan
|
4.8 Mengintegrasikan antara hasil
perhitungan E0 sel dengan proses yang
terjadi dalam sel elektrokimia (menghitung E0 sel, reaksi reaksi pada sel
volta dan sel eletrolisa, proses pelapisan logam) reaksi yang digunakan dalam
kehidupan
|
3.9 Menganalisis struktur, sifat senyawa
hidrokarbon serta dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan
kesehatan serta cara mengatasinya
|
4.9 Mengatasi
dampak pembakaran senyawa hidrokarbon terhadap lingkungan dan
kesehatan berdasarkan hasil analisis
struktur, sifat senyawa hidrokarbon
|
3.10 Menganalisis proses teknik pemisahan
fraksi- fraksi minyak bumi serta
kegunaannya
|
4.10
Mempresentasikan
proses teknik pemisahan fraksi-fraksi
minyak bumi serta kegunaannya.
|
3.11 Menganalisis struktur, tata nama, sifat, penggolongan dan kegunaan polimer
|
4.11
Mengintegrasikan
kegunaan polimer dalam kehidupan sehari hari dengan struktur, tata nama,
sifat, penggolongan polimer
|
terhadap
lingkungan dan
kesehatan
serta cara mengatasinya
|
berdasarkan
hasil analisis
struktur,
sifat senyawa hidrokarbon
|
3.10 Menganalisis proses teknik pemisahan
fraksi- fraksi minyak bumi serta
kegunaannya
|
4.10
Mempresentasikan
proses teknik pemisahan fraksi-fraksi
minyak bumi serta kegunaannya.
|
3.11 Menganalisis struktur, tata nama, sifat, penggolongan dan kegunaan polimer
|
4.11
Mengintegrasikan
kegunaan polimer dalam kehidupan sehari hari dengan struktur, tata nama,
sifat, penggolongan polimer
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar