KI dan KD Mata Pelajaran Penataan Produk Kompetensi Keahlian Bisnis dan Pemasaran Revisi 2017 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI dan KD) SMK/MAK Kompetensi Keahlian Bisnis dan Pemasaran Kurikulum 2013 edisi revisi 2017
Mata Pelajaran : Penataan Produk
Jam Pelajaran : 348 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran (C3)
Mata Pelajaran : Penataan Produk
Jam Pelajaran : 348 JP (@ 45 Menit)
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran (C3)
Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.
Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Bisnis dan Pemasaran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Bisnis dan Pemasaran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Bisnis dan Pemasaran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami penataan produk, food, fresh dan
kosmetik di supermarket, fashion dan sport
|
4.1 Melakukan pengelompokan
penataan produk
food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
|
3.2 Merencanakan tampilan barang dalam
penataan produk supermarket, fashion ,sport, drink, food, fresh dan kosmetik, fashion dan sport
|
4.2 Menyusun rencana tampilan produk , drink,
food, fresh
dan kosmetik di supermarket, fashon dan sport
|
3.3 Menganalisis berbagai atribut produk
drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan soprt
|
4.3 Menyajikan
berbagai atribut produk
drink, food, fresh dan
kosmetik di
supermarket, fashion dan sport
|
3.4 Menganallisis data spesifikasi produk drink, food, fresh
dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
|
4.4 Menyajikan data spesifikasi produk produk drink, food, fresh dan kosmetik di
supermarket, fashion dan sport
|
3.5 Menganalisis karakteristik produk drink, food, fresh dan
kosmetik di supermarket, fashion dan sport
|
4.5 Menentukan data
karakteristik produk
drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
|
3.6 Menganalisis Pelabelan/ barcode produk drink, food,
fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
|
4.6 Melakukan Pelabelan/
barcode produk
drink, food,
fresh dan
kosmetik di di supermarket fashion dan sport
|
3.7 Menganalisis layout/ planogram penataan
produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket fashion dan sport
|
4.7 Menganalisis layout/
planogram
penataan produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket fashion dan
sport
|
3.8 Menganalisis elemen desain dan visual dispalay produk
drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket , fashion dan sport
|
4.8 Membuat elemen desain dan visual untuk
display produk drink, food, fresh
dan kosmetik di supermarket ,
fashion dan sport
|
3.9 Menganalisis berbagai jenis fixture yang
digunakan pada penataan produk drink, food, fresh dan kosmetik di
supermarket, fashion dan sport
|
4.9 Menyajikan fixture penataan
produk drink,
food, fresh dan kosmetik di supermarket
|
3.10
Menerapkan SOP penataan produk produk drink, food,
fresh dan kosmetik di supermarket
|
4.10 Melaksanakan
penataan
Produk drink,
food, fresh dan kosmetik di supermarket berdasarkan SOP perusahaan
|
3.11
Menganalisis ide2 inovatif dalam penataan produk
drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
|
4.11
Melaksanakan
ide2 inovatif dalam penataan produk drink, food, fresh dan kosmetik di
supermarket, fashion dan sport
|
3.12
Menerapkan
prosedur perawatan secara berkala produk
drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
|
4.12
Melakukan
perawatan produk secara berkala produk
drink,
food, fresh dan
kosmetik di supermarket, fashion dan sport
|
3.13
Menerapkan
pengaturan tempat kerja, menjaga
kebersihan area kerja produk drink, food, fresh
dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
|
4.13
Menata
tempat kerja, menjaga area
kebersihankerja,
produk drink, food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
|
3.14
Menganalisis
stock floor sesuai SOP, produk drink, food, fresh
dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
|
4.14 Membuat
laporan stock floor
sesuai SOP
produk food, fresh
dan kosmetik di
supermarket, fashion dan sport
|
3.15
Menerapkan
keamanan toko dan meminimalkan resiko kerugian produk food, fresh dan
kosmetik di supermarket, fashion dan sport sesuai SOP
|
4.15 Melakukan keamanan toko
dan
meminimalkan resiko kerugian produk food, fresh dan kosmetik di supermarket,
fashion dan sport sesuai SOP
|
3.16
Mengevaluasi
tampilan penataan produk food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan
sport sesuai SOP
|
4.16 Melakukan
perbaikan
tampilan
penataan produk food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport
sesuai SOP
|
3.17
Menganalisis
promosi penataan produk food, fresh dan
kosmetik di
supermarket, fashion dan sport
|
4.17
Melakukan
perbaikan promosi produk food, fresh
dan kosmetik di
supermarket, fashion.
|
3.18
Menganalisis
loyalitas pelanggan loyalitas pelanggan produk food, fresh dan kosmetik di
supermarket, fashion dan sport
|
4.18
Menjaga
hubungan dan loyalitas pelanggan
loyalitas
pelanggan
produk food, fresh dan kosmetik di supermarket, fashion dan sport.
|
ADAKAH MATERI DIGITAL YG SESUAI KOMPETENSI DASAR TERSBUT SI ATAS ??
BalasHapus